bqiqdHcLSyDe1e7rIy6MJVhY5drRA6OxKKstSzTb

Bisa Karena Biasa



Tatkala kita melihat CR7 menggiring bola, kita menduga di sepatunya ada tali yang terhubung dengan bola sehingga bola tampak rekat dengan kakinya. Hal tersebut terjadi karena itu telah menjadi kebiasaan bagi seorang CR7. Bagi CR7 melakukan hal seperrti itu biasa. Namun, bagi penggemar sepak bola yang tidak terbiasa melakukannya akan menganggap bahwa hal tersebut istimewa.


 Memang tidak mudah untuk membuat suatu kebiasaan. Seperti yang ditulis oleh Felix Y. Siauw dalam bukunya yang berjudul “How To Master Your Habits”, bahwa kebiasaan atau habits dapat tercipta karena ayah dan ibunya habits yaitu Practice (latihan) dan Repetition (pengulangan). CR7 pun pasti melakukan ribuan kali latihan dan terus diulang-ulang untuk bisa seperti saat ini.
Mengapa teman kita suka membaca sedangkan kita tidak ? jawabannya sangat sederhana yaitu biasa dan tidak biasa. Teman kita yang suka membaca disebabkan karena dia sudah terbiasa membaca, dan kita yang tidak suka membaca disebabkan karena kita tidak terbiasa dalam membaca. Lalu bagaimana caranya agar kita menyukai membaca ? Ya, kita harus menciptakan kebiasaan baru, yaitu kebiasaan membaca.
Jika kita ingin membuat kebiasaan baik yang baru, maka mulailah kebiasaan baru kita dengan hal-hal yang kecil terlebih dahulu, mematok target yang terlalu tinggi hanya akan menghasilkan rasa jenuh dan putus ditengah-tengah. Misal, bila kebiasaan yang ingin dibentuk adalah membaca buku, maka mulailah dengan 10 menit sehari membaca buku, atau 5 lembar per hari membaca buku. Mematok target besar cenderung gagal, dan lagipula, apabila telah terbiasa, kita akan menaikkan secara otomatis jumlahnya.
 Untuk lebih mudah mengingat kebiasaan baru yang ingin kita bentuk, agar tidak lupa, buatlah pengingat di tempat yang sering kita kunjungi, seperti di tempat tidur. Tulis kata pengingatnya di selembar kertas yang ukurannya tidak terlalu kecil agar tulisannya dapat terlihat dengan jelas, setelah itu tempel di dinding. Bisa juga kita membuat gambar yang bertuliskan sebuah kata-kata pengingat kebiasaan baru kita, lalu pasang gambar tersebut di wallpaper hp. Insyaallah, dengan cara itu kita dapat mengingatnya setiap hari.
Nah, sahabat belia mau buat kebiasaan baik yang baru seperti apa ? Tetapi hati-hati ya sahabat belia,  karena setiap aktivitas yang kita lakukan terus menerus akan membentuk seuatu kebiasaan. Alhamdulillah kalau kebiasaan yang terbentuk adalah kebiasaan baik. Tetapi bagaimana kalau kebiasaan yang terbentuk adalah kebiasaan buruk ? Pasti sahabat belia tidak mau kan ? Maka dari itu jauhilah aktivitas-aktivitas yang tidak baik sebelum menjadi kebiasaan yang tidak baik pula pada diri kita.

Dede Sandi Rahmat, SMAN 1 Cibinong, Cianjur Selatan

                                                                                                      Pikiran Rakyat, 30 Desember 2014
Newer Oldest

Related Posts

Post a comment