9 Alasan Kenapa Harus Pindah Kos

10 Alasan Kenapa Harus Pindah Kos

Tempat kos atau kontrakan yang kita tinggali selama berada di perantauan, haruslah menjadi tempat istirahat yang paling enak untuk ditinggali. Bisa dibilang, tempat kos juga menjadi rumah kedua untuk kita. Jadi, buatlah suasana tempat kos menjadi senyaman mungkin agar kita betah berada di dalamnya.

Tapi apakah kalian pasti pernah merasakan bosan, dan ingin pindah ke tempat kos/kontrakan yang baru? Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi 9 Alasan Kenapa Kamu Harus Pindah Kos. Yuk, disimak beberapa penjelasannya.

  1. Tidak aman
    Yang pertama adalah masalah keamanan saat berada di tempat indekos adalah  paling utama yang harus diperhatikan. Jika selama kamu tinggal di tempat kos saat ini, ada teman atau tetangga yang bercerita ada yang kehilangan barang seperti, sepatu, sandal, handphone, uang, kendaraan ataupun benda berharga lainnya. Sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, sebaiknya kamu pergi meninggalkan tempat kos kamu saat ini untuk menghindari yang tidak kamu inginkan.

  2. Fasilitas kurang mendukung
    Setiap tempat kos pasti memiliki fasilitas yang berbeda. Beda harga pasti beda fasilitas juga yang didapatkan. Fasilitas standar dari sebuah tempat kos-kosan diantaranya adalah, kasur, lemari dan juga meja. Ada juga yang mempunyai fasilitas kamar mandi di dalam tapi ada juga yang kamar mandinya terletak di luar kamar. Fasilitas lain yang mungkin ada adalah AC. Saat kamu merasa fasilitas yang didapatkan tidak sesuai dengan bayaran yang kamu berikan setiap bulannya, kamu bisa memikirkan kembali untuk mencari tempat tinggal baru.

  3. Tempat parkir kurang nyaman
    Tidak semua tempat kos memiliki tempat parkir yang luas dan nyaman. Gak enaknya ngekos di tempat parkir yang sempit, akan susah saat masuk atau keluar kos dengan membawa kendaraan. Kamu harus jadi tukang parkir dulu sementara untuk merapikan kendaraan yang sudah masuk duluan agar kendaraanmu bisa masuk dan terparkir. Ditambah lagi, jika tempat parkir di tempat kos yang kamu tinggali saat ini tidak begitu luas, akan menyusahkan teman-teman kamu saat mereka berkunjung ke tempat kos kamu. Mereka akan kesulitan untuk menyimpan kendaraannya.

  4. Masalah teknis
    Mulai dari atap yang bocor, wc mampet, listrik mati ataupun air sering mati, itu adalah beberapa masalah teknis yang sering dialami penghuni kos. Saya juga pernah mengalami atap bocor saat kos beberapa tahun lalu. Sudah mencoba bicara kepada pemilik kos, tapi tidak ada perbaikan juga, ya sudahlah saya pindah saja. Tapi biasanya jika listrik mati, silahkan kamu cek terlebih dahulu khw listriknya, siapa tau token listriknya habis.

  5. Teman kos yang kurang solid
    Memiliki teman atau tetangga kos yang baik dan ramah akan membuat kita merasa betah tinggal bertetangga di tempat kos. Berbeda halnya jika sebaliknya, memiliki teman kos yang tidak ramah akan membuat kamu merasa tidak betah. Pindah ke tempat baru adalah solusinya

  6. Suasana tidak kondusif
    Paling enak tinggal di kos-kosan yang adem ayem. Tidak ada suara kegaduhan yang mengganggu jam istirahat. Baru aja mau istirahat, sudah bangun lagi dan ujung-ujungnya tidak bisa tidur karena suasana di tempat kos berisik. Selain itu, hal yang bisa membuat suasana kos tidak kondusif lagi adalah banyak pengalaman horor yang sering dialami oleh penduduk kos. Untuk kamu yang menginginkan ketenangan, lebih baik cari tempat kos lagi.

  7. Susah sinyal
    Meskipun tinggal di pinggir perkotaan, yang notabene teknologinya akan berjalan lancar-lancar saja, di satu sisi akan ada masanya dimana kamu tinggal di sebuah daerah yang susah sinyal. Kamu bukan hanya akan kesulitan saat hendak berkomunikasi via daring, kamu juga akan merasakan bosan dan kesel juga kalau di tempat kosmu susah sinyal. Tapi kayaknya kalau masalah yang ini masih bisa diatasi dengan mengganti kartu provider yang kamu gunakan saat ini. Kamu bisa menggantinya dengan yang baru dan yang memiliki sinyal lebih kuat. 

  8. Ibu kos galak
    Sebenarnya sih ibu kos itu selalu baik, tapi kadang dia juga akan berubah jadi galak kalau bayaran nunggak. Kalau udah galak, kita juga harus terpaksa pindah (diusir)

  9. Tawaran lebih baik
    Terakhir, yang mejadi alasan kenapa kamu harus pindah ke tempat kos baru adalah ketika menerima tawaran tempat yang lebih baik dari sekarang dengan rentang harga sewa yang tidak begitu jauh atau masih bisa dijangkau saku. Selain itu, jika kamu ingin memiliki suasana yang baru. Merasa sudah bosan tinggal di situ-situ aja, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk pindah ke tempat yang lebih baik dan nyaman.

Nah, itu dia 9 alasan kenapa kamu harus mulai memutuskan untuk pindah tempat kos yang baru. Sedikit tips saja untuk kamu yang mungkin akan dan sedang mencari tempat kos baru, kamu bisa memikirkan matang-matang dulu mau pindah ke mana dan tempatnya seperti apa. Mulai dari fasilitas, harga, dan juga jarak ke tempat kerja yang tidak begitu jauh. Karena jika jarak terlalu jauh, percuma saja waktu kita akan habis di jalan meskipun menawarkan harga yang lebih terjangkau.

14 comments:

  1. Waktu tinggal di Jogja, tiga kali pindah kos dan tiga-tiganya memiliki parkiran yang luas, kondisi kosan yang aman dan nyaman, bahkan dua pertama sering minjem kendaraan ke pemilik kos dan selalu dikasih. Yang agak menyebalkan sih pas yang ketiga. Selain ibu kosnya galak, kosannya juga pernah bocor atapnya pas hujan gede, dilaporin, katanya udah dibenerin tapi eh bocor lagi dan lagi. Terus ada wifi, tapi kalau mau nebeng internetan disuruh bayar 75k per bulan. Asu tenan hahaha. Tapi kalau soal parkiran sih luas banget, seluas samudra. Untungnya enggak lama di situ dan akhirnya pulang deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Atap bocor sih gue juga pernah ngalamin, dan itu dia gak ada follow up dari komplain yang gue buat itu. Yaudah lah, minggat aja haha

      Delete
  2. pindah kos gara2 angker gak masuk? soalnya saya pernah euy pindah karena alasan itu wkwkwk.. tapi sebenernya itu alasan kedua sih, alasan pertamanya ada di nomor 8, hanya saja bukan ibu kos, tapi bapak kos, ngusir gara2 telat bayar.. padahal mah telat bayar karena sekolah libur 2 minggu wkwk..

    ReplyDelete
  3. saya malah memilih pindah kos kalo penghuninya kelewat ramah. saya paing tidak suka mengakrabkan diri dengan tetangga kosan. paling hanya sekelebat sapa atau senyum saja. karna pernah ngalami, akrab dnegan penghuni, eh, di luar kosan dianya gak bener. pas kejadian, teman kosannya, terlebih yg pada akrab, jadi kena getahnya.

    ReplyDelete
  4. semua ada batasnya ya. terlalu deket jangan, apalagi gak sama sekali

    ReplyDelete
  5. Aku juga baru kemareeen banget pindah kosan , ampe aku buatin videonya di youtube haha

    ReplyDelete
  6. Saya termasuk tipe yang males ribet buat packing barang pindahan, jadi sebisa mungkin dari awal ngekos nyari tempat yang memang nyaman. Dan alhamdulillah, dari awal kerja sampai sekarang masih betah di kosan lama yang kurang lebih udah 4 tahun tak tempati.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti pas pertama ngekos langsung mikir panjang ya, bagus. Saya dulu gak pernah kepikiran seperti itu. Kalo nyaman ya tetap, gak nyaman pindah lagi.
      Saya udah beberapa kali pindah juga, bulan ini yang terbaru. Setelah sebelumnya tinggal di kosan lama 3 tahun, akhirnya harus pindah juga ke tempat baru

      Delete
  7. Aku pernahnya ngerasain asrama, jadi ya nggak bakalan pindah-pindah, la wong emang wajib kudu tinggal di situ. Wkwkwkwk.
    Tapi kalo pun mesti pindah, kalo udah terlanjur tinggal lama dan udah nyaman dengan ketidaknyamanannya, suka males juga buat pindahan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu aku juga sempat mikir begitu, males pindah karena udah lama. Tapi sekarang udah beda lagi mikirnya hehe

      Delete
  8. aku pernah pindah kost karena ada yang gak beres dengan pengurus kosnya. mulai dari barang-barang ilang sampe akhirnya aku dapet sms pelecehan dari salah satu oknum pengurus kos :( kalo inget itu nyesel banget pernah ngekos disitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh ngeri banget sampe kena sms kek gitu, mba. Saya juga sering diomongin warga setempat sih. Bilangnya kalo lewat gak pernah permisi, padahal kan setiap lewat selalu sopan tapi merekanya aja yang selalu buang muka. serba salah lah pokoknya

      Delete