bqiqdHcLSyDe1e7rIy6MJVhY5drRA6OxKKstSzTb

Cara Membuat Efek Tulisan Tangan di KineMaster

Cara Membuat Efek Tulisan Tangan di KineMaster

KineMaster menjadi aplikasi android yang recommended banget untuk edit video di smartphone. Banyak efek yang bisa dibuat dengan aplikasi ini, termasuk sebuah efek yang akan saya bahas di postingan kali ini. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tutorial tentang bagaimana Cara Membuat Efek Tulisan Tangan di KineMaster. Sebenarnya tutorial ini telah saya sampaikan beberapa bulan yang lalu melalui channel YouTube saya. Karena saya ingin lebih konsisten menulis dan membagikan sedikit ilmu yang saya tahu Kepada dunia, jadi saya putuskan untuk menuliskan tutorial ini di blog.


Berikut adalah contoh Video dengan efek tulisan tangan yang saya buat menggunakan aplikasi KineMaster.


Persiapan Awal
Sebelum masuk ke tutorialnya, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Tutorial yang saya berikan mungkin memang sedikit ribet, tapi saya pastikan hasilnya nanti akan maksimal. Oke jadi apa saja yang harus dipersiapkan? 

1. Aplikasi KineMaster
Jelas sekali, tanpa aplikasi ini kita tidak akan bisa membuat efek tulisan tangan yang kita bahas sekarang ini. Untuk kalian yang belum punya atau belum install aplikasinya, silahkan kunjungi Play Store untuk install aplikasinya terlebih dahulu. Atau bisa juga klik di sini.

2. Aplikasi PixelLab
Kenapa harus ada aplikasi PixelLab? Karena aplikasi ini memberikan kemudahan untuk kita membuat sebuah teks dengan font yang beragam. Saya pikir aplikasi PixelLab ini adalah aplikasi pelengkap dalam tutorial kali ini. Kenapa saya bilang aplikasi ini sebagai pelengkap? Karena keterbatasan font yang ada di aplikasi KineMaster, akan membuat kalian susah menemukan atau menggunakan sebuah font yang sama seperti yang saya contohkan di atas tadi. Intinya di aplikasi KineMaster yang dari Play Store, tidak ada font seperti yang saya contohkan di atas. Klik di sini untuk menginstal

3. Download Font
Setelah menginstal aplikasi PixelLab, sekarang kalian hanya perlu menambahkan sebuah font yang sama persis seperti yang saya contohkan. Font yang saya gunakan adalah "Gloss and Bloom". Kalian bisa mendownload terlebih dahulu fontnya di google dengan menggunakan kata kunci "Download Font Gloss and Bloom". Bisa juga langsung klik di sini. Untuk cara menginstal font yang baru di download, silahkan baca tutorial yang saya bagikan sebelumnya tentang Bagaimana Cara Menambahkan Font di PixelLab. 

Membuat Template Teks
Nah, sekarang jika kalian sudah mempersiapkan ketiga hal di atas, saatnya kita masuk ke tutorialnya.

Pertama, sekarang kita buat terlebih dahulu teks yang akan digunakan. Silahkan buka aplikasi PixelLab.

1. Buka aplikasi PixelLab dan atur terlebih dahulu ukuran kanvas menjadi 16:9 atau pilih saja YouTube Thumbnail. 

2. Sekarang saatnya membuat teks. Masuk ke menu teks atau pilih menu yang ada huruf "A". Klik + dan silahkan tuliskan teks yang kalian inginkan. Jangan membuat teks yang terlalu panjang dan terdiri dari beberapa kata, karena nantinya itu akan mempersulit proses editing. 

3. Sesuaikan ukuran tulisan dengan kanvas. Pilih warna putih saja jangan di ganti. Lalu setelah itu ganti font nya menjadi font yang tadi di download.


4. Klik teks, lalu di menu bawah geser ke kanan sampai menemukan menu font. Masuk ke My Fonts dan pilih font Gloss and Bloom.

5. Langkah terakhir adalah merubah background menjadi transparan. Setelah itu klik simpan dengan menekan tombol disket yang ada di atas dan pilih save image.


Membuat Efek Tulisan Tangan

Langkah selanjutnya, setelah selesai membuat teks, sekarang saatnya untuk mengaplikasikan teks tersebut menjadi sebuah video yang mempunyai efek seperti tulisan tangan

1. Buka Aplikasi KineMaster, dan tambahkan projek dengan rasio 16:9.


2. Pilih Media >Latar >Pilih warna latar hitam

3. Atur durasi latar menjadi sekitar 10 detik dengan cara menariknya ke kanan.

4. Sekarang masukkan teks yang telah dibuat. Caranya, pilih Lapisan >Media >PixelLab dan pilih Foto teks yang tadi dibuat

5. Atur ukuran dan samakan durasinya dengan durasi latar yaitu 10 detik.

6. Sekarang saatnya membuat efek tulisan tangan, caranya dengan masuk ke Lapisan lalu pilih tulisan tangan. Di sini kita akan menghapus satu persatu huruf demi huruf. Tujuannya untuk memberikan efek tulisan tangan itu. Pilih ukuran penghapus yang sesuai dengan ukuran tulisan, jangan terlalu besar dan terlalu kecil. Jika terlalu besar akan membuat hasil tidak terlihat lebih ke efek tulisan tangan karena saat penghapusan akan sekaligus beberapa huruf. Jika terlalu kecil, akan susah juga untuk menghapus sekali langsung bersih, sehingga menyulitkan dan membuat hasil kurang bagus nantinya. Untuk warna, pilih sesuai background atau biarkan warna hitam.


7. Mulailah hapus satu persatu huruf dari huruf terakhir. Diusahakan menghapus mengikuti gerakan huruf. Misal huruf terakhir adalah "e", maka kalian mulai menghapus dari ujung huruf "e". Begitu juga selanjutnya, satu huruf satu huruf ya.


8. Jika telah selesai menghapus semua huruf, silahkan klik menu animasi yang berada di atas kanan. Atau tepat di sebelah kanan menu tulisan tangan. Setelah itu pilih animasi keluar dan pilih hapus sesuai urutan. Atur kecepatan di paling lambat saja 3.0 agar efek lebih terlihat.

9. Klik ikon bagikan yang berada di sebelah kiri menu jika dirasa sudah selesai. Setelah itu ekspor/simpan video tersebut sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan.

Bagusnya, efek tulisan tangan ini di padukan dengan video pemandangan seperti pantai atau gunung. Cocok untuk menjadi intro sebuah video traveling. Jika masih diberikan kesempatan untuk menulis, tutorial selanjutnya yang akan saya bagikan adalah Cara memasukkan video yang baru saja kita buat ini ke dalam sebuah video. Cukup sampai di sini dulu tutorial Cara Membuat Efek Tulisan Tangan di KineMaster, semoga dapat bermanfaat untuk kalian yang sedang membutuhkan, selamat mencoba dan sampai jumpa di selanjutnya. 

Jika masih ada yang kesulitan dalam mempraktekkan tutorial ini, kalian bisa meninggalkan keluhan di kolom komentar, semoga saya bisa memberikan sedikit bantuan. Atau bisa juga menonton tutorial visual di channel YouTube saya di bawah ini.


Related Posts
Dede Sandi Rahmat
Menuangkan apa saja yang ingin dituangkan ke dalam tulisan

Related Posts

2 comments

  1. sejujurnya selama ini belom pernah ngulik kinemaster, lebih suka pake inshot karena praktis, tapi liat tutorial ini kayanya pake kinemaster menarik juga fitur fiturnya ya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo untuk yang edit manual menurut saya paling enak KineMaster, kak. Di KineMaster bisa menciptakan efek-efek yang keren-keren menurut saya.

      Delete