Fitur Baru di Aplikasi Blogger 2020


Di jaman sekarang, sesuatu hal yang awalnya susah untuk dikerjakan, akibat perkembangan teknologi sekarang yang semakin pesat, apa pun menjadi lebih mudah dan praktis untuk dilakukakan. Salah satunya adalah tentang aplikasi yang terdapat di ponsel pintar atau smartphone. Di Smartphone pasti terdapat bebebrapa aplikasi yang sering kita gunakan untuk keperluan sehari-hari. Contohnya, adalah aplikasi Blogger yang sekarang sudah ada versi mobile nya. 


Dengan adanya aplikasi ini, lebih memudahkan para Blogger untuk mempublikasikan hasil tulisannya dengan hanya bermodalkan ponsel pintar saja. Tidak perlu menggunakan sebuah laptop untuk bisa mulai menuliskan sebuah artikel, hanya bermodalkan Smartphone dan jaringan internet saja, maka kita sudah bisa membuat sebuah tulisan yang sudah ditunggu para pembaca.

Bagi sebagian orang yang tidak sempat membuka laptop saat sedang ingin menulis, maka apliaksi ini sangat cocok digunakan. Misalnya, saat kita sedang ada di perjalanan dan kita sedang ada ide untuk menulis,  kebetulan laptop tidak terbawa, cara praktis dengan menulis di aplikasi Blogger ini adalah solusi menuangkan ide yang muncul ke dalam sebuah tulisan. Jangan biarkan ide yang muncul hilang dan terabaikan begitu saja.

Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi review tentang fitur baru yang ada di aplikasi Blogger. Jadi, aplikasi blogger ini diperbaharui setelah sekian lama tidak ada update, sekitar beberapa bulan yang lalu di awal tahun 2020. Sebagai seorang pengguna aplikasi blogger, tentunya saya tau jika ada fitur yang ditambah dan dikurangi di aplikasi ini.


Fitur Baru di Aplikasi Blogger 2020

Fitur terbaru di aplikasi Blogger ini sebelumnya sudah ada di aplikasi Blogger terdahulu (sebelum update total di 2020), tapi pada saat Blogger melakukan update ke Aplikasi dengan tampilan yang lebih baru dan minimalis, fitur ini sempat dihilangkan. Fitur apakah itu?

Ada dua fitur yang ditambah dan dihilangkan di aplikasi Blogger ini. Menurut saya, kedua fitur ini sangat berperan penting dalam efektifnya penggunaan aplikasi Blogger. 

Munculnya kembali Fitur "Link"
Saat bulan januari 2020, ketika saya melakukan review tentang aplikasi Blogger ini, masih belum terdapat menu "link", hanya ada menu kamera, foto, bold, italic dan underline. Bahkan sampai sekarang di Aplikasi ini belum ada menu "Alignment" yang menjadi menu dasar dalam tulis menulis untuk mengatur tata letak tulisan.
Fitur link ini sangat penting untuk ada di aplikasi Blogger. Dengan adanya fitur ini, semakin memudahkan pengguna untuk bisa dengan mudah menambahkan link ke tulisan. Ini adalah Fitur tambahan yang ditambahkan Blogger pada update kali ini. 


Sebelum muncul fitur link ini, saya yang selalu menggunakan aplikasi Blogger ini harus mengedit tulian saya kembali di Blogger versi Web untuk bisa menambahkan link di sebuah tulisan. Sangat tidak efektif sekali karena harus kerja dua kali. Dengan adanya fitur ini kembali, saya tidak perlu mengedit lagi dari web untuk menambahkan link. 

Tidak Bisa Rotasi Layar
Selain menambahkan fitur baru saat update aplikasi, akan ada fitur yang dihilangkan juga. Biasanya yang dihilangkan adalah fitur yang jarang terpakai atau kurang memberi kontribusi dalam penggunaan apliakasi tersebut. 

Di aplikasi Blogger ini, yang dihilangkan setelah menerima update kali ini adalah fitur Rotasi layar. Sebelumnya aplikasi ini bisa digunakan dengan mengikuti rotasi layar. Jadi saat rotasi layar di aktifkan di pengaturan ponsel, tampilan aplikasi ini akan otomatis mengikuti rotasi layar ketika ponsel di putar 90°. Sangat disayangkan fitur ini harus dihilangkan, padahal sebenarnya kalo nulis di Aplikasi Blogger ini enakan menggunakan versi lanskap daripada potrait. Saya lebih leluasa ngetik biasanya, tapi sekarang ketika hendak menulis harus dengan posisi potrait dan itu sedikit tidak enak saat mengetik.

Sampai di sini dulu review Aplikasi Blogger kali ini, semoga saja kedepannya aplikasi Blogger ini terus melakukan update kembali dan semakin memanjakan penggunanya dengan menambahkan beberapa fitur tambahan yang akan sangat berperan dalam membuat sebuah tulisan. Seperti fitur yang ada di web intinya. Masih banyak fitur yang harus ditambah lagi agar Blogger semakin mudah dan leluasa menggunakannya.

Sampai jumpa di postingan selanjutnya
Semoga bermanfaat

10 comments:

  1. Belakangan ini blogger emang lagi rajin bikin menu-menu baru yaaa.
    Tapi yang palings sering ku pakai sekarang yaitu fitur melihat statistic potingan.
    Lumayan banget bisa buat laporan page viws kalo dapet job nulis haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di awal tahun 2020 ini blogger sudah dua kali memperbaharui aplikasinya. Semoga saja kedepannya Blogger memberikan banyak pembaruan lagi.

      Delete
  2. untuk versi iOS belum ada hilalnya nih sedih

    ReplyDelete
  3. Saya sejak pertama ngeblog nggak pernah pake aplikasi mobilenya blogger. Pernah liat teman mencoba ngepublish dari hapenya, eh, berantakan dong postingannya. makanya syaa jadi urung buat nyoba.

    yang versi terbaru ini, gatau apa sudah semakin baik/ sudha sama mudahnya seperti di web. sehingga tidak perlu buka laptop lagi.

    berdasarkan pemaparannya, terkait hilangnya fitur rotasi, kayaknya saya tetap nggak bakalan pake mobilenya deh. layar hape saya tergolong kecil, kalo ngetik potrait malah ribet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sering menggunakan aplikasi Blogger ini, tapi ujung-ujungnya pasti di edit lagi di blogger versi web.

      Masih banyak yang harus diperbaiki dan ditambah lagi fiturnya Menurut saya jika ingin aplikasi Blogger ini enak digunakan. Terima kasih sudah berkunjung, salam kenal 🙏

      Delete
  4. wah saya pake wordpress jadi cant relate hehe.. dulu sempat pake blogger juga sih, cuma selalu di web nulisnya..

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kirain saya kang Bara pake blogger juga, eh ternyata beda

      Terima kasih sudah berkunjung

      Delete
  5. Sedikit masukan, mas.
    Saat ini fitur Rotasi Layar sudah berfungsi kok.
    Ini aku ngetik kalimatnya pakai mode lanskap.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi punya saya masih belum bisa ngetik lanskap, mas

      Delete