Cara Membuat Teks Di Belakang Foto - PicsArt

Cara Membuat Teks Di Belakang Foto - PicsArt

Zaman semakin canggih, ponsel-ponsel pintar pun semakin banyak fitur baru yang dikeluarkan mengikuti perkembangan zaman. Begitupun dengan aplikasi-aplikasi di dalamnya. Tidak terkecuali aplikasi PicsArt, sebuah aplikasi editing foto yang banyak digunakan oleh pengguna ponsel pintar di era digital modern ini. PicsArt menjadi salah satu aplikasi yang mudah digunakan dengan hasil editan yang cukup memuaskan. 

Pada kesempatan kali ini saya tidak akan membahas tuntas tentang PicsArt, tapi saya akan sedikit berbagi tutorial tentang Bagaimana Cara Membuat Teks Di Belakang Foto menggunakan PicsArt. Metode seperti ini biasanya banyak digunakan oleh para Youtuber untuk membuat tampilan thumbnail video mereka terlihat lebih bagus dan menarik. 


Contohnya seperti ini
Cara seperti ini akan digunakan jika di dalam sebuah foto terdapat gambar orangnya dan tulisan atau teks nya akan di tempatkan di belakang si orang tersebut. Bagaimana cara membuatnya, ikuti langkah berikut.

Pertama-tama, seperti biasa siapkan kopi terlebih dahulu agar lebih rileks dalam menyelesaikan misi ini. Santai saja, di sini saya akan memberikan cara yang mudah dimengerti dan pastinya cepat untuk dipraktikan oleh teman-teman semua.

Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum membuat foto seperti di atas.
  1. Install aplikasi PicsArt terlebih dahulu di PlayStore
  2. Siapkan satu foto yang akan di edit. Contohnya seperti foto di atas. Jika kalian seorang pemula yang baru saja mengenal tutorial seperti ini, diusahakan untuk tidak menggunakan foto dengan jumlah orang lebih dari satu, karena semakin banyak foto akan semakin sulit juga mengeditnya. Di sini saya hanya akan memberikan info dasarnya saja, soal skil dan kemampuan kedepannya bisa diasah dengan sendiri.
  3. Siapkan desain teks yang akan diletakkan di belakang foto. Diusahakan menggunakan background transparan ya agar mempermudah dalam pengeditan. Caranya bisa dilihat di sini
Oke, jika kedua hal tersebut sudah disiapkan, sekarang kita langsung saja ke tutorianya.
  1. Buka aplikasi PicsArt 
  2. Setelah kita selesai membuat teks nya, maka sekarang kita membuat projek baru lagi untuk memasukkan foto,  caranya klik ikon + lalu scroll ke bawah sampai memnemukan menu "Gambar". 
  3. Pilih kanvas terlebih dahulu. Jika gambar ini nantinya akan digunakan untuk thumbnail YouTube, maka pilih rasio 16:9 dan pilih latar warna putih saja. Baca Juga: Cara Membuat Thumbail YouTube 
  4. Masukkan foto yang telah kita siapkan dengan cara klik ikon + yang ada kanan bawah. 
  5. Sesuaikan rasio nya seperti saat tadi membuat kanvas agar fotonya pas di kanvas. Setelah itu klik centang 
  6. Perbesar foto tersebut sampai menutupi semua latar agar sesuai. 
  7. Klik ikon layer yang berada di pojok kanan bawah. Sekarang kita akan menambahkan teks yang tadi telah dibuat. Klik ikon + untuk menambahkan layer baru dan pilih lapisan kosong 
  8.  Ulangi cara di no. 2, tetapi sekarang yang dimasukkan ke projek adalah teks yang telah dibuat tadi. Atur teks agar sesuai. 
  9. Masuk ke Layer lagi yang ada di kanan bawah dan pilih layer teks. Atur opasitasnya sampai terlihat transparan agar lebih mudah untuk menghapus teks nya 
  10. Sekarang kita tinggal hapus teksnya yang menutupi foto dengan cara pilih ikon penghapus lalu hapus secara perlahan. Perbesar tampilan projek untuk mempermudah penghapusan. 
  11. Jika telah selesai silahkan di simpan.
Hasilnya seperti ini

Nah, begitulah teman-teman tutorial Cara Membuat Teks Di Belakang Foto menggunakan PicsArt. Sedikit rumit memang, tapi lakukan dengan maksimal agar hasil editannya bagus. Memang diperlukan kesabaran berlebih saat kita hendak belajar sesuatu yang baru saja kita kenal. Oke, sampai di sini dulu tutorial kali ini, semoga bermanaat dan selamat mencoba.

Jika ada pertanyaan seputar postingan ini yang kurang dimengerti, silahkan tinggalkan pertanyaan di kolom komentar

Tonton juga video berikut untuk lebih jelasnya

2 comments: