bqiqdHcLSyDe1e7rIy6MJVhY5drRA6OxKKstSzTb
Bookmark

Ngabuburit di Rumah

Ngabuburit di Rumah


Gak terasa ya, puasa udah hari ke keberapa aja. Udah mau setengah perjalanan. Di bulan Ramadhan yang sangat berbeda ini, apakah puasanya lancar-lancar aja atau udah ada yang bocor nih? Oh iya, mengenai bulan ramadhan yang pastinya identik dengan kata Ngabuburit, saya sebagai orang Sunda, baru tahu, kalau Ngabuburit adalah kata pendek dari Ngalantung ngadagoan burit. Jika di bahasa Indonesiakan, "Bersantai menunggu sore". Waktu ini biasanya dari setelah ashar sampai dengan sebelum waktu magrib. Ngabuburit bisa diartikan sebagai kegiatan menunggu waktu berbuka puasa. Bisa dengan jalan-jalan, berburu takjil, atau kegiatan positif lainnya.

Dalam mengisi waktu Ngabuburit ini, hal apa saja yang biasa kamu lakukan di rumah? Ingat, ya! Di saat pandemi seperti ini, jangan dulu Ngabuburit jalan-jalan keluar, di rumah aja. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengisi aktu ngabuburit di rumah. Berikut adalah Kegiatan Ngabuburit di Rumah yang bisa kamu lakukan.

1. Tadarus Al-Qur'an
Sebagaimana kita ketahui, bahwa di bulan yang penuh berkah ini, setiap pahala yang dilakukan akan dibalas dengan pahala berlipat oleh Allah SWT. Tadarus Al-Qur'an bisa menjadi cara pertama atau salah satu kegiatan yang bisa dilakukan saat menunggu waktu berbuka puasa. Apalagi jika di bulan Ramadhan ini memiliki target untuk Khatam atau menyelesaikan membaca Al-Qur'an dalam waktu 30 hari. Kamu bisa menggunakan metode "One Day One Juz" untuk mencapainya.

2. Membaca
Buku adalah sebuah karya tulis yang memiliki banyak ilmu di dalamnya. Dengan membaca buku, pengetahuan akan bertambah luas. Kamu bisa memilih beberapa judul buku yang cocok untuk dibaca saat Ngabuburit, mulai dari buku terbaru dan buku-buku best seller. Bisa juga membaca buku yang berkaitan dengan bulan ramadhan, agar pengetahuan tentang bulan ramadhan dan berpuasa semakin bertambah.

Jika kamu tidak mempunyai buku untuk dibaca atau belum ada buku baru, cara lain yang bisa kamu gunakan adalah membaca tulisan-tulisan yang di tulis oleh para blogger. Kegiatan ini biasanya dinamakan dengan Blogwalking. Sebuah kegiatan mengunjungi blog orang lain dengan maksud untuk membaca artikel yang dibuatnya.

Kegiatan membaca ini bisa berarti luas, tidak hanya membaca buku saja. Di era modern seperti sekarang ini, kamu bisa membaca apa yang ingin dibaca dengan bermodalkan jaringan internet. Kegiatan membaca ini sekarang bisa dilakukan secara online, jadi untuk bisa membaca tidak harus beli buku terlebih dahulu.

3. Menulis
Menulis ternyata adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan. Dengan menulis, kita bisa menuliskan apa yang ingin diceritakan. Selain itu,  kita bisa berbagi banyak informasi kepada orang lain. Apalagi di era seperti sekarang ini yang informasi bisa didapat dengan cepat.

Untuk mencoba menuliskan beberapa cerita dan juga beberapa pengetahuan yang ingin dibagikan, kamu bisa memulainya dengan menuliskan yang ingin disampaikan melalui platform blog seperti Blogger dan Wordpress ataupun yang lainnya.

4. Nonton
Kegiatan ini bisa juga menjadi cara untuk Ngabuburit di dalam rumah. Ada banyak pilihan film yang bisa ditonton sembari menunggu waktu berbuka puasa. Mulai dari film komedi atau religi. Bisa juga sekedar menyaksikan acara di televisi. Biasanya, saat ramadhan ada berbagai acara tv untuk menemani waktu berbuka.

Menonton acara di YouTube juga bisa menjadi salah satu cara untuk tetap bisa ngabuburit meskipun di rumah. Di sini, banyak sekali konten yang bisa kita tonton. Tinggal pilih saja mau yang mana.

5. Mendengarkan Podcast
Jika kamu merasa kurang nyaman atau bosan dengan menyaksikan sebuah video atau membaca, mendengarkan Podcast bisa menjadi alternatif untuk terus mendapatkan informasi yang masih hangat atau sekedar mendengarkan cerita orang lain. Saat ini ada beberapa platform yang bisa digunakan untuk mendengarkan Podcast. Biasanya saya mendengarkan Podcast di aplikasi Spotify. Di sini, terdapat banyak sekali pilihan judul podcast dngan berbagai genre yang bisa kita dengarkan untuk menemani waktu ngabuburit. Jangan lupa siapkan buku catatan untuk menuliskan hal-hal penting yang dibicarakan dalam sebuah Podcast.

6. Bermain Game

Untuk kamu yang hobi bermain game, kegiatan ini bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu ngabuburit. Kamu bisa memilih game yang cocok untuk dimaikan saat sore hari. Bisa juga kamu bermain game secara online dengan teman-teman, atau kata populernya Mabar. Tapi main game nya jangan kelewat waktu, ya. Saat waktu buka puasa tiba, berhenti dulu dan buka puasa dulu, nanti lanjut lagi main gamenya.

7. Mengerjakan Hobi
Setiap orang pasti memiliki hobi yang berbeda. Selama masa Pandemi atau selama di rumah aja, tentunya ada yang sekarang tidak bisa secara bebas menyalurkan hobinya. Karena keterbatasan bersosial. Tapi, untuk kamu yang mempunyai hobi yang bisa dilakukan saat di rumah, kegiatan ini bisa dilakukan sembari menunggu waktu berbuka puasa.

Misalnya, kamu mempunyai hobi fotografi. Meskipun sedang berada di rumah, kamu tetap bisa menyalurkan hobi yang ini. Dengan memanfaatkan set yang ada di rumah, kamu bisa bereksperimen menciptakan sebuah foto yang bagus. Kegiatan kita memang dibatasi, tapi teruslah berkarya tanpa batas.

Itu adalah sebagian kegiatan yang bisa dilakukan untuk menikmati waktu ngabuburit di rumah. Tentunya, masih ada kegiatan bermanfaat lainnya yang bisa kita lakukan saat menunggu waktu berbuka.

Semangat berpuasa!
19 comments

19 comments

  • FB
    FB
    2 July 2020 at 18:13
    wah info yang sangat menarik bisa ngabuburit di rumah

    Daftar FB
    login FB
    facebook
    Download Facebook Lite
    Reply
  • Michael "Dije" David
    Michael "Dije" David
    31 May 2020 at 05:57
    Dengerin musik dari Spotify bole gan :D.

    Selamat Idul Fitri ya! Mohon maaf lahir batin :D.

    Salam kenal :D.
    • Michael "Dije" David
      Dede Sandi Rahmat
      31 May 2020 at 10:21
      Mohon maaf lahir batin juga, gan. Salam kenal kembali
    Reply
  • Dian Hendrianto
    Dian Hendrianto
    30 May 2020 at 12:36
    Kegiatan ngabuburit ya salah satunya emang tadarus sih.. sisany baca buku sama nyari duit haha.

    Btw, salam kenal, orang Cianjur ternyata. \m/
    • Dian Hendrianto
      Dede Sandi Rahmat
      30 May 2020 at 19:30
      Saya dari Cibinong, kang.
      Pengen segera pulkam, kangen mantai haha
    Reply
  • Andrie K
    Andrie K
    23 May 2020 at 03:12
    Wahhhh ngabuburitnya hampir mirip mirip dngan saya dikos nih, saya juga sambil marathon sih.. Marathin nntn anime dan film film tertentu hha :D
    • Andrie K
      Dede Sandi Rahmat
      23 May 2020 at 05:05
      yang penting buaat anak kost ada kuota internet haha
    Reply
  • Nasirullah Sitam
    Nasirullah Sitam
    11 May 2020 at 07:24
    Aku selama ngabuburit lebih banyak tidur dan baca buku. Kadang nonton film, selainnya jarang kulakukan
    • Nasirullah Sitam
      Dede Sandi Rahmat
      11 May 2020 at 13:13
      nonton film "Money Heist", kah? film spanyol yg lagi viral itu.
    Reply
  • Anonymous
    Anonymous
    10 May 2020 at 15:22
    wah berkualitas sekali ngabuburitnya yaa.. semoga berkah dan mendapat pahala berlimpah.. diriku ngapain ya selama ini ngabuburitnya? :D

    -traveler paruh waktu
    • Anonymous
      Dede Sandi Rahmat
      10 May 2020 at 15:28
      Traveling virtual aja lewat google street view 😁✌️
    • Anonymous
      Anonymous
      22 May 2020 at 23:47
      lagi sibuk banyakin bikin artikel yg tertunda dan ngedit video wkwkwk..

      btw abi oge sebagai urang sunda kakara nyaho keneh kepanjangana ngabuburit teh ternyata eta nya.. hahaha..
    • Anonymous
      Dede Sandi Rahmat
      23 May 2020 at 05:20
      kamana waé atuh nya urang téh salila ieu nya haha
    Reply
  • Agung Pushandaka
    Agung Pushandaka
    8 May 2020 at 16:31
    Selamat menjalankan ibadah puasa mas.
    Semoga selalu dalam keadaan sehat.
    Salam kenal.
    • Agung Pushandaka
      Dede Sandi Rahmat
      9 May 2020 at 07:03
      Aamiin, mas. Salam kenal kembali. Terima kasih sudah berkunjung
    Reply
  • hawadys
    hawadys
    7 May 2020 at 04:28
    saya dulu doang bisanya one day one jus, skrg gabisa. gak punya blender.

    tapi kalo lagi di kampung, selalu ikut tadarusan di masjid. abis tarawih sampe menjelang tengah malem. dua juz tiap malem dibaca gantian. sambil belajar memperbaiki tajwid jadinya.

    kalo nonton, saya bingung skrg mau nonton apaan. apalagi sebelum puasa jg udh gak ke mana-mana yg isinya jg nonton film lama. sdgkan anime baru pada kepending.

    main game udh bukan jadi pilihan lagi, apalagi game moba lejen yang dimana saya sangat mudah kesal di dalamnya klo nggak main ama temen-temen, alias tim random. syukur udah uninstall lama dan belum tertarik login lagi. eh, hadiah season kemarin juga belom diklaim.

    nunggu berbuka di nomor 8) Tidur~ iya, kan?
    • hawadys
      Dede Sandi Rahmat
      7 May 2020 at 04:35
      Iya sih emang susah kalo udah hidup di kota tuh. 10 ayat juga susahnya minta ampun. Yang penting sih harus dipaksain aja.

      Tepat sekali, no 8 adalah Rebahan. Satu kegiatan yang sangat disukai dan diminati kaum milenial. Haha
    Reply
  • N Firmansyah
    N Firmansyah
    6 May 2020 at 11:08
    Calon penghuni surga sekali Anda, nomor satu langsung ngaji. Hahahaha. Gue selama bulan puasa ini melakukan kegiatan nomor 2, 3, 4, 5, dan 7. Bukan gamer soalnya. Hahaha. Hiburannya ya nonton atau baca sama ngerjain hobi.
    • N Firmansyah
      Dede Sandi Rahmat
      6 May 2020 at 12:54
      Ya, semoga aja lulus verifikasi dan masuk. amiin

      Gue yakin, kalo no 8 jadi ditulis, pasti ini yang menjadi rutinitas banget haha
    Reply