Cara Membuat Foto menyambung di Instagram

Cara Membuat Foto menyambung di Instagram

Sebagai mediia sosial yang banyak digunakan di era sekarang ini, Instagram menjadi media sosial yang populer di kalangan milenial. Setiap hari, untuk mendapatkan informasi berita terkini di negeri ini, saya biasanya menggunakan Instagram untuk membaca informasi yang disampaikan media. Bagi saya instagram tidak hanya sebuah platform untuk berbagi foto dan video tanpa makna, Instagram adalah salah satu media sosial yang banyak memberikan ide-ide kreatif. Sebagai contohnya, saya sering menemukan berbagai ide dan referensi untuk fotografi, desain grafis dan postingan kreatif dari sini. Bagi sebagian pengguna, Instagram memang dijadikan sebuah media yang benar-benar digunakan untuk memberikan informasi yang bermanfaat kepada para pengikutnya.



Pertama menggunakan Instagram yang membuat saya kagum, bahwa pengguna Intagram itu selain komen-komennya yang super, di sisi lain pengguna yang kreatif menjadikan profil instagram untuk dijadikan sebuah galeri online yang feed nya tertata rapi dengan foto-foto atau video yang membuat pengunjung betah untuk berlama-lama di profilnya. Ada beberapa metode yang bisa digunakan agar feed instagram terilihat rapi. Ada yang menggunakan metode border/bingkai putih di setiap postingannya. Ada juga yang menggunakan metode posting foto dengan tema black & white, jadi semua postingan di feed Instagramnya akan berwarna hitam putih dan itu membuat feed terlihat rapi.

Ada juga yang menggunakan metode grid. Metode ini sebenarnya terdiri dari satu foto yang dipotong menjadi beberapa bagian, bisa tiga, enam bahkan sembilan grid. Setelah itu setiap potongan dari foto yang di grid, lalu di posting satu persatu agar tersusun dengan rapi membentuk tiga, enam atau sembilan grid tergantung editannya. Tapi menurut saya ini adalah metode lama dan hanya menjadi sebuah spam saja di beranda pengguna lain karena saat posting foto yang asalnya satu foto, lalu di grid menjadi beberapa bagian maka akan menjadi sembilan kali posting dan itu pasti akan menjadi spam untuk pengguna lain, karena jika ingin feed Instagram rapi, maka harus di upload saat itu juga. Ngerti kan maksudnya untuk metode posting grid ini?

Contoh metode grid 3X3

Masih dengan metode grid, tapi yang ini sedikit berbeda. Metode grid sembilan tadi jika digunakan akan menjadi spam karena terlalu banyak posting, grid yang ini akan membuat foto terlihat seperti terpotong tapi tetap menyambung. contohnya seperti di bawah ini. Jika di geser ke kanan, maka kamu akan menemukan contoh metode grid ini. Metode ini sangat cocok untuk dijadika posting foto produk, karena grid ini akan menampilkan foto produk lebih detail lagi. Untuk kelanjutan dari berbagai metode kreatif posting Instagram ini, akan saya bahas di postingan selanjutnya ya.






A post shared by DSR (@ddsandirahmat) on

Jadi pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi sebuah tutorial tentang Cara Posting Foto Grid Menyambung di Instagram. Metode ini sebenarnya sudah cukup lama populer di dunia perinstagraman. Biasanya yang menggunakan adalah mereka yang menjual produknya di Intagram. Dengan menggunakan metode ini, foto produk akan terlihat menjadi lebih detail.  


Sebelum lanjut ke tutorialnya, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. 
1. Persiapkan satu Foto yang akan digunakan
2. Instal Aplikasi Grid for Instagram
Silahkan download di Play Store aplikasi grid yang mana saja karena kegunaannya pasti sama.

Setelah keduanya siap, sekarang menuju ke tutorialnya. Langsung saja ikuti langkah-langkahnya:
1. Buka Aplikasi Grid For Instagram
2. Masukkan foto yang akan dipotong/grid. 
3. Pilih yang grid 2x1 atau 3x1 jika ingin terpotong menjadi tiga bagian, setelah itu simpan.


Biasanya setelah foto di grid akan ada petunjuk berupa angka atau urutan upload foto agar nanti hasil fotonya tidak acak-acakan. Untuk urutan upload foto dengan metode ini adalah kebalikan dari petunjuk yang diberikan oleh aplikasi tadi. Jika foto hasil grid terdiri dari 2 foto dan di aplikasi grid memberikan petunjuk untuk mengupload foto yang nomor 1 dulu, maka di metode ini kamu harus memilih foto nomor 2 dahulu untuk upload, setelah itu baru nomor satu.

Tampilan saat posting di Instagram
Cukup sampai di sini dulu tutorial kali ini, semoga bisa menjadikan solusi untuk kamu yang sedang mencari informasi tentang Cara Posting Foto Grid Menyambung di Instagram ini. Jika ada pertanyaan atau penjelasan yang kurang dimengerti, silahkan tinggalkan pertanyaan atau tanggapan tentang postingan ini di kolom komentar di bawah.
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Sampai jumpa di postingan selanjutnya.

8 comments:

  1. Wahhh bagus banget nih, kalo saya biasa menggunakan inswipe karena ringan dan gak ada iklannya hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu saya mau instal yang ini, memang ada beberapa lagi yang lain. Tapi pilihnya yang ini hehe

      Delete
  2. Cocok kalo dijadiin foto esai. Menarik

    ReplyDelete
  3. Keren ini. Aku liat di timelineku orang-orang mulai pakai foto menyambung. Mungkin aku akan pakai suatu hari. Kalau sekarang belum ada ide fotonya, hahaha :D

    ReplyDelete