Cara Sisipkan (Embed) Foto Instagram ke Postingan Blog

Cara Sisipkan (Embed) Foto Instagram ke Postingan Blog

Setiap kali melihat postingan berita di detik.com, saya selalu merasa penasaran ketika  membahas sebuah topik yang menyematkan akun Instagram di postingan beritanya. Saya selalu penasaran bagaimana caranya agar bisa menyematkan akun Instagram di sebuah postingan blog. Daripada hanya menyematkan sebuah link saja, saya pikir menambahkan atau menyematkan akun Instagram lebih terlihat bagus dan beda. 

Ini bukan hal baru di dunia blogger, dari dulu sudah sering saya jumpai di postingan para blogger atau website berita. Namun belakangan ini saya baru penasaran bagaimana cara untuk mencantumkannya di postingan blog. Setelah searching beberapa kali dari beberapa sumber di Google, akhirnya saya dapat info tentang bagaimana cara memasukkan/menyematkan foto dan video Instagram ke blog. Tak ingin info ini berhenti di saya, sepertinya dibagikan ke orang lain melalui blog ini, mungkin akan memberikan manfaat juga kepada orang lain yang mungkin sedang mencari topik yang sama dengan postingan ini.

Jadi, pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi tutorial Cara Menambahkan Foto dan Video Instagram ke Blog pastinya dengan cara yang lebih mudah dan lebih jelas. Untuk lebih jelasnya, ikuti terus postingan ini. Sebelum lanjut ke tutorialnya, saya akan memberikan contoh tampilan akun Instagram yang saya sematkan di postingan blog ini.


Baca juga: Belajar Fotografi di Instagram

Untuk bisa membuat tampilan seperti contoh di atas, ikuti langkah berikut

1. Buka Instagram di browser
2. Cari akun Instagram yang ingin kita sematkan foto nya di blog
3. Pilih salah satu foto dan klik "tiga titik" yang ada di kanan atas dan pilih "sematkan"

4. Copy kode dan paste di postingan blog kalian. 
5. Paste di bagian html ya bukan di compose

6. Setelah itu klik simpan atau publikasikan. Maka akun Instagram kalian akan muncul di postingan blog kalian.

Bonus
Sebagai tambahan, untuk bisa menampilkan posisi postingan instagram menjadi di tengah-tengah postingan, silahkan tambahkan tag <center> di awal dan tambahkan tag </center> di akhir kode yang tadi di salin dari Instagram. Caranya dengan menambahkan teks pembeda di bagian atas dan bawah posting Instagram. Contohnya seperti di bawah ini, saya menambahkan tulisan "batas atas" di bagia atas dan "batas bawah" di bagian bawah. Setelah itu klik HTML di samping compose tempat paste pertama kali kode yang di salin dari Instagram, lalu klik ctrl+f  dan ketikan "batas atas" (tanpa kutip)


Contohnya seperti di bawah ini




Untuk memudahkan kamu biar tidak edit lagi ketika postingan ingin berada di tengah, sebaiknya setelah salin kode dari instagram, baiknya di paste dulu di notepad dan tambahkan tag <center> di atas dan tag </center> di bagian bawah. Setelah itu tinggal copy dan paste di bagian HTML postingan blog.

Mungkin cukup sampai di sini dulu tutorial Cara Menambahkan Foto dan Video Instagram ke Blog kali ini, semoga dapat bermanfaat untuk semua dan selamat mencoba.

No comments:

Post a comment