Followers

bqiqdHcLSyDe1e7rIy6MJVhY5drRA6OxKKstSzTb

Bayar Apapun Lebih Mudah Menggunakan iSaku

Bayar Apapun lebih Mudah Menggunakan iSaku

Era digital ini telah membuat semuanya berubah menjadi serba digital. Termasuk dengan tempat penyimpanan uang, atau yang biasa disebut dengan dompet digital. Sebuah tempah penyimpanan uang dan juga pembayaran yang berbentuk aplikasi, dimana kita bisa menyimpan uang tanpa harus ribet dan merapikan uang agar rapi dan tidak lecek. Untuk para kaum milenial tentunya keberadaan dompet digital ini menjadi sebuah keuntungan besar, karena generasi milenial yang terbilang tidak mau ribet soal menyimpan uang dan bayar membayar. Hanya dengan satu kali klik di hp saja.

Apalagi di masa pandemi seperti ini, peran dompet digital sangatlah berguna sekali. Mengingat penyebaran virus covid-19 yang tak kunjung usai, maka salah satu cara untuk mencegah penyebarannya adalah dengan membayar dengan dompet digital ini. Membayar tanpa harus bersentuhan, cukup dengan scan barcode.

Dari berbagai macam aplikasi dompet digital yang ada di negeri ini, terdapat satu aplikasi yang tak kalah keren dari aplikasi lainnya. Fitur yang ditawarkan pun cukup lengkap dan bisa dibilang paling lengkap sih kayaknya. Karena di postingan sebelumnya aku sudah janji untuk membahas tentang aplikasi ini, maka kali ini adalah saatnya. 

Aplikasi apaan tuh?

Jadi aplikasi ini namanya adalah iSaku. Masih satu keluarga dengan indopaket dan juga poinku. Aplikasi iSaku ini adalah sebuah aplikasi yang dikeluarkan oleh Indomaret untuk lebih memudahkan para konsumennya untuk masalah bayar membayar. Aplikasi ini juga sudah mendapatkan ijin dari Bank Indonesia, jadi aman untuk digunakan. 

Untuk Apa?

Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika kamu menggunakan iSaku. Dengan kamu menggunakan iSaku, maka pembayaran akan menjadi mudah untuk dilakukan karena hanya lewat aplikasi saja.

  1. Belanja
    Fitur utama yang bisa kamu dapatkan menggunakna aplikasi iSaku ini adalah pembayaran yang mudah. Hanya dengan scan barcode, kamu sudah bisa membayar barang belanja yang kamu beli di Indomaret atau merchant lain yang sudah bekerja sama. iSaku ini hanya bisa digunakan untuk pembayaran di Indomaret saja ya, jadi jangan sesekali kamu menggunakan iSaku untuk pembayaran di minimarket lain ya karena pasti tidak bisa.

    Dengan membayar menggunakan iSaku, kamu juga akan otomatis mendapatkan poin. Jika kamu sebelumnya sudah memiliki aplikasi Poinku, maka kamu hanya perlu menghubungkan aplikasi tersebut dengan iSaku.

  2. Pulsa atau token Listrik
    Jika suau saat kamu lagi males keluar rumah untuk membeli token listrik yang sudah habis, kamu bisa mneggunakan iSaku. Begitu juga sama dengan pulsa atau paket data kamu yang habis, kamu bisa dengan mudah membelinya di sini. Menurutku semua apliaksi dompet digital memiliki fitur ini. Jadi bisa dibilang ini adalah fitur yang umum yang.. Biaslaaah..

  3. Pembayaran Tagihan
    Nah di bagian ketiga ini yang mungkin bisa jadi bagian pembeda dari aplikasi lain. Karena di bagian ini kamu akan mendapatkan banyak sekali manfaat dari iSaku yanng tidak akan kamu dapatkan di aplikasi lain. 

    Dengan menggunakan iSaku kamu bisa membayar berbagai macam tagihan seperti, tagihan listrik, telpon, internet, pajak motor, belanja online dan juga membayar tagihan pembelian tiket transportasi. Semuanya bisa di iSaku.

  4. Transfer dan Tarik Tunai
    Masalah kirim mengirim uang pun di iSaku bisa. Kamu bisa memilih tarik tunai ataupun kirim uang dengan iSaku. Namun untuk bisa menggunkan fitur ini, kamu harus upgrade dulu akun iSaku ke full service agar bisa menikmati fitur ini. 

    Nominal terendah untuk melakukan transfer ke sesama iSaku adalah Rp. 10.000 dan untuk tarik tunai adalah kelipatan Rp. 50.000. Untuk melakukan transaksi transfer ini, kamu hanya perlu memasukan nomor hp tujuan. Di aplikasi sudah terdapat dua menu yang bisa kamu pilih, mau transfer atau tarik tunai

  5. Top up E-money
    Fitur terakhir yang bisa kamu dapatkan dari iSaku ini adalah kemudahan untuk melakukan pengisian saldo kartu e-money atau juga Indomaret card. Dengan menggunakan iSaku kamu hanya perlu menempelkan kartu ke hp untuk melakukan top up, tidak perlu datang ke toko Indomaret. Nominal yang ditawarkan pun bervarian, dimulai dari yang terendah yaitu Rp. 20.000. Fitur top up ini bisa kamu dapatkan ketika hp yang kamu gunakna saat ini sudah memiliki fitur NFC (Near Field Communication). Jadi sebelum top up, dicek dulu ya. 

Nah, itulah beberapa fitur yang bisa kamu dapatkan ketika aplikasi iSaku terinstall di hp kamu. Sebenarnya kalo misalkan dijabarkan satu-satu ini pasti bakalan jadi panjang banget, karena iSaku memiliki banyak sekali fiturnya. Sampai di sini apakah kamu mulai tertarik untuk mencoba apliaksi iSaku ini? Jika kamu tertarik, kamu bisa terus membaca untuk mengetahui cara untuk daftar dan menggunakannya dengan mengunjungi halaman berikutnya.

Gimana, Daftar?

Ya sudah, kalo begitu sekarang aku akan kasih tau gimana cara untuk daftarnya. Pendaftrannya pun cukup mudah. Seperti moto Indomaret "Mudah dan Hemat". Hanya dengan beberapa tahap saja kamu sudah bisa menggunakan aplikasi ini.

  1. Install terlebih dahulu aplikasi iSaku melalui Play Store untuk pengguna Android ataupun melalui AppStore untuk user Apple. Kamu hanya perlu menulisakan iSaku di kolom pencarian, maka aplikasi yang kamu cari pun akan muncul dan langsung saja install.

  2. Setelah terinstall, lalu buka aplikasinya dan Pilih "Daftar Sekarang" untuk mulai daftar. Di bagian ini kamu akan dimintai data untuk mengisi nama, tanggal lahir, jenis kelamin, email, dan juga nomor hp. Kamu tinggal isi saja sesuai dengan data masing-masing. Jika sudah, masuk ke halaman berikutnya dan iSaku akan mencoba verifikasi ke nomor hp yang tadi di isi. Akan ada OTP yang dikirimkan untuk verifikasi. 

    Penting!: Untuk menjaga akun kamu tetap aman, jangan sesekali kamu memberi tahu tentang kode OTP ini kepada siapapun termasuk pihak iSaku sendiri.

    Jika proses verifikasi berjalan sukses, kamu sudah bisa login ke aplikasi iSaku

  3. Sebelum itu kamu juga akan diminta untuk membuat pin yang terdiri dari 6 digit angka yang dikombinasikan. Buatlah pin yang mudah diingat jangan yang susah agar tidak mudah lupa, tapi jangan buat pin yang mudah ditebak juga seperti 123456.

  4. Proses daftar pun selesai. Wah ternyata setelah aku melihat kembali ke Aplikasi iSaku, sekarang sudah menggunakan versi terbaru dengan tampilan yang lebih bagus. Nampaknya iSaku juga melakukan pembaruan seperti aplikasi Poinku. Sekarang kamu sudah bisa digunakan. 

Pada saat pertama kali akunmu berhasil dibuat, akun kamu ini terdaftar sebagai akun reguler belum full service. Ada beberapa perbedaan yang terdapat di masing-masing akun. Berikut informasinya

JENIS LAYANAN STANDARD SERVICE FULL SERVICE
Isi Saldo
Bayar Merchant
Tarik Saldo
Transfer
Saldo Maksimum 2.000.000 10.000.000

Untuk bisa menikmati semua fitur yang disediakan oleh iSaku, kamu perlu upgrade terlebih dahulu aplikasi yang kamu gunakan. Seperti pada aplikasi kebanyakan kamu hanya memerlukan kartu identitas KTP untuk upgrade akun kamu menjadi full service. Semuanya bisa dilakukan melalui aplikasi iSaku.

Terus Cara Pakainya Gimana?

Untuk cara menggunakan iSaku caranya sangat mudah sekali. Jika digunkanan untuk belanja, kamu tinggal pilih menu belanja, dan jika digunakan untuk isi saldo maka pilih isi saldo.

  1. Isi Saldo
    Sebelelum hendak menggunakan aplikasi iSaku untuk mempermudah pembayaran tagihan kmau, tentunya kamu juga harus mengisi saldo iSaku terlebih dahulu. Di sini terdapat dua cara yang bisa kamu gunakan untuk mengisi saldo iSaku. Pertama melalu merchant/mitra iSaku (Indomaret, Ceriamart, dan Indogrosir). Cara yang kedua yaitu melalui bank. Untuk kamu yang menggunakan mobile banking tentunya ini akan sangat mudah sekali untuk kamu lakukan, karena hanya lewat hp kamu bisa mengisi saldo iSaku. 
    Caranya pun mudah sekali, kamu tinggal pilih menu isi saldo di halaman awal aplikasi. Setelah itu kamu hanya perlu memilih metode apa yang ingin kamu gunakan. Untuk pengisian saldo menggunakan virual account bank tidak dikenakan biaya alias Gratis. Jika kamu menggunakan metode isi saldo melalui merchant yang tersedia, kamu akan dikenakan biaya Rp.500 per transaksi isi saldo. Selain itu, jika kamu menggunakan metode ini kamu tidak bisa mengisi berapa saja seperti melalui bank. Di sini sudah tersedia nominal yang bisa kamu pilih, mulai dari Rp. 9.500 - Rp. 1.999.500. Di bagian akhir, masukan pin yang sudah kamu buat untuk konfirmasi.

  2. Bayar Belanja
    Untuk urusan bayar membayar belanjaan pun caranya tak kalah mudah dari cara isi saldo. Cukup dengan memilih menu bayar di bagian tengah bawah, lalu pilih mau menggunakan token atau scan QR, setelah itu masukan pin. 

    Perlu diketahui, untuk saat ini, aplikasi iSaku ini hanya bisa digunakan di gerai mitra iSaku saja seperti, Indomaret, Ceriamart, dan Indogrosir. Jika kamu mencoba menggunakan iSaku di minimarket atau merchant lain maka ini belum bisa digunakan. Oh iya, menurut update terbaru dari iSaku, selain bisa digunakan untuk pembayaran di toko Indomaret, kini iSaku juga sudah bisa digunakan di outlet yang memiliki metode pembayaran QRIS. 

  3. Beli Pulsa dan Bayar Tagihan
    Setelah kamu terdaftar menjadi member iSaku, kamu tidak perlu khawatir saat kehabisan pulsa atau paket data. Kamu tidak perlu pergi keluar rumah untuk membeli pulsa karena melaui aplikasi iSaku ini pembelian pulsa atau paket data bahkan pembelian token PLN sudah bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Jadi kamu bisa menghemat tenaga dan waktu untuk membli pulsa. Caranya kamu hanya memilih menu "Pulsa" yang terdapat di aplikasi, lalu masukan nomor yang akan di isi pulsanya. Setelah itu pilih nominal sesuai dengan yang diinginkan. Di iSaku ini sudah tersedia pulsa semua operator. Langkah terakhir, seperti biasa kamu akan diminta untuk memasukan pin kamu untuk konfirmasi transaksi. Tanpa harus menunggu lama, pulsa akan langsung masuk ke nomor hp kamu.

    Selain bisa digunakan untuk isi pulsa, masih banyak keuntungan yang kamu bisa manfaatkan untuk membayar tagihan seperti PLN, BPJS, Pajak Kendaraan, Belanja Online, dan juga tagihan lainnya. Kamu bisa cek aja kelengkapan tagihan apa saja yang bisa dilakukan di iSaku, lengkap banget pokoknya. Untuk caranya, kamu masuk ke menu pembayaran yang akan kamu guakan, selanjutnya kamu masukan kode pembayaran/nomor pelanggan. Langkah akhir kamu masukan pin kembali untuk konfirmasi tagihan kamu. 

    Yang perlu diperhatikan ketika kamu ingin membayar menggunakan iSaku, kamu harus memilih metode pembayaran yang kamu gunakan adalah "indomaret/iSaku". COntohnya, kamu akan belanja online dari salah satu merchant, lalu kamu ingin membayar tagihan tersebut menggunakan iSaku, maka di bagian akhir saat memilih metode pembayaran di aplikasi belanja online, kamu pilih metode pembayaran melelui indomaret/iSaku. nanti kan akan keluar tuh kode pembayarannya, nah kode inilah yang akan kamu gunakan untuk bayar tagihan di iSaku. Gampanglah pokoknya gak ribet.


  4. Top up E-money
    Memang ya jaman sekarang itu apapun sudah serba eletronik. Bahkan pembayaran tol pun sekarang sduah menggunakan uang elektronik atau E-money. Biasanya orang-orang akan mengisi saldo E-money mereka di minimarket terdekat sebelum memasuki tol. Tapi gimana jadinya jika kamu lupa untuk mengisi saldo? Sedangkan di jalan tol nanti jika kamu tidak membayar dengan e-toll tentunya gate tidak akan terbuka dan kamu tidak bisa melanjutkan perjalanan. 

    Untuk mempermudah warga masyarakat Indonesia dalam mengisi saldo e-money agar tidak ribet dan lama ngantri, iSaku sudah memberikan solusinya. Dengan memberikan fitur top up di aplikasi iSaku. Jadi ketika kamu lupa isi saldo pun kamu bisa melakukan top up dimana pun dan kapanpun melaui aplikasi iSaku.

    Cara yang harus dilakukan pun cukup sederhana. Kamu hanya memilih menu top up uang elektronik atau e-money di iSaku. Di sini baru tersedia untuk top up e-money yang dari bank Mandiri dan juga Brizzi dari BRI. Untuk Tapcash BNI ataupun Flazz BCA belum bisa dilakukan di iSaku. Setah itu, kamu pilih nominal yang diinginkan, tersedia nominal dari Rp. 20.000 - Rp. 500.000. Lalu silahkan tempel kartu ke hp. Ingat untuk bisa melakukan top up di iSaku, hp yang kamu gunakan harus sudah memiliki fitur NFC ya., karena jika belum ada maka tidak bisa top up.

  5. Transfer dan Tarik Tunai
    Fitur lain yang diberika oleh iSaku adalah tarik tunai dan Transfer. Kedua fitur ini bisa kamu gunakan di aplikasi iSaku. Jika kamu akan melakukan transfer, di halaman utama iSaku ada menu transfer, kamu tinggal pilih saja dan masukan nomor hp sebagai nomor tujuan. Perlu diketahui, transfer iSaku ini hanya untuk ke sesama user iSaku ya, jadi bukan ke bank. Nominal yang bisa kamu gunakan adalah dari Rp. 10.000 sebagai nominal terendah sampai dengan Rp.1.000.000.

    Begitu juga dengan Tarik tunai, kamu hanya perlu memilih menu tarik tunai di aplikasi. Di sini kamu bisa memilih untuk tarik tunai di mitra iSaku atau melalui bank. Untuk bank yang tersedia saat ini adalah CIMB saja. 

    Jika kamu akan menggunakan mitra sebagai metode tarik tunai, maka kamu pilih mitra isaku. Selanjutnya kamu akan diminta untuk memasukan pin. Nantinya akan keluar kode batang yang akan kamu gunakan. Untuk bisa tarik tunai di Indomaret, kamu hanya perlu bilang ke kasir bahwa kamu ingin melakukan tarik tunai menggunakan iSaku. Untuk tarik tunai menggunakan iSaku, kamu tidak diharuskan untuk belanja terlebih dahulu, beda halnya jika kamu akan melakukan tarik tunai menggunakan kartu Debit, kamu harus belanja terlebih dahulu dengan nominal Rp. 10.000 minimal. Tarik tunai yang bisa kamu pilih adalah nominal dengan kelipatan Rp.50.000 - Rp.1.000.000. Nanti kamu tinggal bilang saja ke kasir kamu mau tarik tunai berapa karena di aplikasi tidak terdapat pilihannya berapa saja nominal yang kamu pilih, jadi kasirlah nanti yang akan menginput nominalnya sesuai dengan yang kamu inginkan. Selanjutnya kamu hanya perlu scan barcode yang tadi suka muncul setelah kamu memasukan pin. Jika proses berhasil, maka tarik tunai pun sukses dan kamu mendapatkan uangnya.

Keuntungannya apa?

Bicara soal keuntungan apa saja yang diberika oleh iSaku, tentunya ada banyak sekali keuntungannya. Selain yang telah disebutkan di halaman sebelumnya tentunya masih ada lagi keuntungan yang harus kamu ketahui dan kamu dapatkan.

  1. Poin otomatis bertambah
    Keuntungan pertama yang bisa kamu dapatkan ketika kamu membayar menggunakan iSaku ketika belanja di gerai Indomaret adalah mendapatkan poin secara langsung tanpa harus memasukan member terlebih dahulu ke kasir. Secara otomatis sistem iSaku ini sudah terhubung dengan Aplikasi Poinku. Tapi tentunya dengan catatan kamu sudah daftar poinku terlebih dahulu dengan nomor hp yang sama digunakan untuk akun iSaku.

  2. Potongan Belanja Lebih Banyak
    Ketika kamu berbelanja diskon atau potongan harga adalah sesuatu yang sangat menguntungkan bukan untuk kamu. Dengan adanya diskon ini, budget belanja bisa jadi ada lebihnya yang bisa digunakan untuk keperluan lain. Unutk promo dengan menggunakan iSaku ni biasanya selalu ada setiap hari. Setiap periode promo biasanya akan ada bermacam barang yang akan mendapatkan potongan lebih jika menggunakan iSaku pembayarannya. 

    Untuk mengetahuinya kamu harus pandai-pandai melihat leaflet atau brosur yang dibagikan oleh karyawan indomaret setiap hari selasa sore. Atau kamu juga bisa melihat promo yang berlangsung untuk setiap periode melalui akun instagram @indomaret. Di selembaran tersebut biasanya akan terlihat mana saja barang yang jika dibayar menggunakan iSaku akan mendapatkan potongan. 

  3. Tidak Perlu Antri Lama
    Apakah kamu pernah merasakan saat mau membayar tagihan di toko Indomaret tapi ngantri lama? Nah untuk kamu yang males untuk ngantri, iSaku ini cocok banget kamu gunakan untuk membayar tagihan-tagihan kamu. Cukup dari Hp kamu bisa membayar semuanya dengan mudah dan tentunya tanpa antri panjang.

  4. Cashback 
    Keuntungan lain yang akan kamu dapatkan adalah mendapatkan cashback dari setiap transaksi yang kamu bayarkan. Biasanya keuntungan ini akan kamu dapatkan di preiode JSM (Jumat Sabtu Minggu). Semakin besar nominal belanja kamu, maka cahback yang akan diberikan pun semakin besar juga.

Sudah cukup mungkin sampai di sini, udah lumayan panjang juga ternyata tulisannya, nanti pada meles bacanya. Gimana, sudah mulai tertarik untuk menggunakan iSaku? 

Related Posts
Dede Sandi Rahmat
Menuangkan apa saja yang ingin dituangkan ke dalam tulisan

Related Posts

Post a Comment