Cara Mudah Edit Foto Menggunakan Adobe Lightroom

Cara Mudah Edit Foto Menggunakan Adobe Lightroom

Sebuah hasil karya fotografi yang hasilnya bagus tidak mungkin tidak melewati tahap editing dulu sebelum bisa benar-benar dipublikasikan atau di serahkan kepada kliennya. Dengan editing, bisa lebih menyempurnakan lagi hasil foto menjadi lebih maksimal. Hasil fotonya sudah bagus, ditambah lagi editing nya bagus.

Jadi pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi tutorial Cara Mudah Edit Foto Dengan Adobe Lightroom. Adobe Lightroom yang akan saya gunakan di sini adalah versi mobile. Untuk kalian yang belum punya aplikasinya silahkan di install terlebih dahulu secara gratis di Play Store

Sedikit informasi tentang Aplikasi Lightroom, jadi Lightroom ini adalah aplikasi editing yang dikembangkan oleh Adobe. Mungkin bagi sebagian orang Adobe adalah nama yang tidak asing lagi apalagi bagi mereka para editor. Adobe adalah sebuah perusahaan software terkenal di Dunia editing. Produknya sudah banyak dipakai oleh para editor di seluruh dunia. Beberapa software yang familiar seperti Photoshop, Adobe Premiere Pro, Adobe Illustrator dan beberapa aplikasi editing lainnya. Fitur yang canggih dari berbagai aplikasi yang dikeluarkan Adobe ini membuat para editor memilih aplikasi yang mereka kembangkan selama ini. Setiap aplikasi memiliki kegunaan masing-masing. Jika kalian ingin edit foto kalian bisa menggunakan Photoshop atau Lightroom. Tapi antara Photoshop dan Lightroom memiliki perbedaan ya. Kedua aplikasi ini tidak sama kegunaannya. Banyak orang yang menganggap bahwa Lightroom dan Photoshop ini sama adanya. Biar mudah di mengerti saja, jadi Lightroom adalah aplikasi yang hanya digunakan untuk mengatur efek, cahaya, ketajaman, pokoknya Lightroom ini hanya bisa edit pencahayaan kalau lebih singkat nya. Sedangkan untuk aplikasi Photoshop, aplikasi ini lebih memiliki banyak fitur, bahkan menurut saya, semua pengaturan pencahayaan di Lightroom bisa dilakukan menggunakan Photoshop ini. Mulai dari menambahkan teks, atur pencahayaan, menghapus noda, mengganti background, dan yang lainnya. Aplikasi ini adalah aplikasi all in one untuk edit foto. Jika kalian benar-benar menguasai aplikasi ini, maka kalian akan bisa menciptakan berbagai edit foto yang bagus-bagus. Adobe Premiere Pro digunakan untuk edit video. Nah, untuk kalian yang hobi videografi, bisa menggunakan Adobe Premiere Pro untuk editing. Kalau Adobe Illustrator adalah sebuah aplikasi mirip dengan Corel Draw yang digunakan untuk menggambar. Membuat sketsa, vektor, logo juga bisa. Sudah ada gambaran tentang beberapa aplikasi keluaran Adobe di atas? Untuk lebih jelasnya, kalian bisa Googling sendiri di mesin pencari.

Sudah selesai install aplikasinya? Oke, langsung saja ke tutorialnya. Silahkan buka aplikasi Lightroom. Sebelum itu, siapkan terlebih dahulu foto yang akan di edit ya. Silahkan tambahkan foto dengan cara klik ikon + yang ada di kanan bawah.

Ini adalah foto yang akan saya gunakan. Foto ini diambil menggunakan kamera Hp Xiaomi Redmi Note 4, sebelum pulang kerja di salah satu daerah di Kota Bekasi. Silakan sesuaikan terlebih dahulu dengan cara crop/potong dulu fotonya agar terlihat rapi. 

Kalian bisa memilih potongan sesuai dengan kebutuhan. Jika foto akan di upload ke Instagram maka silahkan pilih yang 1x1 atau 4x3. Jika asal-asalan maka nanti saat upload di Instagram akan terkena croping lagi.
Karena di sini saya akan memberikan tutorial yang mudah, maka setelah croping biar editing berjalan dengan cepat dan hasilnya bagus, silahkan pilih menu "otomatis". Maka secara otomatis aplikasi akan memberikan pencahayaan terbaik untuk foto kalian. 


Selanjutnya, kalian bisa menambahkan efek dengan klik menu "profil". Di situ kalian bisa memilih efek sesuai dengan kebutuhan foto kalian. Setiap foto pasti memiliki pencahayaan yang berbeda, jadi jangan disamakan dengan yang saya contohkan di sini. 

Silahkan berkreasi sendiri. Setelah itu jika dirasa kurang, maka kalian juga bisa mengatur pencahayaan kembali di menu "cahaya". Perlu kesabaran dan ketelitian untuk bisa menghasilkan hasil editing yang bagus. Semakin banyak belajar maka akan semakin bagus juga nanti hasilnya. Jika sudah selesai, maka silahkan simpan foto tersebut dengan cara klik ikon bagikan yang berbeda di kanan atas. Silahkan lihat hasilnya.

Terlihat kan perbedaan antara foto yang sudah di edit dan belum? Oh iya, sedikit info saja, untuk kalian yang ingin mencoba edit foto, jangan terlalu berlebihan menggunakan efek karena akan membuat foto menjadi kurang bagus nanti hasilnya. Sesuatu yang berlebihan itu tidak baik kan, jadi bijaklah dalam edit foto. Sedikit sentuhan tapi hasilnya menawan. 

Sampai di sini dulu tutorial kali ini, semoga dapat bermanfaat untuk kalian para pembaca. Selamat mencoba. Untuk kalian yang ingin melihat hasil fotografi amatir saya, silahkan kunjungi Instagram @desan_23. Sampai berjumpa di tutorial selanjutnya.

No comments:

Post a comment