Followers

bqiqdHcLSyDe1e7rIy6MJVhY5drRA6OxKKstSzTb

Kenapa Ngopi Jadi Wajib Sebelum Berangkat Kerja?

Kenapa Ngopi Jadi Wajib Sebelum Berangkat Kerja?

Kini minum kopi bukan hanya sudah menjadi tren di kalangan anak muda. Jauh sebelum itu, tradisi minum kopi sudah terjadi sejak lama sebelum  kepopulerannya kian menjadi seperti sekarang. Meminum kopi pun menjadi hal wajib bagiku sebelum berangkat kerja. Entah kenapa, rasanya enak aja sebelum berangkat kerja menikmati secangkir kopi terlebih dulu. 

Kebiasaan Minum Kopi

Keciantaanku terhadap minum kopi sudah tertanam jauh sebelum aku masuk dalam dunia kerja. Namun dulu minumnya gak serutin sekarang, jedanya bisa perhari, minimal 2 hari sekali kalo dulu. Kalo sekarang hampir tiap hari, bahkan sehari paling tidak minimal 2 cup. Biasanya aku akan minum kopi sebelum berangkat kerja ketika aku masuk kerja shift 2 saja. Pagi hari aku malah jarang sekali minum kopi, alasannya karena waktunya tidak pas dan juga waktunya terlalu mepet jika pagi hari dipakai minum kopi dulu sebelum berangkat kerja. Ketika masuk shift pagi, sebelum jam setengah 7 aku harus sudah sampai di tempat kerja, jadi aku gak punya waktu untuk ngopi dulu sebelum berangkat, paling nanti ngopi di tempat kerja.

Waktu yang biasa aku gunakan untuk minum kopi adalah sekitar jam 1 siang. Aku juga selalu membiasakan untuk makan atau mengisi perut terlebih dahulu sebelum minum kopi. Tujuannya ya agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan nantinya sehabis aku minum kopi. Selain itu, sedari dulu ibuku juga selalu bilang agar jangan minum kopi sebelum perut terisi. 

Membiasakan Mengisi Perut Dulu

Pernah suatu hari ketika aku masih SMP, aku mencoba memberanikan diri meminum kopi tanpa mengisi perut terlebih dulu. Dan kamu tau apa hasilnya? Perutku sakit tidak karuan. Dari kejadian itu, aku tidak berani lagi untuk minum kopi sebelum ada yang dimakan, khususnya pada pagi hari. Saking sakitnya perutku waktu itu, alhasil traumanya sampai dengan sekarang. Percaya atau tidak itu terserah pribadi masing-masing, atau bisa jadi aku yang dulu salah minum kopinya.

Oh Ini Ternyata Manfaatnya

Ternyata setelah aku mecoba mencari manfaat dari meminum kopi sebelum berangkat kerja atau sebelum melakukan aktivitas, ada beberapa hal baik yang aku dapatkan dari meminum kopi ini.

1. Tidak Mudah Ngantuk

Ketika sebelum bekerja, aku selalu mengawalinya dengan meminum kopi. Salah satu tujuannya agar saat kerja tidak ngantuk. Kopi memiliki kandungan kafein yang akan membuatku tetap terjaga saat bekerja. Dengan mengonsumsi kopi, rasa kantuk hampir tidak pernah datang kepadaku ketika sehabis mengonsumsi kopi sebelum berangkat.

2. Konsentrasi Tetap Jalan

Salah satu hal yang paling wajib dalam bekerja adalah konsentrasi. Tak ada yang peduli dengan apa yang sebenarnya sedang terjadi denganku diluar kerjaan, tapi konsesntrasi memang tetap harus tetap jalan secara stabil ketika bekerja. Tak salah juga ternyata aku selalu ngopi dan ngopi terus sebelum kerja, ternyata minum kopi ampuh menjaga konsentrasi tetap jalan selama bekerja

3. Menumbuhkan Rasa Semangat

Meskipun kebanyakan hari selalu aku sempatkan untuk minum kopi sebelum kerja, nyatanya tidak 100% rutin aku mengonsumsinya setiap saat. Ada kalanya aku juga tidak sempat minum kopi sebelum kerja. Salah satu alasannya bisa jadi karena telat bangun gara-gara semalam habis nonton bola, yang membuat waktu untuk ngopi jadi sempit. Meskipun begitu, aku tetap berangkat kerja tanpa ngopi terlebih dulu.

Ketika berada di tempat kerja aku merasakan bagaimana perbedaan antara berangkat kerja ngopi dulu dan berangkat kerja tanpa ngopi. Hal ini sungguh aku rasakan dengan benar adanya kawan-kawan. Disaat pergi kerja tanpa ngopi, saat berada di tempat kerja, badanku terasa lemas dan kurang bersemangat. Entah itu cuma kebetulan atau gimana, tapi emang benar adanya seperti itu. Aku juga sudah beberapa kali mengalami hal itu. Makanya sebisa mungkin sebelum berangkat kerja aku selalu menyempatkan untuk minum satu cangkir kopi terlebih dahulu agar badan tidak lemas dan kerja tetap dalam semangat tinggi.

4. Mencegah Stres

Minum kopi sebelum kerja dipercaya dapat mengurangi rasa stres hingga depresi akibat dedline kerjaan. Makanya minum kopi adalah salah satu solusi untuk mencegahnya. Kopi memiliki kandungan antidepresan serta bisa menjaga mood kamu agar tetap baik. Munculnya rasa stres ini selain bisa menggangu konsentrasi saat kerja, bisa juga berpengaruh dalam hal lain dalam kehidupan sehari-hari kamu. Dengan minum kopi sebelum kerja, rasanya aku menjadi lebih rilek dan tentunya mood lebih baik saat bekerja nantinya. Kamu bisa mencoba minum kopi sembari mendengarkan musik sebelum bekerja. Jika kamu adalah perokok, pasti lebih nikmat lagi. Dijamin pas kerja tidak ada rasa stres meskipun kerjaan sedang banyak. Karena kerjaan itu harusnya dikerjakan bukan hanya dipikirkan saja.

5. Mengurangi Rasa Sakit

Untukku yang tidak kerja dengan duduk terus sambil menghadap layar monitor, kopi menjadi penghilang rasa sakit itu memang benar adanya. Sering kali kerjaanku harus mengandalkan kekuatan fisik dibanding pikiran. Tak jarang juga mengangkat beban yang lumayan bikin badan pegal-pegal. Tapi aku sudah tau cara mengatasinya agar tidak terasa sakit nantinya. Salah satunya dengan dua cangkir kopi setiap harinya. Dengan meminum dua cangkir kopi setiap harinya dapat dipercaya akan mengurangi rasa sakit. Makanya tidak heran jika orang-orang yang kerja diluar atau yang banyak menggunakan fisik, minum kopinya biasanya lebih banyak. Oh ini ternyata manfaatnya.

Kelima manfaat minum kopi di atas sudah aku rasakan manfaatnya ketika aku kerja. Sepertinya masih banyak lagi manfaat minum kopi yang tidak bisa aku tuliskan satu persatu. Di sini aku hanya berbagi pengalaman aja kepada kawan-kawan semua tentang manfaat meminum secangkir kopi sebelum berangkat kerja.

Perlu diingat juga bahwa jangan minum kopi secara berlihan, karena tidak baik juga untuk kesehatan. Untuk orang dewasa biasanya anjuran minum kopi bisa 3-4 cangkir perhari. Akupun jarang sekali menembus angka 3, paling banyak hanya 2x sehari. Jangan lupa makan dulu sebleum ngopi.

Minum kopi yang enak tidak harus pergi ke coffee shop, di rumah atau tempat kost juga tak kalah enaknya. Minum kopi itu bukan tentang dimana kita bisa minumnya, tapi gimana cara kita menikmatinya. Jadi mau dimanapun juga minumnya, kalo dinikmati ya tetep enak. Sekian.

Jangan lupa ngopi!

Sumber: Halodoc
Foto: Dokumentasi Pribadi
Related Posts
Dede Sandi Rahmat
Menuangkan apa saja yang ingin dituangkan ke dalam tulisan

Related Posts

8 comments

  1. Wah sama kang, aku juga suka ngopi tapi sukanya pagi hari setelah bangun. Minum kopi jadi semangat gitu.

    Tapi memang sebaiknya perut diisi dulu ya, soalnya aku pernah minum kopi pagi-pagi lalu sakit perut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas Agus, mending makan dulu biar ga kenapa kenapa lagi perutnya

      Delete
  2. udah 2 minggu ini aku enggak ngopi
    sebelumnya, aku ngopi 2x sehari, yaitu pagi jam 8 dan sore/malam sepulang kerja

    ternyata lambung ku KO juga, heuheuheu, 3 hari di rumah sakit gara gara asam lambung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh ko bisa begitu ya. Susah biasanya untuk bisa ngopi lagi kalo udah begitu. Semoga lekas membaik ya

      Delete
  3. Aku sekarang mengatur waktu mengopi antara jam 10 pagi (pas ahri kerja) ditambah selepas magrib waktu sambil nulis konten blog hahahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengen banget bisa keliling tempat ngopi kaya mas Sitam. Tapi ga sambil naik sepeda. Soalnya gaada hehe

      Delete
    2. Kalau tempatnya ada ojek online, bisa mas. Ato lebih gampang lagi bawa motor sendiri, minimal uang transportnya bisa buat ngopi ahahahhaha

      Delete
    3. Sebenernya udah ada beberapa list tempat ngopi yang pengen dikunjungi, tapi masi belum dikunjungi juga haha

      Delete