bqiqdHcLSyDe1e7rIy6MJVhY5drRA6OxKKstSzTb

Cerita Ngeblog di 2020 dan dapat Uang

Cerita Ngeblog di 2020 dan dapat Uang

Tak terasa  sekarang waktu sudah berada di ujung tahun. Rasanya cepat sekali 2020 ini berlalu. Apa kabar dengan resolusi? Apakah di tahun ini sudah ada peningkatan pencapaian dari tahun sebelumnya? Atau mungkin malah makin tak terkejar resolusinya.

Di awal tahun, sepertinya aku sempat menuliskan beberapa tips sederhana agar resolusi bisa tercapai. Salah satunya adalah dengan cara tidak membuat resolusi yang terlalu banyak. Salah satu yang menjadi resolusiku di tahun 2020 ini adalah bisa kembali nulis di blog ini. Blog yang sudah lama gak pernah aku isi lagi setelah sekian tahun.

Aku masih ingat, di akhir tahun 2019 lalu, rasanya jiwaku terpanggil lagi untuk mengurusi blog yang sudah lama mati ini. Aneh memang, di saat kebanyakan orang sudah meninggalkan dunia blogging, aku malah ingin kembali ke sini. Di saat orang-orang berlomba untuk menjadi youtuber, aku malah belajar menyusun kata menjadi kalimat yang ku harap bisa memberikan manfaat di blog ini.

Setelah melawti waktu yang cukup panjang tapi terasa begitu cepat, perlahan blog ini bisa terisi lagi. Ini semua aku lakukan pastinya tidak dengan semudah membalikkan telapak tangan. Kadang aku kesulitan juga untuk membuat tulisan di sini, karena aku bukan pembaca yang baik, jadi kosa kataku di situ situ saja. Yang menjadi hambatan saat mau menulis di sini adalah rasa malas yang selalu mengikutiku. Ketika saat berada di tempat kerja, aku selalu berniat bahwa ketika pulang kerja nanti aku harus bisa menulis di blog, tapi kenyataannya tak seindah itu. Aku merasa bahwa aku masih sangat lemah dalam hal eksekusi. Padahal di balik itu semua, ide untuk menulis di blog ini selalu ada saja, tapi nulisnya yang susah. 

Mungkin di tulisanku kali ini, aku ingin sedikit bercerita tentang kisah ngeblog di 2020. Banyak sekali perubahan yang aku alami selama satu tahun ini, khususnya di blog ini. Nampaknya sekarang aku sudah serius untuk mengurusi blog ini. Baru kali ini aku merasakan bahwa ngeblog itu ternyata memang menyenangkan. Dan inilah cerita ngeblog di tahun 2020.

Rutin menulis

Saat aku kembali ke blog ini, tak ada banyak hal yang aku inginkan dari blog ini selain konsisten dalam menulis. Tujuan utamaku saat memutuskan kembali untuk menulis adalah agar aku bisa memberikan manfaat kepada orang lain. Blog ini tidak mempunyai kategori spesifik tentang apa yang ditulis. Aku hanya menuliskan apa saja yang ingin aku tuliskan di sini. Bisa dibilang blog ini adalah blog gado-gado yang isinya campur. Uang tidak menjadi tujuan utamaku untuk memulai ngeblog. Banyak yang bilang bahwa dari blog kita bisa mendapatkan uang, tapi tujuan utamaku bukan itu. Aku hanya ingin nulis.

Target menulisku dalam satu tahun ini, tidak muluk-muluk, aku hanya ingin bisa menuliskan minimalnya satu artikel dalam satu bulan. Karena aku sadar, untuk bisa menuliskan satu artikel dalam kurun waktu seminggu, aku belum mampu. Pada awal-awal tahun aku masih sanggup menulis paling banyak 6 artikel per bulan. Tapi semakin ke sini, semakin berkurang.

Dan alhamdulillah, sampai di penghujung tahun ini, setiap bulannya aku selalu menulis minimal 1 artikel di blog ini. Meskipun ini terlihat sangat malas, tapi pada akhirnya aku bangga dengan diriku sendiri karena sudah bisa menulis dengan konsisten dalam setahun ini.

Salah satu cara yang aku lakukan untuk terus semangat menulis di blog, adalah dengan sering-sering mengunjungi blog orang lain atau bisa disebut dengan istilah Blogwalking. Entah kenapa, setiap kali aku membaca tulisan yang ditulis oleh kawan-kawan blogger, aku pun jadi ada semangat untuk menulis di blog sendiri. 

Beli Domain dan Template

Sebagai bukti keseriusanku dengan blog, di tahun 2020 ini aku mencoba menggunakan domain TLD (Top Level Domain), dengan cara memebelinya di salah satu penyedia hosting. Awalnya sih aku gak kepikiran untuk mengganti domain. Tapi setelah aku mendengarkan salah satu Podcast tentang Blogger, aku jadi tertarik untuk mencoba menggantinya. Sudah terlalu lama juga aku menggunakan domain dengan embel-embel blogspot, bosan rasanya. Dari awal dibuat tahun 2010 sampai sekarang 2020, masa masih pakai domain bawaan blogger hehe. Bagiku, menggunakan domain TLD ini blog jadi terlihat lebih beda. Lebih terlihat keseriusannya.

Template adalah hal yang paling aku ganti, tapi itu dulu. Di tahun 2020 ini aku hanya 2 kali menggantinya. Template ini dan yang sebelumnya. Sebelum aku menggunakan template ini, aku menggunakan template Photonic. Sebuah template yang terlihat minimalis, di bagian depan halaman hanya menampilkan foto-foto dari setiap artikel yang di posting. Cocok untuk yang hobi fotografi. 

Sekitar setengah tahun lebih aku menggunakan template Photonic. Aku yang suka dengan fotografi memilih template ini untuk blog yang aku kelola. Tampilannya yang minimalis dengan hanya menampilkan foto di halaman depan menajdi alasan utamaku menggukan template ini. Template Photonic ini aku dapatkan secara gratis dengan cara download dari Google. 

Karena aku ingin blog ini terlihat lebih bagus tampilannya, aku pun seringkali merubah desain template ini. Menambah dan menghapus kode sering aku lakukan. Aku yang tidak tahu tentang dunia coding, melakukan ini semua dengan petunjuk dari hasil googling. Makanya template Photonic yang aku gunakan sebelumnya itu memiliki kecepatan loading yang lambat. Tak jarang kadang template jadi error dan aku harus memasang dari awal lagi.

Template photonic


Lama kelamaan aku capek juga dengan teplate yang lambat ini. Selain itu, aku juga tidak punya kendali penuh atas template ini. Aku ingin mempunyai template yang loadingnya cepat dan tampilannya bagus. Mulailah aku hunting template di google. Kali ini aku memutuskan untuk membeli template premium, bukan hasil download gratis. Usut punya usut, bahwa ada beberapa blogger yang namanaya sudah terkenal yang menjual template untuk blogger. Ada beberapa nama yang muncul dan itu semua orang-orang asli Indonesia. Ya, sekarang aku lebih memilih template yang buatan anak negeri saja daripada yang dari luar. 

Ada dua template yang menajdi pilihanku saat itu, aku kebingugan harus memilih yang mana. Fitur yang dimiliki pun tak jauh berbeda. Apalagi kecepatannya, wuzz super cepat. Sudah bisa menggunakn mode gelap juga tampilannya, ini menjadi nilau lebih bagiku. 

Setelah melalui beberapa pertimbangan, akhirnya pilihanku jatuh ke template yang aku gunakan saat ini. Dengan harga yang masih aman di kantong, template ini memang cocok aku gunakan. Templatenya enak, kecepatannya super, tampilannya bagus, sudah bisa mode gelap juga, dan yang paling penting sudah bisa page split seperti di wordpress. Udah paling enak lah ini sekarang.


Tak sampai di situ saja, cerita perjalananku saat negblog di 2020. Ada hal yang sebelumnya tidak pernah aku bayangkan terjadi di 2020 ini. Aku menganggap semua ini adalah bonus untukku.

Pengunjung Blog Bertambah

Percaya atau tidak, bahkan aku juga sebenarnya sempat gak percaya saat pertama kali melilhatnya. Aku melihat angka kunjungan di tiap bulan yang terus naik. Asalnya dalam jangka waktu satu bulan, blogku ini hanya mendapatkan ratusan kunjungan. Kalau begitu, artinya tulisan yang aku buat di sini sudah ada yang baca. Senangnya aku sangat mengetahui hal itu. 

Seiring berjalannya waktu, dari pertama kali memutuskan untuk ngeblog lagi sampai sekarang, pengunjung blog ini sudah ada ribuan pengunjung di setiap bulannya. Mungkin untuk sebagian orang yang sudah memiliki pengunjung ratusan ribu tiap bulannya ini adalah hal yang biasa-biasa saja, tapi bagiku ini adalah pencapaian yang bagus di tahun pertamaku ngeblog. 

Ada yang menulis komentar

Hal lain yang membuatku semakin yakin bahwa tulisan di blog ini sudah dibaca orang-orang di luar sana adalah adanya komentar pertama di blogku ini, tepatnya saat aku menuliskan tentang kode rahasia untuk mendapatkan figure batman yang dijual di Indomaret. Untungnya sejak saat itu aku rutin membuka blog, jadi kalo ada yang komentar bisa langsung aku balas. Pernah terjadi beberapa tahun lalu, sekitar tahun 2015 kayaknya, ada yang komentar di blog dan baru aku balas di 2020. 5 tahun baru dibalas, gimana tuh rasanya? parah banget kan wkwk 

Dari komentar pertama itulah, sekarang muncul komentar-komentar lain dari kawan-kawan blogger lain. Hampir di setiap postingan selalu ada aja yang menulis komentar. Ya itu juga gak tau dia baca dulu atau langsung komentar. Tapi jujur aku seneng banget kalo udah ada yang komen di blog. Ngeblog jadi makin semangat karena merasa ada yang menunggu tulisanku di luar sana haha. Tapi akhir-akhir ini, yang komen gak ada, lagi pada sibuk dengan kerjaan kali ya, akhir tahun kerjaan banyak.

Menurutku, ini tidak terjadi begitu saja. Sebelum komen-komen ini muncul, aku selalu blogwalking ke blog kawan-kawan blogger lain dan mengirim komentar di sana. Jadi mereka kembali kirim komentar di blogku. Dan inilah manfaat dari blogwalking. Aku selalu membaca setiap tulisan yang di posting oleh kawan-kawan blogger lain, jadi tidak asal komentar. Yang paling aku suka yaitu membaca tulisan yang menceritakan tentang perjalanan atau traveling.

Blogwalking

Dulu aku gak tahu kalau dari blog ini kita bisa mendapatkan banyak teman. Ketika awal memulai blog di tahun 2010 lalu, aku hanya menulis saja tanpa tahu bahwa ada istilah blogwalking. Saat itu, beneran aku tidak mempunyai daftar bacaan sama sekali. Yang paling parah sih aku gak tau fungsi dari menu daftar bacaan yang ada di menu blogger. Yang aku tau saat itu, aku hanya menulis dan tulisanku bisa muncul di google. Aku gak peduli tulisanku ada yang komentar atau tidak.

Setelah aku membaca sebuah tulisan yang dibagikan di mesin pencari google tentang blogging, aku menyadari bahwa blogwalking atau berkunjung ke blog lain itu adalah hal yang penting. Selain untuk mendapatkan kunjungan kembali ke blogku, aku juga bisa berkenalan dengan mereka dan menjadikan mereka teman blogger baruku. Ada beberapa daftar blogwalking yang sering aku kunjungi. Biasanya aku akan menjadikan mereka yang berkomentar di blogku ke daftar blogwalking. Blogwalking itu menurutku menyenangkan sekali, aku jadi bisa membaca tulisan demi tulisan yang ditulis oleh beragam orang. Membaca tulisan dengan gaya tulisan yang berbeda. Tentunya dengan cerita yang berbeda pula. Mendapatkan informasi baru juga tentang apa yang sedang menjadi tren saat ini. Dengan rajin blogwalking dan meninggalkan jejak dengan cara berkomentar di blog orang, akhirnya aku mendapat feedback dari mereka berupa komentar di blogku juga. 

Setiap komentar atau tanggapan dari kawan-kawan blogger membuatku jadi semakin bersemangat untuk menulis di blog ini. Dengan ada tanggapan dari mereka, aku jadi percaya diri bahwa tulisanku ini bisa diterima. Mendapatkan komentar atau tanggapan di blog rasanya berbeda sekali dengan ketika kita mendapatkan tanggapan di media sosial yang sering kita gunakan seperti Instagram ataupun facebook. Tidak semua orang menggunakan platform Blogger ini, makanya jadi terasa spesial sekali jika mendapatkan tanggapan dari orang lain di sini.

Yang terakhir ini bisa jadi adalah cerita tentang pencapaianku di tahun ini. Setelah kurang lebih dalam kurun waktu satu tahun konsisten nulis di tiap bulannya, akhirnya aku mendapatkan pencapaian yang lagi-lagi sebelumnya tidak pernah aku bayangkan.

Halaman Pertama Google

page one

Awalnya aku hanya iseng saja melihat postinganku di mesin pencari Google. Aku cek yang angka  kunjungannya tinggi. Ternyata tanpa disangaka-sangka, tulisanku muncul di paling atas. Wah rasanya senang sekali. Aku yang tak tahu teknik cara SEO yang benar bisa membuat tulisanku muncul di tampilan pertama google. Bagiku ini adalah sebuah bonus yang aku dapatkan setelah setahun ngeblog. Sungguh suatu pencapaian yang tidak disangka-sangka. Dari sedikit tulisan yang telah aku posting di sini, ada beberapa tulisan saja yang sudah muncul di page one.

Dapat Uang

Katanya dari blog kita bisa mendapatkan uang. Entah itu dari Adsense, kerja sama,  ataupun cara yang lainnya. Sudah banyak blogger lain yang bisa meraup keuntungan dari blogger. Bisa dibilang mereka telah sukses dan mendapatkan banyak uang dari blog. Siapa sangka, yang awalnya hanya menulis di sebuah blog pada khirnya berujung sukses dan mendapatkan banyak uang. Aku yang masih baru di dunia blog, mengiyakan hal itu bisa terjadi. Tapi memang tujuan pertamaku ada di sini bukan karena uang. Aku hanya ingin berbagi.

Satu bulan yang lalu, ada sebuah pesan masuk ke emailku. Pesan tersebut menawarkan kerja sama kepadaku untuk bisa memposting tulisannya di blogku. Awalnya aku sempat gak percaya dengan tawaran ini, masih ragu. Terus aku cek di google nama perusaan yang mengajakku bekerja sama ini. ku temukan informasi. Aku yang baru pertama kali mendapatkan tawaran seperti ini tak langsung mengiyakan tawaran ini. Coba aku tanyakan terlebih dahulu tentang dari mana dan apa tentang mereka. Ternyata yang menawariku ini adalah sebuah agensi desain grafis yang berada di Indonesia. 

Setelah cukup mendapatkan informasi, akhirnya aku pun menyetujui kerja sama ini. Dan aku memposting tulisan mereka di blog ini. Sampai di sini, aku masih bingung dari mana mereka bisa tau tentang blogku ini. Traffic harian yang masih sedikit membuatku sulit untuk percaya.

Harapan di 2021

Tahun 2020 sudah berakhir, saatnya kita menghadapi tahun yang baru dengan semangat yang baru juga. Dari pengalamanku ngeblog di tahun ini, semoga tahun 2021 ini aku semakin semangat untuk menulis di sini. Pengen sih rasanya bisa nulis seminggu sekali, jadi dalam sebulan ada 4 postingan. Aku gak tau akan kemana arah blogku ini tahun besok. Aku hanya bisa menulis secara acak tentang apapun yang ingin aku bagikan melalui platform blogger ini. Yang paling penting aku harus tetap konsisten nulis. Semangat!

Related Posts
Dede Sandi Rahmat
Menuangkan apa saja yang ingin dituangkan ke dalam tulisan

Related Posts

22 comments

  1. Mantap๐Ÿ‘semangat terus๐Ÿ’ช

    ReplyDelete
  2. Woaa pantes pas aku main lagi ke blog mas Dede kelihatan lebih fresh. Template-nya cakep nih mas.

    Selamat ya postingannya nggak cuma masuk di page one Google, tapi juga dijadikan referensi oleh Google. Keren!

    Selamat juga untuk perjalanannya ngeblognya. Semoga tetap semangat. Mas Dede termasuk salah satu kawan blogger aku yang bikin aku rajin blogwalking. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, makasih banyak, kak. Begitu juga sebaliknya, aku menjadikan blog kak dini sebagai daftar blogwalking yang membuat aku rajin baca-baca tentang cerita perjalanan yg seru dan membuat aku selalu ingin mencobanya hehe

      Delete
  3. Ini baru oke template nya kang, memang template premium sama yang gratis beda ya, yang bayar lebih oke tampilannya.

    Kalo aku penginnya ngeblog biar dapat penghasilan tahun ini, tapi sepertinya agak susah karena pendapatan adsense kecil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum aja kali, mas. Nanti juga besar pendapannya. Tetap semangat ngeblog!

      Delete
    2. Iya sih, mudah-mudahan nanti pendapatan tambah besar biar makin semangat ngeblog.

      Delete
  4. tahun 2020 ini aku lebih banyak hiatus nulis. selain karena banyak kerjaan yang sampe bikin kesehatan terganggu. aku justru lebih sibuk ngurus website orang ketimbang website sendiri. dari ceritanya sih aku jadi termotivasi, mudah mudahan tahun ini bisa konsisten. maafkan aku blog ku...kamu sering aku cuekin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga aja jadi makin rajin nulisnya, mba hehe. Ditunggu postingan terbarunya

      Delete
  5. Kak Dede keren banget pencapaian-pencapaian di dalam tahun 2020nya ๐Ÿคฉ sampai dijadikan artikel referensi oleh Google. Keren banget!
    Template yang sekarang dipakai juga bagus~ sayangnya, aku baru mampir ke sini saat Kakak udah ganti template jadi nggak bisa membandingkan dengan yang lama ๐Ÿ˜‚
    Semoga di tahun 2021 semakin banyak pencapaian besar dalam dunia blog untuk Kakak ya ๐Ÿ™๐Ÿป๐Ÿ™๐Ÿป๐Ÿ™๐Ÿป

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya makanya, sampai sekarang masih gak nyangka duh.
      Iya kak, Terima kasih ๐Ÿ™

      Delete
  6. template photonik bagus ya, serasa tampilannya kayak laman majalah digital..soalnya foto ilustrasi tuk blognya kelihatan besar..bagus..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya cocok untuk yang suka fotografi. Awalnya aku juga menggunakan template itu karena hobi foto.

      Delete
  7. Semuanya dimulai dari nol ya kang hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih. Yang penting kalo udah mentok jangan lupa untuk rebahan dulu ๐Ÿ˜…

      Delete
  8. Semoga tetap semangat lagi ngeblognya kang, sukses selalu yak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. lagi dibangun terus semngatnya, mas. Terima kasih sudah berkunjung, salam kenal

      Delete
  9. Saya punya dua blog
    Dan semakin kesini
    Semangat menulis jadi turun drastis
    Maka saya mengadu nasib di YouTube
    Dan kayaknya lebih punya peluang menghasilkan uang
    Soal domain, justru kini saya suka yang gratisan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kadang saya juga seperti itu. saya juga sebenarnya ada youtube, tapi sudah lama gak pernah diisi konten lagi. sepertinya kebanyakan orang lebih suka nonton daripada membaca, karena menonton dianggap lebih mudah dan juga ada visualnya.

      Delete
  10. KWEREEENNN!!! Sama sih ama saia, baru mulai lagi (dan lagi *duh ilah :'v).
    Tapi emang keliatan banget seriusnya, domainnya berubah dan templatenya beda. Ke sini kayak ada perasaan beda.. tapi apa.. eh iya templatenya :v.
    Anyway, sukses terus ya mas! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gak berasa, domain udah mau expired juga haha

      Delete