Review Aplikasi Edit Video Terbaik 2020 - Quick

Review Aplikasi Edit Video Terbaik 2020 - Quick

Banyak sekali kita jumpai saat ini berbagai aplikasi untuk editing video. Semakin canggihnya teknologi semakin mumpuni juga aplikasi edit videonya. Ada beberapa aplikasi video yang populer di kalangan para videografer. Mulai dari Adobe Premiere Pro yang fiturnya sudah gak bisa di pandang sebelah mata, sampai aplikasi edit video yang ada di android saat ini. Ada beberapa aplikasi video untuk android yang sangat populer dan banyak digunakan oleh berbagai orang di seluruh dunia. Ada KineMaster, FilmoraGo, Viva Video, dan berbagai aplikasi edit video lainnya. 

Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi informasi tentang Aplikasi Edit Video di Android Terbaik,  salah satu aplikasi edit video yang recommended banget untuk kalian yang ingin edit video tanpa ribet. Aplikasi ini sangat mudah sekali untuk digunakan, editing cepat dan hasilnya pasti memuaskan. Nama aplikasinya adalah Quick. Sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh GoPro untuk memanjakan para pengguna GoPro agar bisa lebih mudah dalam mengedit video. Aplikasi ini pun sudah di download lebih dari 100 juta kali di Play Store. Jadi sudah tidak diragukan lagi kualitasnya. Oke langsung saja kita review Aplikasi Quick ini.
Tampilan Minimalis
Tampilan adalah hal pertama yang akan kita rasakan ketika menggunakan sebuah aplikasi, termasuk aplikasi edit video. Aplikasi Quick ini memiliki tampilan yang simpel menurut saya, pastinya tidak susah untuk digunakan. Cuma ada tiga menu utama di aplikasi ini. Efek transisi, musik, dan edit lanjutan seperti resolusi, font, filter dan yang lainnya. Tetapi meskipun hanya memiliki tiga menu saja di tampilan awal, tidak menutup kemungkinan bahwa aplikasi ini fiturnya terbatas dan hasilnya tidak memuaskan. Saya sendiri sudah menggunakan aplikasi ini sejak tahun 2018. Saya cukup puas dengan fitur dan performa dari aplikasi Quick ini. 

Fitur
Efek Transisi Beragam
Setelah kita menambahkan beberapa video ke aplikasi ini, biasanya Quick akan otomatis memilihkan efek transisi dan juga musik untuk video yang baru saja kita impor. Dengan begitu, edit video menjadi lebih cepat dan praktis. Meskipun secara otomatis, tapi biasanya Quick akan menyesuaikan sendiri efek transisi dan musik agar sesuai dengan videonya. Efek Transisi pada aplikasi ini ada banyak, keren-keren lagi. Cocok untuk kalian yang ingin membuat video kekinian. Jika ingin mengubah efeknya sendiri pun bisa, jadi kalian bisa lebih berkreasi lagi menggunakan aplikasi ini.

Musik yang sesuai
Rasanya kurang lengkap jika sebuah video tidak memiliki musik. Quick memiliki koleksi musik yang yang bisa kalian gunakan untuk video kalian. Ada beberapa musik default, tapi jika bosan dengan musik yang itu-itu saja, kalian bisa menambahkan musik yang lainnya dengan cara menggeser ke bagian kanan dan masuk ke perpustakaan musik. Bisa juga menambahkan musik dari ponsel kalian masing-masing. Musik default yang ada di aplikasi ini biasanya menyesuaikan dengan Susana, ada yang bertema outdoor, malam, cinta, memories, dan beberapa musik default keren lainnya.

Filter
Sebuah filter biasanya akan lebih mempercantik sebuah video jika digunakan dengan tepat. Di aplikasi Quick ini terdapat berbagai filter yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan agar video terlihat lebih menawan.

Teks dan Font
Sebuah aplikasi edit video ataupun edit foto jika tidak memiliki fitur teks itu rasanya kurang lengkap. Karena di setiap video pasti ada sebuah informasi atau pesan yang ingin disampaikan kepada yang nanti akan menyaksikan. Makanya Quick menambahkan fitur ini di aplikasinya. Ribet aja gitu kalau jika harus edit lagi nantinya di aplikasi lain.  Quick memiliki fitur teks yang sangat keren untuk sebuah aplikasi gratis. Di awal, saat impor video biasanya akan muncul dialog untuk menambahkan judul, jika kalian langsung mengisi judul tersebut maka kalian akan melihat kecanggihan aplikasi Quick ini. Quick akan langsung menampilkan teks yang tadi di tulis, dan secara otomatis akan menampilkan desain yang menarik. Penasaran? Cobain deh. 
Selain itu, jika ingin merubah font, aplikasi ini support untuk itu. Ada berbagai jenis font yang tersedia. Bisa kalian coba satu persatu.

Tidak ada Watermark
Meskipun ini adalah aplikasi gratisan, tapi di aplikasi Quick ini kita bisa menghilangkan watermark. Saat pertama kali edit pasti di akhir video akan muncul watermark seperti aplikasi FilmoraGo. Tapi jangan khawatir, di sini kita bisa menghilangkan watermark ini. Sebenarnya ini bukan sebuah watermark, melainkan sebuah outro. Untuk menghilangkannya, masuk ke menu lanjutan yang berada di samping menu musik, lalu pilih outro dan matikan, maka tidak akan muncul lagi outro di akhir video.

Resolusi dan Durasi
Terdapat 3 resolusi yang bisa digunakan di aplikasi Quick ini. 1:1 (Square), 16:9 (Cinema), dan 9:16 (Potrait). Jika kalian ingin menggunakan untuk video insta story maka gunakan yang Potrait, Square untuk feed Instagram, dan untuk YouTube 16:9 atau Cinema. 

Durasi di sini bisa sesuaikan dengan keinginan. Karena biasanya kalau mengikuti default nya maka durasinya akan pendek, tergantung berapa video yang di impor. Menurut saya aplikasi Quick ini tidak cocok untuk editing video dengan durasi panjang. Ya paling sekitar 5 menit kebawah. Kan namanya juga Quick, jadi hanya untuk video berdurasi pendek yang cocok untuk Instagram.

Aplikasi Quick ini sangat mudah untuk dioperasikan. Sangat cocok untuk kalian yang ingin edit video dengan cepat tapi hasilnya bagus. Beberapa penjelasan di atas adalah sebagian dari fitur-fitur yang ada di aplikasi Quick. Masih ada beberapa fitur lainnya. Aplikasi ini memiliki banyak kelebihan, tapi ada juga kekurangan dari aplikasi ini. Tidak semua aplikasi yang ada memiliki fitur yang sempurna, pasti memiliki satu atau dua kelemahan. Seperti di aplikasi ini, aplikasi Quick ini hanya Cocok untuk edit video dengan durasi pendek. Saya sarankan durasi 3 menit ke bawah bisa menggunakan aplikasi ini. Jika ingin mengedit dengan durasi yang lebih panjang menggunakan Android, kalian bisa menggunakan aplikasi KineMaster

Oke, mungkin sampai di sini dulu Review Aplikasi Edit Video di Android Terbaik kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca. Berikut saya akan sedikit berbagi video yang saya edit menggunakan aplikasi Quick.


No comments:

Post a comment