Review Aplikasi Blogger 2020

Review Aplikasi Blogger 2020

Bagi sebagian orang yang suka menulis di blog, pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini. Aplikasi Blogger, sebuah aplikasi menulis di blog yang dapat digunakan di mana saja dengan bermodalkan ponsel pintar. Berbeda dengan saat menulis langsung di laptop, versi mobile ini hanya memiliki sedikit fitur saja. Pada kesempatan kali ini, saya akan sedikit memberikan review terhadap aplikasi Blogger. Baru-baru ini tepatnya tahun 2020, pihak aplikasi Blogger sudah melakukan update untuk aplikasi ini. Mulai dari tampilan dan fitur yang berbeda dari aplikasi Blogger sebelumnya. Yuk simak aja kelebihan dan kekurangan aplikasi Blogger ini.

Sudah lama rasanya saya ingin aplikasi Blogger yang khusus untuk ponsel ini diperbaharui, karena sudah beberapa tahun kebelakang masih begitu saja mulai dari tampilan dan fiturnya. Membosankan dan kurang lengkap fiturnya. Bagi saya yang menulis artikel di blog menggunakan ponsel tentu kekurangan fitur ini sangat menggangu saya dalam mengisi artikel di blog pribadi saya. Hampir semua postingan di blog ini saya tulis menggunakan ponsel. 

Oke langsung saja saya akan memberikan ulasan terhadap aplikasi Blogger ini. Kita mulai dari Kelebihannya dulu.

Kelebihan

1. Tampilannya menjadi lebih simpel
Berbeda dengan tampilan yang versi sebelumnya, yang sekarang lebih terlihat simpel dan mudah digunakan. Mungkin itu saja kelebihannya yang saya rasakan ketika menggunakan aplikasi ini. 

Kekurangan

1. Style untuk tulisan dikurangi
Di bagian ini banyak sekali kata saya harus diperbaharui lagi. Di aplikasi ini tidak bisa memilih font, merubah warna, tidak bisa mengatur posisi teks (rata kiri, kanan dan tengah). Lalu tidak bisa juga tulisan yang dicoret atau tulisan kuadrat gitu. Tidakebisa menambahkan angka otomatis. Sayang sekali kenapa fitur dasar yang penting ini tidak dimunculkan. Di versi terbaru ini hanya ada fitur tambah foto, Bold, italic dan underline. Masih kurang menurut saya untuk sebuah aplikasi besutan Google.

2. Tidak bisa Menambahkan Link
Saya merasa kurang lengkap aja kalau nulis artikel baru di blog tidak bisa menambahkan "link". Sebenarnya fitur link ini sangat membantu saya ketika ingin mempromosikan tulisan-tulisan saya sebelumnya, atau bisa juga membuat pintasan untuk menuju ke link download. Ya, meskipun sebenarnya fitur ini masih tersedia di versi Desktop, tapi untuk saya yang hanya bisa menulis menggunakan ponsel, saya rasa aplikasi ini harus dibenahi lagi fiturnya. Bisa juga sih sebenarnya nanti diedit lagi menggunakan browser, tapi kan jadi 2x kerja. 

3. Tidak bisa menambahkan lokasi dan Kata kunci penelusuran
Nah yang ketiga ini juga sangat berpengaruh terhadap jangkauan para pembaca nantinya. Biasanya, Google akan menampilkan hasil penelusuran tidak jauh dari tempat si pencari informasi tersebut berada. Di sini juga tidak bis menambahkan kata kunci penelusuran yang akan memudahkan orang menemukan postingan kita dengan fitur ini. Atau mungkin fitur ini sudah tidak efektif lagi untuk pencarian di mesin telusur? Entah, yang pasti saya kurang suka dengan tidak adanya fitur ini.

4. Undo dan Redo
Sepertinya untuk menulis menggunakan aplikasi Blogger ini kita harus lebih berhati-hati agar tidak banyak kesalahan. Karena di aplikasi ini tidak ada menu undo dan redo. Tidak adanya fitur ini akan membuat penulis merasa harus lebih berhati-hati dalam setiap katanya. Misalkan kita sudah selesai menulis panjang lebar, lalu secara tidak sengaja, tulisan itu terhapus atau terblok dan terhapus, maka kita akan susah untuk mengembalikan tulisan itu kembali karena tidak adanya fitur undo. 

Saya tau, pasti setiap aplikasi versi Desktop akan mempunyai fitur yang lebih lengkap dari pada versi mobile nya. Tapi kalau untuk Blogger sudah ini memang fitunya harus ditambah lagi. Di zaman yang serba mudah dan canggih seperti saat ini, kemudahan dalam menggunakan suatu aplikasi adalah hal yang wajib.
 Menurut saya. Karena kalau aplikasi nya ribet, pasti orang-orang atau penggunanya pun enggan untuk menggunakan aplikasi ribet di era yang serba mudah ini.

Jika dari pembaca tulisan ini ada yang hobi menulis, cobalah ditulis di blog tulisannya, siapa tau ada banyak pembaca yang suka dengan tulisan kalian. Daripada hanya di tulis di buku harian atau di status. Dan untuk kalian juga yang ingin ngeblog tapi gak punya laptop, jangan putus sampai di situ saja. Karena saat ini ngeblog bisa lewat handphone. Apalagi ponsel sekarang sudah canggih-canggih. Jadi saran saya, jika kalian ingin melakukan sesuatu atau hobi dengan sesuatu, misalnya kalian hobi menulis atau fotografi, jangan menunggu punya laptop atau punya kamera DSLR terlebih dahulu untuk menyalurkan hobi kalian. Kalian bisa mulai dulu dari ponsel pintar kalian, toh fitur kamera di handphone sekarang kan sudah cukup bagus untuk foto. Lambat laun nanti juga jika benar-benar terus diasah hobinya nanti fasilitas yang kita inginkan akan didapatkan. Jangan patah semangat, terus berkarya dan jadikan kekurangan sebagai nilai plus dalam berkarya.

Mungkin itu saja review tentang aplikasi Blogger ini. Semoga kedepannya pihak Google dan blogger bisa memperbaharui fitur di aplikasinya menjadi lebih baik lagi. Jangan lupa tinggalkan komentar kalian di bawah, mari kita sharing bersama-sama.

No comments:

Post a comment