bqiqdHcLSyDe1e7rIy6MJVhY5drRA6OxKKstSzTb
Bookmark

Ketika Sepak Bola Mempersatukan Kita - CANBALEG FC

Selain menjadi olahraga yang paling banyak diminati di seluruh dunia, sepak bola adalah salah satu olahraga yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak, selama ini sepak bola telah menjadi tontonan olahraga favorit di Indonesia. Dengan adanya pertandingan sepak bola, secara tidak langsung, warga masyarakat telah mendapatkan hiburan sederhana. Contohnya saja, jika ada pertandingan sepak bola dimanapun itu, pasti penontonnya akan selalu ramai untuk menyaksikan. Itu adalah bukti bahwa di negeri ini sepakbola adalah salah satu olahraga yang peminatnya paling banyak. Sepak bola bisa mempersatukan kita semua.

Sebagai anak rantau yang tinggal jauh dari kampung halaman, kadang untuk bertemu atau berkumpul dengan kawan yang berasal dari daerah yang sama biasanya cukup sulit. Apalagi jika niat berjumpa tanpa ada tujuan yang jelas, biasanya akan susah. Terkadang ada rasa ingin kumpul dengan kawan-kawan dari kampung yang kebetulan sedang merantau juga di satu daerah yang sama, namun tidak semudah itu untuk mewujudkannya. Tidak seperti dulu saat di kampung, sangat mudah sekali untuk bisa berkumpul, kini semuanya sudah mempunyai kesibukan masing-masing. Tapi meskipun begitu, tali silaturahim haruslah tetap terjaga dan jangan pernah putus.

Disini lah keunggulan sepak bola sangat berperan bagi kami para anak rantau. Aku yang sejak kecil sudah suka  sepak bola, akan mencoba mempersatukan kembali kebersamaan bersama kawanku dengan sepak bola. Kawanku yang berada di tempat rantau dekat daerahku tinggal lumayan banyak. Jika disatukan, bisa menjadi beberapa tim sepak bola. Aku berencana untuk membuat sebuah tim sepak bola dengan beranggotakan kawan-kawanku yang dari kampunng yang juga kebanyakan suka bermain sepak bola. 

Sebenarnya ide ini muncul awalnya bukan dariku, dari kawanku yang memang kesehariannya biasa dengan sepak bola. Kawanku ini hampir setiap akhir pekan selalu ikut pertandingan bola bersama dengan kawannya yang dia kenal di perantauan. Di suatu hari, dia mencoba mengajakku untuk ikut serta, namun aku belum bisa ikut karena sudah lama juga tidak pernah sepak bola lagi. Selain itu, aku juga tidak mempunyai sepatu sepak bola, hanya ada sepatu futsal lama yang sudah jarang aku pakai.

Untuk bisa sepak bola di kota, tidak semudah melakukannya seperti saat di kampung. Lapangan di sini kebanyakan tidak semuanya bisa digunakan begitu saja. Kebanyakan lapangan di sini jika ingin menggunakannya harus berbayar alias tidak gratis. Dan tentunya harganya tidaklah murah untuk kami yang di sini hanya bekerja.

Futsal

Awalnya sepak bola masih menjadi kendala karena masalah waktu, pemain dan lapangan, jadi aku memutuskan untuk mencoba bermain Futsal terlebih dahulu. Kebetulan saat itu orang yang tinggal kost bersamaku adalah orang-orang yang suka bola dan berjumlah sekiranya cukup untuk satu tim futsal.

Aku dan beberapa kawanku yang juga sama dari Cianjur mencoba untuk bermain futsal di lapangan yang terletak tidak jauh dari tempat tinggalku. Salah satu kawanku mengajak temannya yang kebetulan suka main dan bisa dibilang cukup mahir dalam bermain futsal untuk ikut bermain bersama dengan kami. Pertandingan pertama pun kita mulai dengan bermain fun saja, seru-seruan bersama kawan yang perting keluar keringat.

Berawal dari yang pertama itu, selanjutnya kami melakukannya lagi di minggu selanjutnya. Yang awalnya hanya kita-kita saja yang main, kini kami juga main melawan tim lain yang mengajak untuk bertanding. Tak lupa, aku juga mengajak kawanku yang lain untuk ikut serta bermain bersama.

Tujuan awalnya aku hanya ingin aktif olahraga lagi dan juga bisa sering berkumpul dengan kawanku yang lain dengan media bola. Dan benar saja, hal itu bisa terwujud. Bermain seminggu sekali juga sudah cukup rasanya untuk bisa mengumpulkan mereka di lapangan. Biasanya semuanya akan bisa hadir jika pertandingan dilakukan di akhir pekan saat libur kerja. Maka dari itu, setiap malam minggu kami rutinkan jadwal untuk bermain futsal bersama. Kawan yang jauh juga biasanya bisa datang untuk ikut serta, apalagi yang dekat pasti tidak pernah absen untuk selalu hadir.

Tidak ada nama tim, tidak ada jersey seragam yang kami kenakan. Kami hanya bermain saja tanpa memikirkan hal tersebut, yang terpenting adalah bisa berkumpul kembali di lapangan. 

Meskipun kami hanyalah anak kampung yang sebenarnya tidak terlalu begitu sering bermain futsal, beberapa kali kami bisa mengalahkan tim futsal lokal yang berada di sini. Rasa bangga pun ada dalam diri bisa bermain seperti ini. Ya meskipun tidak selalu menang, karena kami yakin tidak ada kemenangan yang abadi. Kemenangan bukan tujuan utamanya, yang terpenting adalah kebersamaannya.

Rencana Bikin Jersey

Karena dirasa makin hari makin banyak juga kawanku dari Cianjur yang ikut olahraga ini, akhirnya aku berencana untuk membuat sebuah jersey agar saat main melawan tim lain, kita punya keseragaman baju dan juga punya ciri khas sendiri yang beda dari tim lain. 

Malam itu, aku mulai membuat desain jersey yang akan dibuat untuk tim futsal. Aku ingin jersey yang dibuat ini berbeda dengan yang lain dan memiliki desain yang unik. Seperti saat hendak akan membuat desain grafis lain yang akan aku buat, aku mencari referensi terlebih dahulu di Pinterest. Aku ingin desain yang aku gunakan nanti adalah sebuah jersey yang klasik. Mulailah aku mencari desain jersey retro yang ada di sana. 

Setelah menemukan beberapa referensi yang aku pin di Pinterest, mulai lah aku membuat desain jersey dengan cara menggabungkan beberapa desain yang aku temukan. Bagiku cara ini adalah cara yang sangat bermanfaat sekali untuk membuat sebuah desain. Melihat dulu beberapa desain yang di buat oleh orang lain dan melakukan modifikasi yang tentunya tidak melanggar hak cipata dari desain orang lain.

Bingung Pilih Nama

Tidak mudah ternyata untuk membuat sebuah desain yang tentunya beda dari yang lain, aku membutuhkan beberpa hari untuk membuatnya. Uniknya lagi, ketika desain jersey sudah ada, yang belum ada malah nama tim dan juga logo. Jadi jersey yang aku buat masih tanpa nama dan logo. Dari sini, aku dibingungkan lagi untuk menggunakan nama apa yang akan dijadikan nama tim. Aku dan kawanku saling bertukar pikiran untuk menemukan sebuah nama untuk tim kami. Meskipun tim dihuni oleh orang-orang yang berasal dari Cianjur, aku enggan untuk menggunakan nama yang ada embel-embel Cianjur nya. Bagiku nama tersebut akan terlalu berat jika menggunakan nama daerah asal kami. 

Selain ingin menggunakan jersey dengan desain yang beda, aku juga ingin nama dari tim juga tidak terlalu keren, tetap ingin unik dan beda. Tidak ingin ada bahasa Inggris juga tentunya, jika bisa harus dengan Bahasa Sunda sesuai dengan orang-orang di dalamnya yang berasal dari tanah sunda.

Beberapa kawanku berkali-kali memberi masukan untuk nama tim yang akan digunakan, tapi semuanya tidak ada yang cocok. Sampai akhirnya aku menemukan sebuah nama yang unik untuk tim ini, Canbalég. Nama ini muncul dikepalaku karena nama tim tak kunjung aku temukan. Awalnya aku berpikir bahwa kita adalah tim yang baru terbentuk dan juga untuk permainan juga tidak begitu bagus, jadi masih banyak kurangnya. Maka dari itu, kata Canbalég ini muncul dalam benakku untuk aku jadikan nama tim. Jika diartkan ke dalam bahasa Indonesia bahwa arti kata Canbalég ini adalah belum benar atau belum bisa. Ini aku lihat dari permainan kami yang masih biasa saja. Nama seperti ini yang ingin aku gunakan, tidak berekspektasi tinggi tapi siap berproses untuk membuktikan hasil.

Untuk masalah logo, bukan hal sulit untuk aku buat. Seperti nama dan jersey yang ingin mempunyai desain unik, maka logo pun aku buat dengan tampilan sederhana. Meskipun nantinya ini akan dijadikan logo tim bola, tapi aku enggan menambahkan gambar bola di dalamnya. 

Akhirnya Punya Jersey

Nama dan logo sudah ada, desain jersey juga sudah siap, dan juga kawan-kawan lain juga sudah setuju dengan semuanya, kini saatnya mencari vendor untuk membuat jersey tersebut. Untungnya aku punya kenalan teman yang kesehariannya bekerja membuat jersey. Dia adalah salah teman sekolahku dulu. Tanpa pikir panjang lagi aku langsung menghubunginya untuk membuat jersey di tempat dia bekerja. Aku memilih tempat pembuatan jersey di temanku ini bukan tanpa pertimbangan, semuanya sudah dipikirkan sebelumnya. Selain karena harga pembuatan jersey yang tidak terlalu mahal, aku memilih vendor ini karena pembuatannya dilakukan masih dari Cianjur. Secara tidak langsung mendukung usaha lokal. Berbagai desain yang diperlukan segera aku kirim setelah semua dana untuk pembuatan jersey terkumpul. Lebih dari 25 pasang jersey dibuat di pembuatan pertama ini. 

Hanya butuh waktu sekitar 1 minggu saja untuk pembuatan jersey. Waktu yang lumayan cepat untuk pembuatan jersey. Entah karena aku bikin di tempat temanku atau gimana, yang jelas ini sangat cepat. Jersey yang dibuat sesuai dengan desain yang aku berikan. Mulai dari warnanya yang sama persis dengan warna yang aku gunakan. Untuk bahannya lumayan bagus sekelas jersey dengan budget dibawah angka 150 ribuan.

jersey CANBALÉG FC

Kini, setiap kali bermain futsal, jersey ini selalu digunakan agar ada keseragaman antar pemain. Tak jarang juga ketika berada di lapangan terdengar orang lain yang membicarakan jersey yang kami kenakan karena mempunya desain yang beda dari yang kebanyakan di gunakan di lapangan tempat kami bermain futsal. Karena jersey ini juga, kami jadi gampang dikenali oleh penjaga lapangan futsal karena melihat warna jersey yang kami gunakan memang mencolok dan beda. 

Setelah mempunyai jersey, kami jadi lebih semangat untuk futsal. Hampir setiap minggu kami selalu bermain, baik itu internal game atau juga sparing dengan tim lain. Pernah juga mengikuti turnamen futsal yang diadakan di lapangan biasa kami bermain. Sayangnya, kami tidak bisa berbuat banyak di turnamen tersebut, ditambah lagi kualitas permainan tim lain jauh di atas kami, jadi kami harus berlatih lebih keras lagi. Aku mengakui bahwa kualitas futsal anak kota jauh berbeda dengan anak kampung yang basic nya di sepak bola.

Gagal di futsal bukan berarti kami berhenti untuk mecoba. Sempat beberapa kali mengikuti kompetisi pertandingan sepak bola dan hasilnya berbalik dengan saat ikut kompetisi futsal. 2x kami mendapat juara 1 di sepak bola. Pertanda memang kami lebih cocok di sepak bola daripada di futsal. Meskipun begitu, keduanya tetap harus terus berjalan. Bukan untuk selalu menang, tapi untuk terus bisa menjaga tali persaudaraan diantara kita agar tetap erat ketika berada di perantauan. 

Begitu hebatnya sepak bola, salah satu olahraga yang bisa menyatukan kita semua. 

Di halaman terakhir, aku akan menuliskan lebih detail tentang CANBALÉG FC. Untuk kamu yang ingin mengetahui lebih lanjut, silahkan dibaca ya.

CANBALEG FC
  • Sejarah
  • Pertandingan
  • Galeri
  • Media Sosial
  • Kontak

CANBALÉG FC

CANBALÉG adalah sebuah perkumpulan orang yang suka sepak bola yang terbentuk di Bekasi, 03 Maret 2023. Dibuat untuk mempersatukan anak rantau Cianjur yang berada di Jabodetabek agar bisa berkumpul bersama menggunakan media sepak bola. 

Awalnya terbentuk karena sebuah tim futsal dengan berisikan para pemain asli Cianjur Selatan. Meskipun awalnya dibuat dengan berisikan pemain asal Cianjur, kini sudah ada juga beberapa orang luar Cianjur yang ikut bergabung. Biasanya pemain adalah teman dari teman yang ikut bergabung dan itu tidak menjadi masalah, sah-sah saja. 

Nama CANBALÉG sendiri diambil dari Bahasa Sunda. Can atau Acan yang artinya Belum dan Balég yang artinya Benar.  Jadi, arti kata CANBALÉG adalah Belum benar atau belum bisa. Kata ini diambil dari kemampuan tim yang masih harus banyak belajar dalam bermain sepak bola. Selain itu, kata ini juga digunakan agar nama tidak terlalu memberikan eskpektasi yang tinggi tapi hasilnya tidak sesuai dengan nama. Nama ingin terlihat biasa saja tapi tetap terus berproses dan memeberikan bukti nyata dalam bermain. 

Jika di logo CANBALÉG tidak ditemukan ikon bola, itu adalah sengaja dibuat. Ini dibuat agar logo terlihat unik dan beda. Gambar yang digunakan di logo adalah 3 kebiasaan yang biasa digunakan untuk berkumpul bersama sebelum akhirnya sepak bola akhirnya mempersatukan semuanya. Yang biasanya hanya bisa kumpul saat Ngaliwet (makan-makan), bermain game, dan juga bakar-bakar atau juga camping bersama. Jika dihubungkan, jelas di logo ini tidak ada kaitannya sama sekali dengan sepak bola. Intinya adalah kebersamaan.

Dengan adanya CANBALÉG ini, harapannya bisa menjadi wadah untuk terus menjaga tali silaturahim antar sesama anak perantauan Cianjur khususnya dan anak Sunda lain, baik itu yang berada di Bekasi ataupun juga yang berada di Jabodetabek.

Sampai saat tulisan ini dibuat, berikut adalah beberapa pertandingan yang pernah CANBALÉG ikuti.

NO WAKTU TEMPAT PERTANDINGAN PRESTASI
1 15 APRIL 2023 GANDA AGUNG SPORTS SIXFEO SPESIALIS FUN CUP JUARA 1
2 28 MEI 2023 TOWN FUTSAL LA ESPORTIU CUP -
3 26 AGUSTUS 2023 AYAH SEXY ARENA FOURFEO AYAH SEXY JUARA 1
4 12 NOVEMBER 2023 AYAH SEXY ARENA 2 MINI SOCCER TOURNAMENT -
5 17 DESEMBER 2023 AYAH SEXY ARENA 1 EIGHTFEO FOOTBALL JUARA 1
6 28 JANUARI 2024 AYAH SEXY ARENA 1 FOURFEO FUN FOOTBALL -
7 3 FEBRUARI 2024 AYAH SEXY ARENA 2 FOURFEO MINI SOCCER AYAH SEXY JUARA 1

Media sosial yang digunakan hanya ada satu yaitu Instagram. Silahkan kunjungi akun instagram untuk melihat berbagai aktivitas yang dibagikan.

Bagi kamu yang ingin logo usahanya terpasang di Jersey CANBALÉG FC, kami terbuka untuk sponsor yang ingin bekerja sama. Silahkan menghubungi kontak di bawah ini:

Email          : canbalegfc@gmail.com

No Hp         : 0858 6453 8055

Instagram    : @canbaleg

Post a Comment

Post a Comment