bqiqdHcLSyDe1e7rIy6MJVhY5drRA6OxKKstSzTb

Review by.U - Provider Serba Digital Pertama di Indonesia

Nampaknya sekarang banyak teman-temanku yang menggunakan sebuah provider baru keluaran Telkomsel, yang semuanya serba digital. Nama provider baru ini adalah by.U. Bagiku, provider yang satu ini memiliki banyak keunikan dan perbedaan dari provider terdahlu lainnya. Awalnya, ada satu temanku yang menggunakan by.U lebih dulu. Aku yang penasaran pun langsung bertanya kepadanya, bagaimana tanggapan temanku ini selama dia menggunakan by.U, ternyata temanku cukup puas selama ini dengan pelayanan dari provider by.U ini.

Mendengar cerita dari seorang teman yang sudah menggunakan by.U lebih dulu, akupun jadi tertarik juga untuk menggunakannya dan meninggalkan provider lamaku yang sebelumnya telah aku gunakan selama dua tahun belakangan ini. Menurutku, by.U bisa menjadi pilihanku selanjutnya agar tetap bisa akses internet dimana pun dengan mudah dan cepat tentunya. Gak usah diceritakan lah ya tentang pengalamanku menggunakan provider lamaku. Kali ini, aku hanya akan membagikan pengalamanku selama satu bulan ini menggunakan provider by.U.

Review by.U

Bulan lalu, di awal bulan juli, saat kuota internet dari provider lamaku sudah mau habis, dengan banyak mempertimbangkan perpindahan ini, akhirnya aku putuskan untuk pindah provider. Sebelumnya, aku sempat bertanya-tenya kepada temanku yang telah menggunakan by.U terlebih dahulu. Aku menanyakan cara membeli kartu by.U. Temanku membitahuku jika aku ingin membeli kartu ini maka harus download aplikasinya dulu. "lah, kok beli kartu SIM harus download aplikasi dulu, sih? ribet banget". 


Dari sini, aku sudah merasakan perbedaan dan keunikan provider satu ini. Untuk bisa mendapatkan kartu SIM by.U, ada beberapa tahapan yang harus aku lakukan. Tahapan-tahapan ini akan aku jabarkan di tulisan ini satu persatu.

Apa itu by.U?

by.U adalah sebuah provider digital pertama di Indonesia yang membebaskan penggunanya dalam memilih kuota, topping kuota, nomor handphone, mendapatkan SIM card, dan cara membayar dalam satu aplikasi saja. Hal ini sesuai dengan motto by.U yakni "Semuanya Semaunya".

Cara mendapatkan kartu by.U

1. Download Aplikasinya


Untuk bisa mendapatkan kartu by.U, harus install terlebih dahulu aplikasinya. Aplikasi by.U ini sudah tersedia di play store dan juga app store. Dengan begitu bisa dengan mudah menginstallnya di handphone. Di bagian sini, aku sudah merasakan perbedaan antara provider sebelumnya yang pernah aku gunakan dengan by.U ini. Untuk mendapatkan kartu pun harus seribet ini, download aplikasi dulu. Tapi inilah bedanya by.U dengan provider lain. by.U menginginkan semuanya dilakukan secara digital.

2. Pilih Paket Utama

Langkah selanjutnya, di halaman berikutnya aku disuruh pilih paket internet. Ada beberapa pilihan paket yang bisa dipilih dengan berbagai harga, jangka waktu dan juga banyaknya kuota. Saat itu aku memilih paket internet yang 23 GB dengan harga Rp. 100.000 dengan masa aktif 30 hari.

3. Pilih Pulsa dan Toping (opsional)


Tidak sampai di situ saja, di halaman berikutnya, aku juga ditawari untuk mengisi pulsa sekalian dan juga membeli toping. Di halaman ini, aku membeli pulsa Rp. 50.000 dengan maksud agar memudahkan saja saat nanti ingin membeli toping. Jadi beli topingnya bisa dibayar menggunakan pulsa. Oh iya, untuk kamu yang belum mengerti tentang menu toping ini, akan aku jelaskan sedikit ya. Jadi toping itu adalah kuota internet khusus untuk aplikasi tertentu. Dengan membeli toping, kuota utama kamu akan tetap aman jika kamu menggunakan aplikasi yang kamu beli topingnya.

Contohnya kamu membeli toping Instagram, maka selama kamu menggunakan Instagram, kuota yang diambil bukan dari kuota utama melainkan dari toping Instagram. Jadi, kuota utama tetap aman. Untuk mengetahui tentang kuota internet apa saja dan juga toping apa saja yang sekarang tersedia di by.U, kamu bisa mengeceknya di sini

4. Daftar akun


Setelah proses instalasi dan juga pemilihan paket data selesai, aku harus daftar terlebih dahulu. Cara daftarnya pun cukup mudah, ada dua opsi yang bisa aku gunakan untuk bisa mendaftar by.U. Pertama, aku bisa daftar lewat akun Google dan yang kedua bisa juga menggunakan akun Facebook. Karena email akun Google dan akun facebookku sama, jadi aku memilih daftar menggunakan akun Facebook.
 Ini bukan tanpa alasan ya, aku sebelumnya memilih daftar menggunakan akun Google, tapi beberapa kali mencoba gagal terus dan yang bisa hanya menggunakan Facebook. Aku sih gak tau itu karena sedang ada gangguan atau bagaimana.

5. Pilih nomor

Pada tahap ini, akan muncul 5 nomor yang bisa dipilih salah satunya. By.U memberikan kebebasan kepada penggunanya untuk menentukan sendiri nomor yang akan digunakan. Aku memilih salah satu nomor yang biasa saja. Soalnya gak ada nomor yang cantik. Jika kamu mendapatkan daftar nomor yang kurang cocok, kamu bisa menunggu sekitar 5 menit agar nomornya diperbaharui lagi dengan nomor baru lainnya.

6. Metode Pengiriman


Karena by.U semuanya ingin serba digital, maka SIM card yang akan dibeli bisa diantar langsung ke rumah dengan gratis. Proses ini tentunya sangat memudahkan kita sehingga tidak perlu pergi keluar rumah untuk bisa mendapatkan kartu SIM by.U. Ada dua metode pengiriman yang bisa digunakan. 
  1. Antar ke rumah
    Dengan menggunakan metode pengiriman ini, maka SIM card akan diantar langsung ke rumah dengan biaya ongkir gratis alias tanpa bayaran sedikitpun. Menurut informasi yang aku dapatkan, ini hanya berlaku untuk pengiriman ke daerah pulau Jawa saja. Paket SIM card akan dikirim via JNE

  2. Ambil Paket
    Selain paket diantar ke rumah langsung, bisa juga menggunakan metode yang kedua yaitu, ambil paket. Untuk metode ambil paket ini, by.U bekerjasama dengan Indomaret yang memiliki sistem Indopaket. Ya, intinya sama seperti jasa pengiriman lainnya pokoknya si Indopaket ini.

    Aku pun mencoba menggunakan metode yang kedua ini, ambil paket. Biaya ambil paket pun ternyata sama dengan metode pengiriman yang pertama, Gratiiiiis. Dengan menggunakan metode ambil paket ini, maka SIM card by.U akan dikirimkan ke Indomaret terlebih dahulu, selanjutnya nanti aku akan mengambil paketnya di Indomaret.

    Jika paket sudah sampai, akan ada notifikasi di email atau juga di aplikasi by.U yang memeberitahukan bahwa paket sudah sampai di Indomaret tujuan. Untuk bisa mnegambil paketnya di Indomaret, aku harus memberikan PIN yang diberikan di aplikasi by.U sebagai syarat pengambilan paket di Indomaret. Tunjukan PIN saat kasir memintanya untuk verifikasi pengambilan paket. Agar tidak terjadi sesuatu yan tidak diinginkan,  jangan sekali-kali memberitahukan PIN ini kepada siapapun kecuali saat kasir memintanya ketika verifikasi.

    Cukup unik juga ya pengambilan paket di Indomaret. Mungkin ini adalah cara yang digunakan Indopaket agar paket konsumennya tetap terjaga dan aman. Hanya orang yang mendapat dan mempunyai PIN lah yang bisa mengambil paketnya di Indomaret. Tidak hanya ambil paket, ternyata di Indomaret juga bisa untuk kirim paket.

7. Alamat Pengiriman

Di halaman berikutnya lagi, aku disuruh untuk mengisi data alamat yang akan digunakan untuk mengirim SIM card by.U. Jika di metode pengiriman aku menggunakan "Antar ke Rumah", maka aku akan mengisinya dengan alamat rumah. Tapi aku memilih menggunakan metode jemput paket, jadi aku hanya memilih toko Indomaret yang terdekat dengan rumah. Jika kamu menggunakan metode pengiriman yang sama denganku, hati-hati dalam memilih toko Indomaretnya, takutnya salah pilih toko.

8. Metode Pembayaran

Karena by.U mengusung semuanya ingin dilakukan serba digital, maka kebanyakan metode pembayarannya pun menggunakan aplikasi pembayaran digital seperti, LinkAja, GoPay, OVO dan juga Dana. Selain itu, kamu juga bisa membayar lewat Kartu kredit dan Indomaret. 

Apa saja yang didapatkan?

Ternyata tidak harus menunggu lama untuk bisa menerima paket SIM card by.U ini sampai. Hanya butuh waktu 1 har saja, maka SIM card pesananku sudah sampai di Indomaret tujuan. Aku langsung mengambilnya ke sana. 

Paket yang dikirimkan by.U ini tidak dibungkus apapun ya, tidak seperti saat kita membeli barang saat belanja online,  hanya terbungkus menggunakan plastik Indopaket. Di bagian depan, ada sebuah tulisan "by.U" dengan warna putih. Kemasan dari SIM Card nya pun cukup bagus dengan menampilkan  warna dasar biru muda dan beberapa coretan warna yang jika diperhatikan seperti membentuk simbol jaringan/signal. Di bagian belakangnya tertempel stiker data penerima yang dipasang oleh Indopaket. 

Sekarang saatnya cek apa saja yang ada di dalam paket ini
  1. SIM Card by.U
    Namanya juga beli kartu SIM, pasti isinya gak mungkin HP dong. Kartu SIM ini sudah memiliki ukuran yang bisa disesuaikan dengan smartphone masa kini.
  2. SIM ejector
    Terdapat 1 SIM ejector yang bermanfaat sekali untuk digunakan saat mengganti SIM card.

Selain itu, dibalik tempat SIM card terdapat sebuah teka-teki yang aku gak tahu sebenarnya untuk apa kegunaannya. Mungkin untuk hiburan aja kayaknya.

Cara Aktivasi SIM Card by.U

Cara Aktivasi by.U

  1. Masukkan SIM card by.U
  2. Pastikan Internet Terhubung ke by.U
  3. Buka Aplikasi by.U dan pilih "Aktifkan SIM"
  4. Masukkan NIK/KTP dan Nomor KK
  5. Registrasi dan Aktivasi Berhasil

Koneksi dan Kecepatan

Karena by.U adalah bagian dari provider Telkomsel yang sudah lama berkiprah di dunia operator seluler, maka untuk kecepatan dan koneksi internet bisa dijamin kelancaran dan juga kecepatannya.

Harga

Menurutku, untuk soal harga di luar sana masih banyak yang lebih murah dari by.U, tapi yang membedakannya adalah kekuatan sinyal dari provider ini. Meskipun yang lain banyak yang lebih murah, terkadang sinyalnya pun biasanya lemah yang berakibat melambatnya kecepatan koneksi internet. Lumayan lah ya harga by.U tidak terlalu mahal dan juga tidak murahan. Bagiku berpindah ke provider by.U adalah keharusan yang harus kulakukan. Sebelum menggunakan provider ini, dalam waktu satu bulan biasanya harus membeli paket data 2x dengan kuota 15Gb, dan harganya pun jauh di atas harga dari by.U.

Toping

Dengan adanya fitur ini, by.U menjadi provider internet yang unik menurutku. Jarang-jarang ada provider yang menawarkan toping seperti ini. Di by.U ini tersedia beberapa toping tentunya dengan harga yang cukup terjangkau ya. Mulai dari toping Instagram, YouTube, WhatsApp, Spotify, Line, Twitter, Facebook dan juga Viu.  Selain itu ada juga toping untuk telpon dan juga roaming. Untungnya menggunakan toping ini, aku bisa lebih irit lagi dalam menggunakan paket data. 
Di aplikasi by.U ini, untuk menikmati toping ini tidak harus menunggu kuota utama habis. Setelah kita membeli toping maka saat menggunakan aplikasi yang dibeli topingnya tadi, kuota yang terpotong adalah kuota dari si toping bukan dari kuota utama. 

Fitur tambahan lain

1. MIXtape


Di dalam aplikasi by.U terdapat fitur tambahan, salah satunya adalah MIXtape. Dengan fitur ini, aku bisa mendengarkan lagu yang diupdate setiap harinya, tentunya dengan update populer terkini.

2. Kode Referral


Fitur terakhir dari aplikasi by.U ini adalah mengundang teman kita untuk menggunakan aplikasi dan juga registrasi by.U. Jika berhasil mengajak satu teman untuk aktivasi SIM card by.U dengan menggunakan kode referalku, maka aku akan mendapatkan kuota sebanyak 2GB dan  temanku juga mendapatkannya. Jika kamu ingin menggunakan provider by.U juga, kamu bisa klik icon download di bawah ini.


Pengalaman 1 bulan menggunakan by.U

Sejauh ini, dalam waktu satu bulan ini bersama dengan by.U, menurutku oke-oke saja, belum ada kendala yang aku rasakan. Karena by.U adalah salah satu provider baru besutan Telkomsel, jadi untuk sinyal nya pun cukup bagus di tempatku saat ini. Internetan cepat, bahkan paket datanya sering aku gunakan untuk tethering ke PC karena di kosan gak ada wifi nya. Yang paling aku membuat kagum sih saat kemarin dibawa pulang ke kampung. Saat pulang kampung ke Cianjur, sinyal dari by.U ini tetap kuat dan internetan lancar tanpa kendala. Biasanya di rumah, beberapa provider yang aku gunakan sebelumnya memiliki sinyal yang kurang bagus, tapi berbeda dengan by.U. 

Itu saja pengalaman pertama satu bulan ini aku menggunakan by.U. Sampai berjumpa kembali di cerita pengalaman pertamaku selanjutnya.
Related Posts
Dede Sandi Rahmat
Menuangkan apa saja yang ingin dituangkan ke dalam tulisan

Related Posts

8 comments

  1. Ternyata asik juga ya
    Saya tahu pertama dari teman, dan saya juga sempat penasaran. Masak iya semurah itu harga kuotanya.
    Saya jadi ingin beli kartu by u nih
    Terimakasih atas berbagi pengalamannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya sih emang murah banget itu. Sinyalnya juga bagus lagi. Jadi gimana, jadi pindah provider? 😁

      Delete
  2. Baca review-review aja dulu, siapa tahu tertarik. Gitu kan yaah..
    Tahu byu dari beberapa influencer yang aku follow di instagram. Mereka juga sempet live bareng byu, terus aku cari tau deh karena penasaran.
    Cuman karena ini masih baru, kayaknya nggak nyoba dulu deh. Masih nyaman sama provider yang sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya juga sih, saya juga biasanya akan seperti itu kalo mau mencoba hal baru. Lihat-lihat review dulu hehe

      Delete
  3. Adekku pakai kartu ini hhahahaha. Katanya, selama ada sinyal telkomsel, aman deh. Tapi aku belum sepenuhnya tertarik, soalnya udah terlanjur punya dua nomor hp

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan lupa kalo mau pake juga pakai referral aku ya haha lumayan 2GB

      Delete
  4. Oh berarti harus install aplikasi dulu, terus pilih paket, ngisi alamat rumah atau Indomaret baru bisa beli kartu By.U ya.

    Menurutku cukup murah sih 23 GB seharga 100 ribu, mana ada paket topping-nya lagi.🙂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya harus install dulu. Sebenarnya bisa juga sih gak install dulu juga pas beli kartu perdananya. Tapi tetep aja nanti pas aktivasi harus dari aplikasinya. Jadi mendingan langsung install aja dari awal

      Selain itu biasanya tiap bulan akan ada paket data yang baru. Contohnya seperti paket data dgn kecepatan 1.5 Mbps untuk 1 bulan. Enak pake yang ini, jadi gak usah beli toping apa-apa lagi. Semua aplikasi bisa tapi dengan kecepatan maksimal 1.5 Mbps.

      Delete