Cara Membuat Animasi Tombol Subscribe YouTube - KineMaster

Cara Membuat Animasi Tombol Subscribe YouTube - KineMaster

Pernahkah kalian melihat sebuah animasi subscribe di salah satu video yang kalian tonton di YouTube? Mungkin banyak dari kalian yang bertanya-tanya, tentang bagaimana cara agar bisa membuat tombol subscribe di video yang akan diunggah ke Channel YouTube. Banyak kita lihat di kebanyakan video dari Youtubers di negeri ini, yang menggunakan animasi tombol subscribe seperti ini. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tutorial Cara Membuat Animasi Tombol Subscribe YouTube di KineMaster. Cara yang akan saya bagikan di sini adalah cara yang mudah untuk dilakukan oleh kalian. Oke langsung saja ke tutorialnya.


Sebelum lanjut ke tutorialnya, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu.
  1. Aplikasi edit video, yaitu KineMaster. Download di sini
  2. Foto Profil Channel YouTube
  3. Template animasi Subscribe
Di sini ada 2 template yang akan saya bagikan. Pertama yang warna Hijau dan kedua warna Biru. Perlu diketahui, kalian bisa memilih salah satu dari yang dua tersebut. Cara memilihnya ditentukan dari warna foto profil yang akan kalian gunakan nanti. Perlu digaris bawahi, jika kalian menggunakan foto yang ada unsur warna hijaunya, maka pilih template warna Biru. Dan jika kalian menggunakan foto yang tidak ada unsur warna hijaunya, maka silahkan pilih template warna hijau. Berikut adalah link downloadnya



Setelah ketiganya siap, sekarang saatnya masuk ke tutorialnya.
Langkah pertama, seperti biasa untuk membuat tutorial ini menjadi lebih santai dan tidak terburu-buru pastinya, siapkan secangkir kopi terebih dahulu. Karena dengan secangkir kopi bisa membuat kita tenang dan rileks tentunya. 

  1. Buka aplikasi KineMaster dan buat projek baru dengan rasio 16:9

  2. Masukkan template yang telah kita download tadi dengan cara pilih Media >pilih folder dimana file download tadi tersimpan >klik ok (logo centang)
  3. Sekarang masukkan foto profil yang tadi sudah disiapkan. Caranya masuk ke Lapisan >Media >pilih foto profil >ok dan foto profil akan muncul ke timeline
  4. Di sini kita harus mengubah terlebh dahulu bentuk foto profil kalian dari persegi panjang/kotak menjadi bentuk lingkaran. Caranya, klik foto >pilih Pemangkasan >Topeng >Bentuk, lalu pilih lingkaran, setelah itu geser sikunya untuk membuat foto terlihat menjadi lingkaran sempurna. setelah itu klik ok
  5. Atur ukuran foto seperti gambar di bawah ini
  6. Langkah selanjutnya, kita akan memasukkan judul Channel kita. Caranya masuk ke Lapisan >Teks >Tuliskan nama channel kalian. Setelah itu atur seperti gambar di bawah ini.
  7. Selanjutnya, sekarang kita tambahkan deskripsi atau slogan dari channel kalian. Caranya sama seperti saat membuat Nama channel. Tempatkan deskripsi di bawah Nama Channel. 
  8. Tambahkan animasi masuk dan keluar di Foto, Judul dan deskripsi yang telah dibuat. Caranya dilakukan satu persatu. Klik Foto >Animasi masuk> Geser ke atas >pilih waktunya di 0.4 >ok. 
  9. Sekarang atur animasi keluarnya. Klik foto >animasi keluar >Turunkan >pilih waktunya di 0.4 >ok. Lakukan cara ini untuk Judul Channel dan Deskripsi.
  10. Arahkan template yang warna hijau ke detik 0.5 dan geser satu per satu foto, judul, dan deskripsi ke detik tersebut. 
  11. Selanjutnya, di akhir potong durasi foto, dan teks yang tadi dibuat agar sesuai. caranya, arahkan template ke posisi akhir, lalu pilih salah satu dari yang tiga tadi foto dan teks, klik dan pilih logo gunting lalu pilih potong ke kanan. Lakukan cara ini di teks juga.
  12. Jika sudah dirasa cukup, silahkan simpan video tersebut dengan cara klik ikon bagikan dan ekspor.
Maka hasil videonya akan seperti ini


Untuk cara memasukkan animasi ini ke video bisa klik di sini, atau bisa juga tonton video di bawah ini


Oke, sampai di sini dulu tutorial kali ini. Semoga dapat bermanfaat untuk semuanya, selamat mencoba dan sampai jumpa di tutorial selanjutnya.

Jika ada yang kurang dimengerti dari tutorial ini, silahkan tinggalkan pertanyaan di kolom komentar.

No comments:

Post a comment