Followers

bqiqdHcLSyDe1e7rIy6MJVhY5drRA6OxKKstSzTb

Kopi Susu, Vietnam Drip Aja

Kopi Susu, Vietnam Drip Aja

Kebiasaan minum kopi yang hampir setiap hari aku lakukan, membuatku penasaran juga tentang bagaimana cara untuk menyajikan sebuah kopi yang enak. Entah kenapa, sedari dulu jika aku penasaran terhadap satu hal pasti aku akan terus ingin mengetahui tentang hal tersebut. Namun, sebaliknya jika aku tidak ingin tahu tentang suatu hal, aku tidak akan mencoba untuk mendalaminya atau tidak mau tahu sama sekali, bahkan jika hal tersebut sedang ramai diperbincangkan atau sedang viral sekalipun. 

Jujur saja, aku bukan tipe orang yang jika ngopi harus di coffee shop atau tempat-tempat ngopi viral. Aku lebih suka menikmati kopi di rumah saja sembari mendengarkan musik atau nonton podcast Deddy Corbuzier di Youtube.. Maka dari itu, aku jadi penasaran tentang bagaimana cara untuk bisa menyajikan secangkir kopi yang menurutku enak untuk dikonsumsi sendiri.

Sejak saat itu, aku jadi sering buka YouTube juga hanya untuk menonton tentang tata cara menyeduh kopi. Selain itu aku juga sering baca-baca artikel di mesin pencari Google tentang cara seduh kopi yang mudah dilakukan untukku yang anak kosan. 

Akhirnya setelah aku baca-baca dan menonton video di YouTube, aku menemukan beberapa cara yang bisa aku lakukan sendiri di kosan. Sejak saat itu juga aku mulai membeli alat seduh manual yang kiranya bisa berguna untuk kebutuhan ngopiku di kosan. Ada dua metode seduh manual yang membuatku tertarik untuk mencobanya, dan ini juga sudah menjadi alat seduh manual yang sudah familiar di artikel google jika aku mencoba mencarinya, dengan kata kunci "alat seduh kopi manual yang mudah dilakukan di rumah". Pasti salah satu yang muncul adalah Vietnam Drip.

Kopi Vietnam Drip

Sesuai seperti namanya, kopi ini tidak mungkin berasal dari Thailand. Kita semua pasti tahu tentang kopi Vietnam yang satu ini. Mungkin di semua kedai kopi di Indonesia sekarang sudah pasti ada Kopi Vietnam Drip ini. 

Vietnamese Coffee sendiri dalam Bahasa Viet Nam adalah “cà phê sữa nóng” yang berarti brown dark coffee with milk. Sedangkan Vietnamese Dripper yang digunakan untuk membuat kopinya disebut “cà phê phin”. Beberapa sumber juga mengatakan bahwa metal dripper ini diperkenalkan oleh orang Perancis yang datang ke Viet Nam. (Majalah Otten Coffee)

Kopi Vietnam yang sekarang makin populer di Indonesia ini adalah salah satu metode seduh kopi susu manual yang menurutku paling mudah dilakukan di rumah. Alat yang digunakan pun tidak susah untuk didapat. Hanya dengan menggunakan Dripper yang terbuat dari stainless, menggunakan Kopi dengan gilingan sedang, dan juga ditambah dengan susu kental manis yang akan membuat rasa pahit dari kopi menjadi lebih manis dengan adanya kental manis ini. 

Sejak kapan & Kapan?

Jika ditanya sejak kapan aku mulai tertarik untuk menyeduh Vietnam drip sendiri, tepatnya mungkin sekitar 2 tahun lalu pas awal pandemi. Awal 2020 aku mulai mencobanya sendiri di rumah. Saat itu kan mau ngopi di luar sudah mulai susah kaena adanya PPKM. Menurutku, dengan menyeduh sendiri di rumah, bisa membuatku lebih menghemat. Aku hanya perlu membeli bubuk kopi dengan ukuran 500g, biasanya akan cukup lebih dari satu bulan. Tidak setiap hari aku bisa mengonsumsi kopi di rumah. Biasanya 2 hari sekali kayaknya, jadi lumayan awet juga.

Lalu kapan biasanya aku mengonsumsi Vietnam Drip ini? Bagiku tidak ada patokan waktu yang aku biasakan untuk minum kopi ini. Semua waktu paernah aku coba. Tapi paling sering adalah sebelum berangkat kerja saat siang hari sekitar jam 1 siang. 

Sejak dua tahun lalu, aku jadi terbiasa untuk menyeduh kopi sendiri di rumah. Ternyata pandemi dua tahun lalu ada untungnya juga bagiku. Aku jadi sedikit tahu dan bisa bikin kopi sendiri di rumah.

Meskipun demikian, aku bukanlah orang yang anti dengan kopi sachet yang banyak dijual di warung atau minimarket. Ketika aku mulai bosan dengan mengonsumsi kopi dari biji, aku juga sama seperti yang lainnya, biasa mengonsumsi kopi sachet. Aku juga bukan orang yang banyak tahu tenang kopi, aku hanya tahu sedikit saja. Di sini aku hanya ingin bercerita saja tentang kopi susu yang mudah untuk dibuat di rumah yaitu Kopi Vietnam Drip ini salah satunya. Selain kopi susu ini, aku juga kadang membuat kopi hitam. Besok-besok aku ceritain juga deh di sini.

*) Silahkan menuju halaman selanjutnya jika kamu ingin mencoba untuk membuat Kopi Vietnam Drip

Cara Membuat Kopi Vietnam Drip

Setelah hampir setiap hari mencoba membuat Vietnam drip, aku menemukan takaran yang pas untuk bisa membuat kopi Vietnam Drip yang enak (menrutku).

Alat dan Bahan

  1. Kopi Robusta dengan gilingan Medium
  2. Susu Kental Manis
  3. Dripper Vietnam Drip
  4. Gelas

Cara Penyajian

  • Siapkan kopi yang sudah digiling sedang sebanyak 15g dan juga air panas dengan suhu 90 derajat
  • Siapkan susu kental manis sebanyak 20-25ml
  • Tuangkan susu kental manis ke dalam gelas transparan 
  • Letakkan dripper di atas gelas dan masukkan kopi bubuk ke dasar dripper
  • Kunci dan eratkan metal press Vietnam Drip. Jika Vietnam Dripper yang kamu gunakan tidak bisa dikunci, maka masukkan saja metal press.
● ● ●
  • Tuangkan air sebanyak 25-30 ml terlebih dahulu 
  • Diamkan hingga air menetes semua. Lalu tambahkan air panas sebanyak 120 ml secara perlahan.
  • Tunggu air hingga menetes semua
  • Angkat dripper jika air sudah menetes semua, aduk kopi hingga kopi dan susu menjadi satu.
  • Jika kamu ingin menikkmati Kopi Vietnam Drip dingin, kamu hanya perlu menambah es batu secukupnya saja.
Takaran kopi, susu kental manis dan juga banyaknya air yang dituangkan tidak harus seperti yang aku tulis di atas. Tergantung dengan ukuran dripper yang digunakan juga karena ada beberapa ukuran berbeda dari dripper. Disesuaikan saja dengan selera yang kamu inginkan. Selamat mencoba

Related Posts
Newest Older
Dede Sandi Rahmat
Menuangkan apa saja yang ingin dituangkan ke dalam tulisan

Related Posts

Post a Comment