Curug Ciherang Bogor

Curug Ciherang Bogor

Pernah gak sih kalian merasa bosan dengan kehidupan yang begitu-begitu saja di perkotaan? Pagi berangkat kerja dan malam baru bisa pulang ke rumah. Begitu terus sertiap hari, meskipun ada jadwal libur seminggu sekali. Saya sendiri sekarang benar-benar merasa bosan dengan hiruk pikuk perkotaan. Ditambah lagi dengan ditambahnya jam operasional pekerjaan membuat saya semakin memiliki waktu sedikit saja untuk bisa mengembangkan hobi yang sudah melekat pada diri. Pulang kerja paling hanya bisa istirahat saja di kamar kost sembari meluruskan badan. Hingga pada suatu hari, saya diberi jatah libur dua hari oleh atasan di pekerjaan. Saya yang mengetahui hal ini langsung memikirkan sebuah tujuan tempat liburan. Momen langka seperti ini jangan di sia-siakan. Jarang sek
ali bisa libur dua hari seperti ini, kan. 


Saya berencana menyambangi tempat yang sejuk yang bisa menghilangkan rasa penat ini, yang berjarak tidak jauh dari Bekasi. Sebuah tempat yang berada di alam yang masih alami. Entah kenapa, setiap kali saya membutuhkan pelarian dari perkotaan berupa liburan, tempat wisata luar ruangan yang selalu menjadi pilihan. Tahun-tahun kebelakang, untuk bisa mnghilangkan rutinitas yang membosankan, saya harus mendaki Gunung bersama kawan-kawan yang juga memiliki kasus yang sejalan, bosan dengan kerjaan dan butuh sedikit liburan. Menurut saya, liburan itu sangat wajib dilakukan jika sudah merasakan apa yang seperti saya rasakan. Dan ini terbukti manjur setelah beberapa kali saya praktikan. 

Ditengah mencari referensi tempat yang akan disambangi, muncul lah sebuah rekomendasi dari seorang teman yang menyarankan saya agar mengunjugi salah satu tempat wisata yang berada di daerah Bogor, di Puncak 2. Curug Ciherang adalah nama yang teman saya rekomendasikan untuk saya yang ingin sekedar menenagkan pikiran, menghilangkan kepenatan dari kehidupan perkotaan. Setelah saya telusuri tentang tempat ini di mesin pencari, boleh juga ternyata rekomendasi dari teman saya ini. Oke lah, saya akan berangkat ke sini bersama dengan satu teman dekat saya, yang kebetulan memiliki jadwal libur sama. Jarak yang tidak begitu jauh dari tempat saya tinggal di Bekasi, membuat saya lebih memilih tempat ini meskipun saya punya beberapa nama lain yang telah saya kumpulkan sebagai referensi. 

Hari Rabu, saya pergi meninggalkan Kota Bekasi menuju tempat destinasi. Tidak lupa, persenjataan berupa kamera selalu saya bawa kemanapun saya berkelana. Pasti akan banyak momen yang susah untuk diulang kembali yang harus saya abadikan dengan kamera. Bagi saya kamera adalah hal yang wajib dibawa ketika berwisata. Kali ini saya membawa dua kamera, satu untuk foto dan satu lagi action cam untuk video. Saya juga ingin mengabadikan momen perjalanan ini agar dunia tau bahwa Indonesia itu alamnya memang sangat mempesona.

Destinasi Wisata
Curug Ciherang atau Air terjun Ciherang ini terletak di Desa Sirnajaya, Kec. Sukamakmur, Kab. Bogor, Jawa Barat. Kata Curug dalam bahasa Sunda atau Air terjun ini berasal dari dua kata, "Cur" yang berarti Air dan "Rugu" yang berarti mengalir. Jadi Curug asal katanya adalah air yang mengalir. Menurut  informasi yang saya dapat, dari tempat tinggal saya di Bekasi berjarak 65km untuk bisa sampai di tempat destinasi. Waktu yang saya tempuh sekitar dua jam dengan menggunakan kendaraan roda dua. Curug Ciherang memang menawarkan keindahan alam kota Hujan yang terkenal dengan berbagi Curug indahnya. Tak heran jika banyak tempat-tempat indah yang dikunjungi para wisatawan.

Rute
Saya yang berangkat dari Bekasi, menggunakan jalur Cileungsi-Jonggol. Kebetulan jalur ini adalah jalur yang sering saya gunakan ketika hendak pulang kampung ke Cianjur, jadi saya tidak terlalu  memiliki kesulitan tentang rute jalan. Untuk kalian yang ingin juga mengunjungi tempat ini, sekarang di Google maps sudah tersedia alamat Curug Ciherang ini, hanya tinggal memasukkan kata kunci saja maka rute tercepat dari Maps akan menuntun kalian ke sini. 

Pemandangan di Perjalanan
Di sepanjang jalan, kita akan disuguhkan pemandangan pegunungan dan persawahan. Udara yang sejuk membuat saya menikmati perjalanan. Ditambah lagi jalan yang tidak terlalu banyak kendaraan, membuat saya tidak terjebak kemacetan. Dari Bekasi sampai Cileungsi saja situasi macet saya rasakan. Enaknya sih apapun situasi yang sedang terjadi di jalan, di nikmati saja, kawan. Seakan tak mau melewatkan momen perjalanan yang menampilkan momen menawan, mengabadikan momen liburan selalu saya lakukan. Karena Curug Ciherang terletak di dataran tinggi, maka jalur yang naik turun menambah tantangan dalam menuju tempat ini.

Keindahan alam Kota Hujan dilihat dari ketinggian

Harga Tiket
Setelah dua setengah jam melewati tanjakan, turunan dan belokan, dan sempat kebablasan  jauh melewati tempat tujuan, akhirnya saya sampai juga di Curug Ciherang yang sedari tadi terus saya bayangkan. Gapura yang bertuliskan "Selamat Datang" seakan menyambut kami berdua. Di pintu masuk, ada seorang petugas yang melambaikan tangan dengan maksud memberhentikan kendaraan. Tiket masuk ke Curug Ciherang ini adalah Rp. 40.000/orang. Untuk parkir motor dikenakan biaya Rp. 5.000. Untuk kendaraan roda empat, estimasi biaya pasti lebih dari ini. Saya mengunjungi tempat ini bukan di akhir pekan, mungkin jika di akhir pekan harga tiket bisa lebih meroket. Harga tiket tadi sudah termasuk semua wahana apa saja yang ingin dicoba di tempat wisata Curug Ciherang. Karana tarif sewaktu-waktu mungkin saja bisa berubah, kalian bisa menghubungi kontak pihak pengelola terlebih dahulu sebelum pergi ke sini. Atau kalian juga bisa menanyakan tentang keadaan cuaca di sana sebelum bernagkat agar kalian bisa mengunjungi Curug Ciherang ini dengan keadaan cuaca yang tepat.

Tempat Wisata
Ternyata, meskipun nama tempat wisata ini Curug Ciherang, di tempat ini tidak hanya memiliki satu tempat wisata saja. Ada kolam renang yang memiliki view yang menghadap pegunungan dari ketinggian, ada juga rumah pohon yang dari atas bisa menyaksikan keindahan alam kota hujan dan beberapa jembatan buatan yang bagus jika dijadikan spot foto kekinian.


Curug Ciherang
Perlu waktu sekitar 15 menit berjalan kaki dari parkiran untuk bisa sampai di Curug Ciherang. Tangga yang terbuat dari bebatuan akan menjadi pijakan sepanjang jalan agar bisa sampai di tempat tujuan. Di beberapa titik di sepanjang jalan, ada beberapa peringatan yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Seperti tidak boleh mendekati Curug ketika cuaca mendung dan saat turun hujan. Sesampainya di Curug Ciherang, mata kita akan di suguhkan dengan keindahalan alam kota hujan yang airnya sudah terbayang begitu menyegarkan. Ketika hendak berjalan menikmati keindahan, kalian harus berhati-hati juga dengan bebatuan yang menjadi pijakan,  karena pasti saja ada beberapa bagian pijakan yang sudah ada lumutnya sehingga pijakan menjadi kurang aman. Tetap berhati-hati, kawan gar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Utamakan keselamatan. 


Bagi saya yang hobi memotret, sayang sekali rasanya jika menemukan keindahan seperti ini tidak saya abadikan dengan beberapa bidikan. Curug Ciherang memiliki pemandangan yang bagus untuk dijadikan spot hunting fotografi bergenre lanskap atau pemandangan. Pantas saja banyak wisatawan berdatanagn, karena keindahan yang disuguhkan sungguh sangat memberikan kepuasan pada pandangan. Daripada hanya dijadikan sebuah objek pandangan, lebih baik saya abadikan. Untuk menghasilkan foto yang sedikit menarik perhatian ketika nanti saya bagikan, saya harus menenggelamkan setengah badan di dalam air yang dinginnya mulai tidak tertahankan. Belum lagi saya harus berhati-hati saat berjalan. Saya tidak ingin kamera satu-satunya ini menjadi korban kenekadan. Sebuah perjuangan memang harus saya lakukan untuk dapat mendapatkan hasil bidikan yang menawan seperti yang terekam di dalam pandangan. Coba saja waktu itu saya tidak ketelatan ke sini gara-gara kebablasan melebihi jalan yang Google Maps instruksikan, pasti ada momen pencahayaan yang lebih bagus yang saya dapatkan. Ya sudah, ikhlaskan.


Jembatan dan Rumah Pohon
Sebelum sampai di Curug Ciherang, di ketinggian akan kita lewati sebuah spot foto kekinian, rumah pohon dan jembatan merah yang menjadi jalan agar bisa menikmati keindahan dari ketinggian. Jembatan ini menjadi objek spot foto yang banyak digunakan wisatawan. Terbukti dari beberapa unggahan yang mereka bagikan. Selain bisa berwsafoto sendiri atau dengan bantuan teman, di sini kalian juga bisa mengabadikan momen liburan menggunakan kamera yang hasilnya lebih memuaskan. Ada penawarwan jasa foto yang bisa langsung dicetak saat itu juga. Lumayan untuk dijadikan oleh-oleh liburan. Jasa foto ini mungkin saja memerlukan tarif tambahan dari harga tiket yang tadi dibayarkan.


Kolam Renang dengan view pegunungan
Tempat wisata ini akan kita kunjungi ketika baru masuk ke kawasan. Sebuah kolam renang yang berada di ketinggian dan menyuguhkan pemandangan pegunungan yang sayang untuk dilewatkan. Selain kolam renang, ada juga tempat untuk bersantai sembari menikmati secangkir kopi sambil memandangi alam Bogor yang masih asri. 
Sumber: https://instagram.com/bogorkotahijau/
Di sini ada banyak spot foto keren dengan latar belakang pegunungan.
Sumber: https://www.instagram.com/curug_ciherang/

Sehabis berenang biasanya kita akan membutuhkan minuman yang menghangatkan, dan kopi bisa menjadi pilihan. Mencoba menikmati secangkir kopi sambil memandangi alam ibu perwtirwi, saya semakin betah berlama-lama di sini. 


Fasilitas
Jangan takut jika kalian lapar atau sekedar ingin makan ringan, di tempat ini terdapat warung  yang berjajar di sepanjang jalan menuju Curug Ciherang. Seakan ingin memberikan pelayanan terbaik untuk wisatawan, pengelola pun menyediakan Musola agar kita tetap bisa melaksanakan kewajiban selagi liburan. Untuk kamar mandi di sini tidak perlu dikhawatirkan lagi, tersedia kamar mandi dengan air dingin yang murni alami. 

Tempat wisata ini memamng benar-benar dikelola dengan baik oleh pengurus, telihat dari jalanan yang bersih dari sampah dan juga beberapa bangunan baru yang sedang dibangun, menandakan pengelola ingin terus mengembangkan tempat wisata ini agar lebih memberikan daya tarik untuk wisatawan.

Tempat wisata ini sangat cocok untuk kalian yang hobi mengeksplor keindahan luar ruangan. Selain itu, untuk yang mulai bosan dengan perkotaan, kalian bisa menenangkan pikiran seharian  dengan menghirup udara sejuk pegunungan. Tidak memerlukan banyak pengeluaran untuk bisa menikmati keindahan kota Hujan. Tempat yang juga tidak terlalu jauh dan memakan banyak waktu perjalanan dari kota Metropolitan, salah satu tempat wisata terdekat inilah yang saya rekomendasikan untuk kalian.

Ayo, liburan! Biar otak dan pikiran kembali disterilkan.
Sekian

No comments:

Post a comment