Followers

bqiqdHcLSyDe1e7rIy6MJVhY5drRA6OxKKstSzTb

Kirim Paket Lebih Mudah Dengan Indopaket


Kirim Paket Lebih Mudah Dengan Indopaket
sumber: pexels.com


Siapa di sini yang hobinya belanja online? Gimana sih rasanya ketika barang yang kita beli tapi pengirimannya lama? pengiriman barang yang lama ini bisa terjadi karena beberapa faktor. Contohnya seperti akses lokasi yang sulit untuk dijangkau atau alamat rumah yang susah ditemukan. Selain itu bisa terjadi karena pihak kurir yang pelayanannya kurang baik, sehingga menyebabkan barang tidak sampai dengan cepat.

Dari sekian banyaknya jasa pengiriman barang yang ada di Indonesia, baik yang sudah lama maupun yang baru, kira-kira yang mana yang sering kalian gunakan jasanya? Kecepatannya gimana? Ongkirnya (Ongkos Kirim) berapa? Tapi kamu sebenarnya tahu tidak bahwa sebenarnya diantara sekian banyaknya jasa pengiriman barang yang sudah kalian kenal ataupun namanya sudah familiar, ada satu jasa pengiriman yang kualitas kecepannya tak kalah cepat dari jasa pengiriman lainnya. Selain itu ongkos kirimnya juga sering ada diskon sampai 98%. Salah satu jasa pengiriman ini memiliki keunikan tersediri menurutku. Untuk lebih jelasnya, yuk simak penjelasannya.

Periode Promo Sampai 31 Desember 2020

Namanya INDOPAKET

Indopaket adalah sebuah jasa pengiriman milik Indomaret. Seperti yang kita ketahui, bahwa kini Indomaret tidak hanya saja sebuah toko minimarket yang menjual makanan dan kebutuhan sehari-hari lainnya. Seiring dengan perkembangan zaman, Indomaret nampaknya tidak mau diam di situ saja untuk tetap bisa melayani konsumennya. Kini Indomaret sudah melebarkan sayapnya ke berbagai bidang usaha mengikuti alur kemajuan duniawi. Salah satunya Indopaket. Kini mereka memiliki sebuah layanan kirim dan ambil barang menggunakan layanan yang namanya Indopaket.

Menurutku, Indopaket ini memiliki kelebihan tersendiri daripada jasa pengiriman lainnya. Aku pun sudah pernah menggunakan jasa pengiriman Indopaket saat membeli kartu By.U beberapa waktu lalu. Pengirimannya sangat cepat karena kurang dari satu hari, paket kartu By.u yang ku pesan sudah datang. Di bawah 24 jam kecepatan pengirimannya. Keren

Mungkin karena banyaknya jasa pengiriman yang ada saat ini, nama Indopaket pun belum banyak dikenal oleh banyak orang. Mereka lebih memilih jasa pengiriman terdahulu yang sudah banyak dikenal masyarakat. Baik itu kecepatannya, ketepatannya, ataupun biayanya.

Hanya Bisa di Indomaret

Karena ini adalah program layanan yang dimiliki oleh Indomaret, maka layanan ini hanya tersedia dan hanya bisa dilakukan di Indomaret. Dengan sebaran 18.600 toko Indomaret di seluruh Indonesia, maka kita tidak perlu khawatir kesusahan untuk menemukan toko Indomaret. Apaagi di kota-kota besar pasti gerai Indomaret sudah ada dimana-mana dengan jarak yang berdekatan.

Kirim & Ambil Paket

Berbeda dengan sebagian jasa pengiriman lain, selain bisa kirim barang, dengan layanan Indopaket kita juga bisa mengambil paket yang dikirimkan untuk kita di toko Indomaret. Sambil mengambil paket, bisa sekalian belanja juga. 

Cara Kirim Paket

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengirim paket dengan Indopaket. Selain kamu bisa datang langsung ke toko Indomaret untuk mengirimkan paket, kamu bisa juga secara langsung input data transaksi pengiriman paket melalui web dan juga Aplikasi Indopaket. Jadi saat tiba di Indomaret kamu tidak menunggu lama lagi untuk petugas input data pengirimanmu. kamu tidak harus lama antri. Kamu hanya menyerahkan barcode yang keluar nanti saat transaksi di web atau Aplikasi selesai dibuat.

Sebelum kamu mulai memilih mau kirim paket dengan cara yang mana, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui terlebih dahulu sebelum kamu mengirim paket. Ini adalah 3 layanan yang tedapat di Indopaket. Ketiga layanan ini nantinya akan kamu pilih salah satunya saat penginputan data pengiriman paket.

  1. Toko & Antar ke Alamat
    Yang pertama adalah layanan Toko & Antar ke alamat. Layanan ini adalah seperti pengiriman paket pada umumnya. Paket yang kamu kirimkan akan langsung dikirim ke rumah tujuan penerima paket. 

  2. Toko ke toko
    Layanan kedua yaitu dari Toko ke Toko adalah layanan pengiriman paket yang hanya bisa dilakukan untuk pengiriman antar toko Indomaret. Jadi tidak langsung sampai ke rumah. Pengirim melakukan pengiriman lewat toko Indomaret dan penerima pun harus mengambil paketnya langsung di Indomaret yang sudah diinput oleh pengirim. Biasanya toko Indomaret yang dipilih adalah toko Indomaret yang dekat dengan lokasi rumah tempat penerima.

    Untuk pengambilan paket di toko, kamu harus menyertakan PIN untuk mengambil paket. PIN ini akan muncul ketika paket yang dikirim sudah sampai di toko tujuan. Kamu akan mendapatkan PIN melalui SMS ataupun alamat email. Jadi saat mengisi data transaksi diharapkan untuk mengisi dengan no hp dan alamat email yang valid. Dengan adanya PIN seperti ini, paket akan tetap aman dan tidak bisa siapa saja yang mengambil. 

  3. Titip Paket
    Yang terakhir adalah layanan titip paket di Indomaret. Kamu bisa menitipkan paket atau barang di Indomaret dan nantinya diambil di toko yang sama juga. Pengambiannya pun sama dengan layanan toko ke toko, harus menggunakan PIN. 
Nah, sekarang kamu sudah tahu kan layanan apa saja yang dapat kamu pilih nanti saat hendak mengirimkan paket lewat Indopaket? Sekarang saatnya kita bahas cara pengiriman paket melalui Indopaket. Seperti yang sudah diberitahukan di atas, bahwa Indopaket memiliki beberapa cara untuk kirim barang melalui Indopaket. Kamu bisa memilih saah satu dari  tiga pilihan di halaman selanjutnya.

Cara Pengiriman

Melalui Web

  1. Kunjungi Website Indopaket
    Untuk melakukan input pengiriman barang menggunakan web, kamu hanya perlu masuk ke website www.indopaket.co.id. Jika ini adalah pertama kalinya kamu mengunjungi website ini, sebaiknya kamu membuat akun terlebih dahulu. Pembuatan akunnya pun cukup mudah, hanya dengan nomor hp dan juga alamat email. Setelah itu, kamu pilih menu "pengiriman barang". Selanjutnya, kamu harus memilih layanan mana yang akan kamu gunakan. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ada tiga layanan yang bisa kamu pilih. Pilihlah salah satunya. Tidak semua barang bisa dikirim melalui Indopaket, setelah kamu memilih layanan mana yang akan digunakan, maka akan muncul pemberitahuan tentang barang apa saja yang tidak boleh dikirim. Seperti, Senjata, Minuman Berakohol, uang atau barang berharga, dan juga beberapa barang lain yang tidak bisa dikirim melaui layanan Indopaket. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa melihat gambar di bawah ini.

  2. Isi data Pengirim dan Penerima
    Setelah mengetahui semua dan membaca syarat dan ketentuan, kamu bisa centang di bagian bawah dan klik lanjutkan. Kamu akan dibawa ke halaman selanjutnya, yaitu pengisian data pengirim dan penerima barang. Di sini, kamu hanya mengisi datanya sesuai dengan data sebenarnya. 


    Data yang dibutuhkan adalah data pengirim, penerima, dan juga pilih toko tujuan (jika kamu memilih layanan "toko ke toko"). Kamu harus mengisi data mulai dari nama, alamat, no hp yang aktif dan juga alamat email. Harus dipastikan kembali bahwa nomor hp dan juga alamat email dari penerima harus benar-benar valid, agar memudahkan nanti dalam proses pengambilan paket. Nantinya, setelah paket sampai, Penerima akan mendapatkan PIN yang digunakan untuk mengambil paket di Toko Indomaret. Jika tidak ada PIN, maka paket tidak bisa diambil.

    Di bagian paling bawah, jika kamu memilih layanan kirim dari "toko ke toko", akan ada formulir yang harus kamu isi. Kamu harus memilih toko Indomaret terdekat dengan tujuan penerima. Kamu hanya perlu menuliskan nama toko Indomaret ataupun nama jalan yang terdekat dengan lokasi penerima. Setelah itu akan muncul beberapa toko yang jaraknya tidak begitu jauh dengan lokasi penerima.



  3. Isi Data Barang Yang Dikirim
    Selain data pengirim dan penerima, kamu juga harus mengisi data barang yang akan kamu kirim. Mulai dari jenis barang yang dikirm, deskripsi, berat, dan juga dimensi barang. Setelah data tentang barang ini terisi, nantinya akan muncul secara otomatis biaya ongkir yang harus kamu bayarkan.


  4. Konfirmasi dan Download label
    Langkah selanjutnya, setelah semua pengisian data selesai, kamu hanya perlu mengecek kembali data-data tersebut apakah sudah benar atau ada yang harus diubah. Jika dirasa sudah selesai, kamu hanya perlu menekan tombol konfirmasi untuk menyelesaikan pembuatan resi pengiriman. 



    Pembuatan nomor resi telah berhasil, selanjutya kamu unduh label yang berisi data pengiriman yang telah dibuat tadi. Label ini bisa kamu cetak dan ditempelkan di paket. Selain itu, label yang berupa kode batang (barcode) ini, bisa kamu gunakan untuk pembayaran di toko Indomaret.

  5. Proses Pembayaran
    Langkah terakhir setelah kamu selesai membuat resi pengiriman, sekarang kamu hanya perlu membayar ongkos kirimnya. Kamu hanya perlu pergi ke Indomaret dan menyerahkan paket yang akan kamu kirimkan kepada petugas toko. Selanjutnya petugas toko akan memproses pembayaran dan kamu tinggal membayarnya sesuai dengan nominal yang muncul di web. Petugas toko akan meminta barcode yang tadi sudah di download untuk menginput nomor resi. Setelah proses pembayaran selesai, kamu juga akan menerima struk bukti pengiriman paket. Selanjutnya paket akan di simpan di tempat yang sudah disediakan di toko Indomaret dan paket akan langsung dikirim. 

Aplikasi Indopaket

Cara kedua pengiriman paket ini sebenarnya hampir sama saja dengan cara di nomor satu saat menggunakan web untuk input data. Tahapan-tahapannya sama dengan yang di web. Hanya saja yang membedakannya adalah cara kedua ini menggunakan aplikasi Indopaket yang harus diinstall terlebih dahulu. Aplikasi Indopaket ini sudah tersedia di Play Store dan juga App Store, jadi kamu tidak akan kesulitan untuk menemukan aplikasi ini. Hanya dengan menulisakan kata "indopaket" di kolom pencarian, maka aplikasi Indopaket akan langsung muncul di urutan paling atas. Selain digunakan untuk mengirim paket, aplikasi Indopaket pun bisa digunakan untuk cek tarif dan juga tracking. Untuk cara pengiriman menggunakan Aplikasi ini, sepertinya tidak perlu dijelaskan lagi ya, karena caranya sama dengan cara yang digunakan saat menggunakan web, hanya beda platform saja. 

Langsung datang ke Toko Indomaret

Cara ketiga sekaligus menjadi cara terakhir yang bisa kamu gunakan adalah dengan datag langsung ke toko Indomaret dengan membawa paket yang sudah di bungkus dengan rapi. Meskipun begitu, ketentuan tentang barang apa saja yang boleh dan tidak boleh dikirim harus diperhatikan juga. Karena nantinya paket akan dicek juga oleh petugas. 

Cara ini bisa kamu gunakan jika kamu malas untuk menginput data sendiri melalui web dan aplikasi. Kamu hanya perlu datang ke toko Indomaret dan menyerahkan paket ke petugas. Selanjutnya, petugas akan mengisi data pengirim dan penerima. Selain itu, petugas pun akan mengukur berat dan juga dimensi dari paket yang akan kamu kirimkan. 

Untuk lebih memudahkan petugas dan mempercepat proses penginputan data, sebaiknya kamu menuliskannya terlebih dahulu di kertas lalu diserahkan ke petugas untuk di input. Setelah semua data terinput, petugas pun akan melakukan konfirmasi kembali terkait data yang sudah diinput agar tidak ada data yang salah input dan juga nominal yang harus kamu bayarkan. Setelah semuanya selesai, langkah terakhirnya adalah kamu membayarkan biaya dari ongkos kirim sesuai dengan yang disebutkan petugas tadi. Resi telah selesai dibuat dan paket akan segera dikirimkan. Sebagai bukti, kamu pun akan mendapatkan struk pembayaran dan juga struk serah terima paket.

Bagaimana, tertarik untuk mencoba jasa dari Indopaket?
    Related Posts
    Dede Sandi Rahmat
    Menuangkan apa saja yang ingin dituangkan ke dalam tulisan

    Related Posts

    2 comments

    1. Sungguh luar biasa
      Indomart bisa membaca peluang
      Saya sangat suka sekali
      Terimakasih atas reviewnya

      ReplyDelete
      Replies
      1. Saya rasa indomaret memang mengikuti perkembangan zaman. Mungkin itulah yang menjadikan indomaret selalu menjadi pilihan pelanggan

        Delete