bqiqdHcLSyDe1e7rIy6MJVhY5drRA6OxKKstSzTb
Bookmark

Melarikan diri Sejenak ke Curug Ciherang Bogor

Curug Ciherang Bogor
Pernah gak sih kalian merasa bosan dengan kehidupan yang begitu-begitu saja di perkotaan? Pagi berangkat kerja dan malam baru bisa pulang ke rumah. Begitu terus sertiap hari, meskipun ada jadwal libur seminggu sekali. aku sendiri sekarang benar-benar merasa bosan dengan hiruk pikuk perkotaan. Ditambah lagi dengan ditambahnya jam operasional pekerjaan membuat aku semakin memiliki waktu sedikit saja untuk bisa mengembangkan hobi yang sudah melekat pada diri. Pulang kerja paling hanya bisa istirahat saja di kamar kost sembari meluruskan badan. Hingga pada suatu hari, aku diberi jatah libur dua hari oleh atasan di pekerjaan. akuyang mengetahui hal ini langsung memikirkan sebuah tujuan tempat liburan. Momen langka seperti ini jangan di sia-siakan. Jarang sekali bisa libur dua hari seperti ini, kan. 


aku berencana menyambangi tempat yang sejuk yang bisa menghilangkan rasa penat ini, yang berjarak tidak jauh dari Bekasi. Sebuah tempat yang berada di alam yang masih alami. Entah kenapa, setiap kali saya membutuhkan pelarian dari perkotaan berupa liburan, tempat wisata luar ruangan yang selalu menjadi pilihan. Tahun-tahun kebelakang, untuk bisa mnghilangkan rutinitas yang membosankan, saya harus mendaki Gunung bersama kawan-kawan yang juga memiliki kasus yang sejalan, bosan dengan kerjaan dan butuh sedikit liburan. Menurut saya, liburan itu sangat wajib dilakukan jika sudah merasakan apa yang seperti saya rasakan. Dan ini terbukti manjur setelah beberapa kali saya praktikan. 


Ditengah mencari referensi tempat yang akan disambangi, muncul lah sebuah rekomendasi dari seorang teman yang menyarankan aku agar mengunjugi salah satu tempat wisata yang berada di daerah Bogor, di Puncak 2. Curug Ciherang adalah nama yang teman aku rekomendasikan untuk aku yang ingin sekedar menenagkan pikiran, menghilangkan kepenatan dari kehidupan perkotaan. Setelah aku telusuri tentang tempat ini di mesin pencari, boleh juga ternyata rekomendasi dari teman aku ini. Oke lah, aku akan berangkat ke sini bersama dengan satu teman dekat aku yang kebetulan memiliki jadwal libur sama. Jarak yang tidak begitu jauh dari tempat aku tinggal di Bekasi, membuat aku lebih memilih tempat ini meskipun aku punya beberapa nama lain yang telah aku kumpulkan sebagai referensi. 

Hari Rabu, aku pergi meninggalkan Kota Bekasi menuju tempat destinasi. Tidak lupa, persenjataan berupa kamera selalu aku bawa kemanapun aku berkelana. Pasti akan banyak momen yang susah untuk diulang kembali yang harus aku abadikan dengan kamera. Bagi aku kamera adalah hal yang wajib dibawa ketika berwisata. Kali ini aku membawa dua kamera, satu untuk foto dan satu lagi action cam untuk video. aku juga ingin mengabadikan momen perjalanan ini agar dunia tau bahwa Indonesia itu alamnya memang sangat mempesona.

Destinasi Wisata
Curug Ciherang atau Air terjun Ciherang ini terletak di Desa Sirnajaya, Kec. Sukamakmur, Kab. Bogor, Jawa Barat. Kata Curug dalam bahasa Sunda atau Air terjun ini berasal dari dua kata, "Cur" yang berarti Air dan "Rugu" yang berarti mengalir. Jadi Curug asal katanya adalah air yang mengalir. Menurut  informasi yang aku dapat, dari tempat tinggal aku di Bekasi berjarak 65km untuk bisa sampai di tempat destinasi. Waktu yang aku tempuh sekitar dua jam dengan menggunakan kendaraan roda dua. Curug Ciherang memang menawarkan keindahan alam kota Hujan yang terkenal dengan berbagi Curug indahnya. Tak heran jika banyak tempat-tempat indah yang dikunjungi para wisatawan.

Rute
aku yang berangkat dari Bekasi, menggunakan jalur Cileungsi-Jonggol. Kebetulan jalur ini adalah jalur yang sering saya gunakan ketika hendak pulang kampung ke Cianjur, jadi saya tidak terlalu  memiliki kesulitan tentang rute jalan. Untuk kalian yang ingin juga mengunjungi tempat ini, sekarang di Google maps sudah tersedia alamat Curug Ciherang ini, hanya tinggal memasukkan kata kunci saja maka rute tercepat dari Maps akan menuntun kalian ke sini. 

Pemandangan di Perjalanan
Di sepanjang jalan, kita akan disuguhkan pemandangan pegunungan dan persawahan. Udara yang sejuk membuat aku menikmati perjalanan. Ditambah lagi jalan yang tidak terlalu banyak kendaraan, membuat aku tidak terjebak kemacetan. Dari Bekasi sampai Cileungsi saja situasi macet aku rasakan. Enaknya sih apapun situasi yang sedang terjadi di jalan, di nikmati saja, kawan. Seakan tak mau melewatkan momen perjalanan yang menampilkan momen menawan, mengabadikan momen liburan selalu aku lakukan. Karena Curug Ciherang terletak di dataran tinggi, maka jalur yang naik turun menambah tantangan dalam menuju tempat ini.

Keindahan alam Kota Hujan dilihat dari ketinggian

Harga Tiket
Setelah dua setengah jam melewati tanjakan, turunan dan belokan, dan sempat kebablasan  jauh melewati tempat tujuan, akhirnya aku sampai juga di Curug Ciherang yang sedari tadi terus akubayangkan. Gapura yang bertuliskan "Selamat Datang" seakan menyambut kami berdua. Di pintu masuk, ada seorang petugas yang melambaikan tangan dengan maksud memberhentikan kendaraan. Tiket masuk ke Curug Ciherang ini adalah Rp. 40.000/orang. Untuk parkir motor dikenakan biaya Rp. 5.000. Untuk kendaraan roda empat, estimasi biaya pasti lebih dari ini. aku mengunjungi tempat ini bukan di akhir pekan, mungkin jika di akhir pekan harga tiket bisa lebih meroket. Harga tiket tadi sudah termasuk semua wahana apa saja yang ingin dicoba di tempat wisata Curug Ciherang. Karana tarif sewaktu-waktu mungkin saja bisa berubah, kalian bisa menghubungi kontak pihak pengelola terlebih dahulu sebelum pergi ke sini. Atau kalian juga bisa menanyakan tentang keadaan cuaca di sana sebelum bernagkat agar kalian bisa mengunjungi Curug Ciherang ini dengan keadaan cuaca yang tepat.

Tempat Wisata
Ternyata, meskipun nama tempat wisata ini Curug Ciherang, di tempat ini tidak hanya memiliki satu tempat wisata saja. Ada kolam renang yang memiliki view yang menghadap pegunungan dari ketinggian, ada juga rumah pohon yang dari atas bisa menyaksikan keindahan alam kota hujan dan beberapa jembatan buatan yang bagus jika dijadikan spot foto kekinian.


Curug Ciherang
Perlu waktu sekitar 15 menit berjalan kaki dari parkiran untuk bisa sampai di Curug Ciherang. Tangga yang terbuat dari bebatuan akan menjadi pijakan sepanjang jalan agar bisa sampai di tempat tujuan. Di beberapa titik di sepanjang jalan, ada beberapa peringatan yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Seperti tidak boleh mendekati Curug ketika cuaca mendung dan saat turun hujan. Sesampainya di Curug Ciherang, mata kita akan di suguhkan dengan keindahalan alam kota hujan yang airnya sudah terbayang begitu menyegarkan. Ketika hendak berjalan menikmati keindahan, kalian harus berhati-hati juga dengan bebatuan yang menjadi pijakan,  karena pasti saja ada beberapa bagian pijakan yang sudah ada lumutnya sehingga pijakan menjadi kurang aman. Tetap berhati-hati, kawan gar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Utamakan keselamatan. 
Bagiku yang hobi memotret, sayang sekali rasanya jika menemukan keindahan seperti ini tidak aku abadikan dengan beberapa bidikan. Curug Ciherang memiliki pemandangan yang bagus untuk dijadikan spot hunting fotografi bergenre lanskap atau pemandangan. Pantas saja banyak wisatawan berdatanagn, karena keindahan yang disuguhkan sungguh sangat memberikan kepuasan pada pandangan. Daripada hanya dijadikan sebuah objek pandangan, lebih baik aku abadikan. Untuk menghasilkan foto yang sedikit menarik perhatian ketika nanti aku bagikan, aku harus menenggelamkan setengah badan di dalam air yang dinginnya mulai tidak tertahankan. Belum lagi aku harus berhati-hati saat berjalan. aku tidak ingin kamera satu-satunya ini menjadi korban kenekadan. Sebuah perjuangan memang harus aku lakukan untuk dapat mendapatkan hasil bidikan yang menawan seperti yang terekam di dalam pandangan. Coba saja waktu itu aku tidak ketelatan ke sini gara-gara kebablasan melebihi jalan yang Google Maps instruksikan, pasti ada momen pencahayaan yang lebih bagus yang aku dapatkan. Ya sudah, ikhlaskan.

Demi Foto aku rela nyebur

Jembatan dan Rumah Pohon
Sebelum sampai di Curug Ciherang, di ketinggian akan kita lewati sebuah spot foto kekinian, rumah pohon dan jembatan merah yang menjadi jalan agar bisa menikmati keindahan dari ketinggian. Jembatan ini menjadi objek spot foto yang banyak digunakan wisatawan. Terbukti dari beberapa unggahan yang mereka bagikan. Selain bisa berwsafoto sendiri atau dengan bantuan teman, di sini kalian juga bisa mengabadikan momen liburan menggunakan kamera yang hasilnya lebih memuaskan. Ada penawarwan jasa foto yang bisa langsung dicetak saat itu juga. Lumayan untuk dijadikan oleh-oleh liburan. Jasa foto ini mungkin saja memerlukan tarif tambahan dari harga tiket yang tadi dibayarkan.

Kang Foto

Kolam Renang dengan view pegunungan
Tempat wisata ini akan kita kunjungi ketika baru masuk ke kawasan. Sebuah kolam renang yang berada di ketinggian dan menyuguhkan pemandangan pegunungan yang sayang untuk dilewatkan. Selain kolam renang, ada juga tempat untuk bersantai sembari menikmati secangkir kopi sambil memandangi alam Bogor yang masih asri. 

Sumber: https://instagram.com/bogorkotahijau/
Di sini ada banyak spot foto keren dengan latar belakang pegunungan.

Sumber: https://www.instagram.com/curug_ciherang/

Sehabis berenang biasanya kita akan membutuhkan minuman yang menghangatkan, dan kopi bisa menjadi pilihan. Mencoba menikmati secangkir kopi sambil memandangi alam ibu pertiwi, aku semakin betah berlama-lama di sini. 
Ngopi sambil nonton gunung


Fasilitas
Jangan takut jika kalian lapar atau sekedar ingin makan ringan, di tempat ini terdapat warung  yang berjajar di sepanjang jalan menuju Curug Ciherang. Seakan ingin memberikan pelayanan terbaik untuk wisatawan, pengelola pun menyediakan Musola agar kita tetap bisa melaksanakan kewajiban selagi liburan. Untuk kamar mandi di sini tidak perlu dikhawatirkan lagi, tersedia kamar mandi dengan air dingin yang murni alami. 

Tempat wisata ini memamng benar-benar dikelola dengan baik oleh pengurus, telihat dari jalanan yang bersih dari sampah dan juga beberapa bangunan baru yang sedang dibangun, menandakan pengelola ingin terus mengembangkan tempat wisata ini agar lebih memberikan daya tarik untuk wisatawan.

Tempat wisata ini sangat cocok untuk kalian yang hobi mengeksplor keindahan luar ruangan. Selain itu, untuk yang mulai bosan dengan perkotaan, kalian bisa menenangkan pikiran seharian  dengan menghirup udara sejuk pegunungan. Tidak memerlukan banyak pengeluaran untuk bisa menikmati keindahan kota Hujan. Tempat yang juga tidak terlalu jauh dan memakan banyak waktu perjalanan dari kota Metropolitan, salah satu tempat wisata terdekat inilah yang aku rekomendasikan untuk kalian.

Ayo, liburan! Biar otak dan pikiran kembali disterilkan.

*) Perjalanan ini terjadi ketika Corona belum sampai ke Indonesia.
21 comments

21 comments

  • Rajani Rehana
    Rajani Rehana
    22 October 2020 at 21:03
    Fabulous blog
    Reply
  • Ikrom Zain
    Ikrom Zain
    19 October 2020 at 06:36
    wah aku lama engga ke air terjun dan bogor asyik asyik banget ya mas curugnya
    bisa bening banget
    pemandangan pas ke sananya juga oke punya
    sayang masih gaberani keluar jauh jauh karena pandemi ini
    • Ikrom Zain
      Dede Sandi Rahmat
      19 October 2020 at 21:50
      jalan-jalan ke tempat seperti ini memang sangat menyenangkan. bisa hirup udara segar terus sepuasnya.
      iya nih saya juga belum berani pergi jauh-jauh untuk sekarang ini. stay safe, mas!
    Reply
  • Kangg Mas Joe
    Kangg Mas Joe
    18 October 2020 at 17:28
    waah pemadangan nya indah sekali mas. adem, dan nampak nya begitu asli. Saya pasti betah kalo berwisata dan berlama lama di sana..
    btw salam kenal, ini kali pertama berkunjung ke blog ini
    • Kangg Mas Joe
      Dede Sandi Rahmat
      18 October 2020 at 23:17
      saya juga jadi pengen balik lagi ke sana, mas
      salam kenal kembali. terima kasih sudah berkunjung ke blog saya
    Reply
  • Peri Kecil Lia 🧚🏻‍♀️
    Peri Kecil Lia 🧚🏻‍♀️
    12 October 2020 at 09:51
    Pernah merasa bosan dengan kehidupan perkotaan? Sering banget!! Bahkan ketika ingin jalan-jalan ke tempat berbau alam saja, bingung mau kemana sebab kalau di perkotaan isinya hanya mall 😂

    Ngomongin wisata alam, curug ini bagus banget banget banget Kak! Pantas saja harga tiket masuknya agak lebih mahal dibanding curug lainnya, tapi memang pemandangannya bagus karena berpunuk-punuk gitu curugnya. Unik 😍
    Lalu, apakah dengan biaya 40rb itu, kita bisa masuk juga ke kolam renangnya?
    • Peri Kecil Lia 🧚🏻‍♀️
      Dede Sandi Rahmat
      12 October 2020 at 11:31
      Harga tiket di awal sudah termasuk semua tempat wisata yang ada di dalamnya, kak. Cukup bayar sekali aja udah bisa semuanya
    • Peri Kecil Lia 🧚🏻‍♀️
      Peri Kecil Lia 🧚🏻‍♀️
      12 October 2020 at 11:58
      Kalau gitu, worth it sekali harganya! Sebab bisa berenang juga. Wah~ seru-seru! Terima kasih atas rekomendasi tempatnya Kak.
      Barangkali suatu hari nanti aku bisa mampir ke sini 😂
    • Peri Kecil Lia 🧚🏻‍♀️
      Dede Sandi Rahmat
      12 October 2020 at 12:58
      besok minggu aja langsung ke sini kak haha
    Reply
  • Lintang
    Lintang
    9 October 2020 at 20:31
    Aku suka bagian kolam renang dengan pemandangan gunung. Jadi selain bisa mandi di curug, bisa berenang juga di kolam renang yak. Sayang di foto kedua kok rame banget dan kolam renangnya warna-warni, jadi kurang magis kaya curugnya. IMHO ;)
    • Lintang
      Dede Sandi Rahmat
      9 October 2020 at 22:35
      Nuansa alaminya jadi hilang ya kalo dicat warna warni seperti ini
    Reply
  • Rudi Chandra
    Rudi Chandra
    9 October 2020 at 19:45
    Cakep banget air terjunnya.
    Airnya keliatan jernih dan menyegarkan.

    Pemandangan sekitarnya juga mantap abis, apalagi pemandangan dari kolam renangnya tuh.

    Walau tiket masuknya cukup mahal, rasanya lumayan sebanding ama fasilitas yang didapatkan.
    • Rudi Chandra
      Dede Sandi Rahmat
      9 October 2020 at 22:34
      Apalagi sambil Nyobain nginep di villa yang tersedia, pasti lebih terasa lagi nuansa alamnya
    Reply
  • Agus Warteg
    Agus Warteg
    7 October 2020 at 13:18
    Benar kang, kadang kerja terus juga bosan, pagi berangkat, malamnya baru pulang, capek jadinya. Tapi kalo nganggur terus juga capai.😂

    Jauh juga dari Bekasi ke Bogor. Untung pemandangan alam Curug Ciherang bagus ya, banyak spot cantik seperti rumah pohon dan jembatan untuk selfie.

    Bagus juga pengelolaan nya, kalo tempat wisata banyak sampahnya biarpun pemandangan nya bagus tapi kurang sreg ya. Tempat makan dan musholla juga ada, sip pokoknya.😀
    • Agus Warteg
      Dede Sandi Rahmat
      7 October 2020 at 23:30
      Cocok lah ya untuk liburan bernuansa alam yang tempatnya gak jauh dari ibukota
    • Agus Warteg
      Agus Warteg
      11 October 2020 at 09:32
      Betul juga sih, tapi di daerah Bekasi kan juga banyak tempat wisata alam. Cuma yang bukit atau gunung ngga ada ya?
    • Agus Warteg
      Dede Sandi Rahmat
      11 October 2020 at 11:33
      iya kalau gunung dan perbukitan gak ada. daerah industri soalnya
    Reply
  • Wisnu Tri
    Wisnu Tri
    5 October 2020 at 07:00
    Pernah mengalami kejenuhan seperti ini. Apalagi kalau malemnya dapet lemburan. Wah, parah. Bikin tambah letoi buat kerja itu. Makanya, weekend dipuad-puasin buat jalan-jalan biar pikiran lebih fresh.

    Saya kira masih sepi, ternyata yang bagian kolam renangnya rame juga. Baru tau arti kata curug itu air mengalir. Hahaha
    • Wisnu Tri
      Dede Sandi Rahmat
      5 October 2020 at 08:28
      sebelum pandemi sih makanya masih rame, gak tau kalo sekarang. Tapi aku lebih memilih pergi berlibur tidak di akhir pekan. Ramenya itu kalo akhir pekan tuh
    Reply
  • Ahmad
    Ahmad
    3 October 2020 at 18:23
    sejauh ini masih belum pernah eksplore ke tempat-tempat yang seperti ini
    padahal asik banget ini
    sangat cocok sama orang kota yang jarang banget ngeliat pemandangan ijo-ijo bagus seperti ini
    mungkin lain kali bakalan gue coba
    hehe

    foto air terjun nya juara nih. keren
    kirain foto orang yang lagi duduk di kolam renang itu, sedang d hotel gitu
    ternyata rame banget
    hahah
    • Ahmad
      Dede Sandi Rahmat
      4 October 2020 at 12:38
      Nyobain dong main ke tempat gini, kak hehe
      Aku emang lebih suka main ke tempat alam terbuka seperti ini, lebih seru aja rasanya. Udah nyobain sekali, pasti tar pengen lagi.

      Tujuan utamanya sih emang pengen ngambil foto air terjunnya setiap kali main ke Curug. Tapi mubazir aja kalo cuma foto doang. Itu fotonya diambil dari atas, di warung-warung yang jual makanan. enak sih buat tempat ngopi, ada kolam renang juga yang menghadap ke gunung
    Reply