bqiqdHcLSyDe1e7rIy6MJVhY5drRA6OxKKstSzTb

Jangan Sampai Tertukar Ya !



Jawa barat identik dengan bahasa daerahnya yaitu bahasa Sunda. Bahasa asli orang Jawa Barat. Meskipun bahasa Sunda adalah bahasa asli orang Jawa Barat, tetapi masih ada orang Jawa Barat yang tidak bisa berbahasa Sunda. Ada juga yang bisa berbahasa Sunda, tetapi masih belum benar menggunakan huruf vokal saat menulis dengan bahasa Sunda.


Berbeda dengan bahasa Indonesia yang hanya memiliki 5 huruf vokal saja yaitu, a, i, u, e dan o, bahasa Sunda justru memiliki huruf vokal lebih banyak dibanding huruf vokal dalam bahasa Indonesia. Bahasa Sunda memiliki 7 huruf vokal. Huruf vokal yang lima, sama seperti huruf vokal bahasa Indonesia sedangkan yang dua lagi yaitu vokal “é dan eu”. Pastinya sahabat belia juga sudah mengetahui hal tersebut sejak masih duduk di bangku Sekolah Dasar.
            Mengapa kita harus mengetahui hal tersebut ? karena selaku orang Sunda kita harus bisa menggunakan bahasa daerah kita yaitu bahasa Sunda dengan baik dan benar, khususnya dalam dunia tulis-menulis. Kata meja dan besi contohnya. Dua kata benda tersebut dalam bahasa Indonesia memiliki huruf vokal yang sama yaitu vokal “e”. Tetapi cara mengucapkannya berbeda. Jika ditulis dalam bahasa Sunda, kata “meja” akan ditulis “méja” sedangkan kata “besi” akan ditulis “beusi”. Huruf vokal dalam bahasa Sunda ditulis sesuai dengan vokalisasi cara membacanya. Beda vokalisasi pembacaannya maka beda pula huruf vokal yang digunakannya. Ya, contohnya seperti kata “meja”, di atas.
            Hati-hati ya ! kita jangan sampai tertukar menggunakan huruf vokal “e, é dan eu” dalam menulis menggunakan bahasa Sunda. Jika kita sampai tertukar menggunakannya, yang membaca tulisan yang kita tulis dengan menggunakan bahasa Sunda pun akan salah mengucapkan vokalisasi saat membacanya. Malu banget dong, kita sebagai orang Sunda gak bisa membedakan mana yang harus menggunakan vokal “e”, mana yang harus menggunakan vokal “é” dan mana yang harus menggunakan vokal “eu”. Karena diantara ketiga huruf vokal itulah banyak orang yang belum benar menggunakannya. Hati-hati ya !
            Sunda bahasa Kita, bahasa asli Jawa Barat. Bahasa dari sejak nenek moyang kita. Mari kita jaga baik-baik bahasa daerah kita ini. Ya, minimal kita tidak tertukar saat menggunakan huruf vokalnya.
Dede Sandi Rahmat, SMAN 1 Cibinong, Cianjur Selatan

Pikiran Rakyat, 13 Januari 2015

Related Posts

Post a comment